TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Hemat Biaya saat Pindah Rumah, Jual Barang yang Gak Perlu

Lebih hemat dan efektif saat pindahan

ilustrasi pasangan (pexels.com/karolina-grabowska)

Prosesi pindah rumah sering kali menjadi hal yang merepotkan dan memakan banyak biaya. Pasalnya, saat pindah rumah, banyak sekali barang keperluan rumah tangga mulai dari kecil hingga besar yang harus diangkut.

Pindah rumah sering kali dianggap sebagai proses yang rumit dan mahal. Namun, dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, kamu tetap bisa mengurangi biaya pindahan secara signifikan. Berikut adalah lima tips hemat biaya saat pindah rumah yang patut kamu coba!

1. Buat rencana pindahan secara matang

ilustrasi menulis pengeluaran rutin (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan pindahan dengan matang. Hal ini sangat penting untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu nantinya. Perencanaan yang matang bikin kamu punya lebih banyak waktu untuk berpikir dan mengurangi stres.

Penting untuk memilih hari kerja atau waktu yang kurang sibuk untuk mendapatkan tarif yang lebih terjangkau. Jangan lupa pula untuk membuat daftar barang yang akan dibawa dan tentukan prioritasnya.

2. Jual atau sumbangkan barang yang tidak diperlukan lagi

ilustrasi bekerja dengan laptop (unsplash.com/kobuagency)

Dengan mengetahui barang mana yang perlu dipindahkan dan mana yang bisa dijual atau disumbangkan, kamu dapat menghemat biaya. Semakin sedikit barang yang akan dipindahkan, semakin sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Sebelum pindah, evaluasi semua barang yang kamu miliki.

Adakan garage sale atau jual barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan secara online. Selain mengurangi jumlah barang yang harus dipindahkan, uang hasil penjualan dapat digunakan untuk biaya pindahan. Barang-barang yang masih layak pakai tapi tidak lagi diperlukan bisa kamu sumbangkan.

Baca Juga: 8 Tips Mengemas Barang yang Efektif dan Efisien untuk Pindah Rumah

3. Kemasi barang-barangmu sendiri

ilustrasi pasangan (pexels.com/ketut-subiyanto)

Mengemasi barang sendiri juga bisa mengurangi biaya pindahan. Sebab biaya pengepakan oleh penyedia jasa pindahan terbilang cukup mahal. Jika kamu mengemas barang sendiri, kamu bisa menghemat biaya yang signifikan. Manfaatkan kardus bekas, koran, dan kain untuk membungkus barang-barang.

Kamu juga bisa meminta atau membeli kotak-kotak bekas dari supermarket atau warung. Dengan melabeli kotak sesuai isinya, ini akan memudahkan proses bongkar muat dan menghindari biaya tambahan untuk pengaturan ulang barang-barang setelah sampai di tempat baru.

4. Bandingkan harga jasa pindahan

ilustrasi menggunakan laptop (unsplash.com/thoughtcatalog)

Proses pindahan pasti memerlukan angkutan berupa mobil box, truk atau pun jasa kargo pengiriman. Sebelum memutuskan menggunakan jasa pindahan yang mana, lakukan riset dan bandingkan beberapa penyedia layanan untuk mendapatkan harga terbaik.

Mintalah penawaran dari beberapa perusahaan pindahan. Pastikan kamu memahami apa saja yang termasuk dalam harga tersebut, seperti biaya bahan bakar, biaya bongkar muat, dan asuransi. Beberapa perusahaan menawarkan layanan parsial, seperti hanya menyediakan transportasi saja. Jika kamu sudah mengemas barang sendiri, opsi ini akan jadi lebih hemat.

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya