TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Kreatif Pengganti Headboard Tempat Tidur, Bikin Lebih Berseni!

Mulai dari partisi hingga karya seni, ada banyak ide

inspirasi desain tempat tidur tanpa headboard (unsplash.com/Rune Enstad)

Kasur yang memiliki sandaran kepala memang memiliki banyak keunggulan. Membuat fitur klasik pada tata ruang kamar tidur, menambahkan titik fokus, daya tarik, serta juga tekstur pada ruangan. Namun, faktanya tidak semua ranjang tempat tidur memiliki sandaran kepala atau headboard. Meskipun begitu, ada banyak ide yang bisa kamu aplikasikan untuk kasur tanpa headboard ini.

Tanpa kamu sadari, memiliki kasur tanpa headboard sebenarnya juga memberi kamu kesempatan untuk lebih bebas berkreasi. Banyak ide unik dan tak kalah menarik yang bisa kamu eksekusi sebagai pengganti headboard di atas kasur. Termasuk, kamu bisa membuat tampilan terasa lebih personal sebagaimana selera kamu. Pada artikel berikut ini kamu bisa mengadopsi sejumlah ide dekorasi cemerlang untuk tempat tidur tanpa headboard, tetap terlihat mewah!

Baca Juga: 8 Tips Membuat Kamar Tidur Harum, Bikin Betah dan Tidur Nyeyak 

1. Gunakan partisi untuk alternatif yang cepat dan mudah

inspirasi desain tempat tidur tanpa headboard (pexels.com/Jean van der Meulen)

Desainer interior mengatakan, bahwa sudah sering kali melihat partisi digunakan sebagai headboard dan itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Partisi biasanya memiliki bentuk yang tipis, sehingga tebalnya cukup sempurna untuk difungsikan sebagai headboard. Ada banyak pilihan partisi berbahan kayu dengan detail ukiran yang cukup rumit. Tetapi, menggunakan detail ukiran yang sederhana juga cukup bagus untuk gaya lebih minimalis.

Intinya, menghadirkan lebih banyak kayu ke dalam kamar tidur merupakan ide bagus untuk menambah kehangatan, sekaligus tampilan dan tekstur alami. Sementara itu, desainer juga setuju detail ukiran kayu dapat memberikan tampilan tempat tidur mewah, unik, yang kesannya sangat ditonjolkan dalam sebuah ruangan. Jika kamu tertarik untuk mencoba ide ini perhatikanlah pengukuran yang benar, jangan sampai hasilnya partisi terlihat kurang proporsional dipasangkan dengan ranjang tempat tidurmu.

Baca Juga: 9 Ide Headboard Berbahan Upholstered, Mewah dan Elegan

2. Tata bantal dan guling sederhana

inspirasi desain tempat tidur tanpa headboard (pexels.com/La Miko)

Bantal dan guling saat ini menjadi ide sederhana untuk headboard kasur yang sedang banyak dilirik. Sederhana dan ramping, cukup dengan meletakkan guling biasa yang disandarkan ke dinding di atas tempat tidur, ternyata bisa menghadirkan estetika kamar tidur minimalis yang cukup menenangkan. Menggunakan guling sebagai pengganti headboard juga bisa menambah kenyamanan, yakni memberi tempat yang empuk untuk bersandar.

Untuk kamar dengan ukuran ruang yang kecil, ide penataan guling dan bantal sebagai headboard ini biasanya menjadi ide yang bagus. Kamu bisa menyesuaikan sendiri jumlah bantalan yang pas untuk diletakkan sebagai headboard tersebut. Ide ini juga sangat berguna sebagai solusi alternatif headboard praktis yang menghemat ruang.

3. Pasang pajangan seni di dinding alih-alih headboard

inspirasi desain tempat tidur tanpa headboard (pexels.com/Rachel Claire)

Meskipun headboard memiliki banyak fungsi untuk melindungi kepala dari lecet dan lainnya, tidak menggunakan headboard di kasur tak akan membuatmu dalam bahaya. Jadi, coba ambil ide lebih berani dengan memajang karya seni di dinding kosong di atas kepala tersebut. Terutama, jika kamu ingin menciptakan kamar dengan suasana yang lebih kasual.

Menggunakan headboard di kasur ada kalanya terasa terlalu formal, kamar pun terasa lebih kaku dan kurang santai. Selain itu, penggunaan headboard juga ada kalanya membuat ruangan terasa lebih sempit. Jadi memilih ukisan besar bisa  jauh lebih menarik secara visual. Memberi kamar tidur lebih banyak warna, pesona, hingga tekstur.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Headboard untuk Kamar Tidur 

Verified Writer

Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya