TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Ide Kreatif Partisi di Kamar Mandi, Simpel hingga Mewah

Memberikan zona pemisah fungsional di kamar mandi

ide partisi di kamar mandi (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Ingin menambahkan partisi di kamar mandi tanpa harus repot renovasi? Atau butuh sentuhan pemisah zona di kamar mandi dengan lebih mewah. Ada beberapa ide kreatif yang bisa kamu coba tanpa harus melakukan perubahan total atau memerlukan perubahan total. Di antaranya bisa menambahkan nilai estetika juga manfaat dan fungsionalitas di dalam kamar mandi. Ide partisi di kamar mandi bisa jadi area pemisah untuk area kering dan basah.

Bisa juga jadi mempertegas batas antara toilet dengan  shower room atau wastafel. Berikut ini sudah dirangkum beberapa ide partisi cerdas yang dapat dengan mudah diaplikasikan di kamar mandi. Mulai dari partisi dengan tampilan lembut seperti gorden dan kaca, hingga platform, dinding poni dan masih banyak lagi. Sekaligus bisa menambahkan suasana baru modern atau lebih bergaya di kamar mandi rumahnya. Cek selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 9 Ide Kamar Mandi dengan Partisi Shower untuk Ruang Tidur Utama, Keren

1. Gunakan shower curtains

ilustrasi desain kamar mandi dengan shower curtains (unsplash.com/Andrea Davis)

Shower curtains mungkin memiliki kesan yang kuno. Namun, di sisi lain memberikan banyak manfaat dan kelebihan sebagai partisi di kamar mandi. Pertama-tama, kamu benar-benar tidak memerlukan renovasi berat, selain menambahkan hanger untuk menggantung tirainya. Kedua, secara estetika membantu menambahkan nuansa lembut dan menawan ke dalam kamar mandi.

Tirai akan menambahkan fluiditas ke ruangan, sehingga berpindah antar zona menjadi mudah dan nyaman. Bisa dengan mudah juga disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Saat tidak diperlukan dapat ditarik dengan mudah agar tidak menghalangi pandangan. Selain sebagai fabric, tirai juga akan memberikan kamu kesempatan untuk menambah dekorasi di kamar mandi dengan penggunaan motif, warna, tekstur, dan elemen gaya lainnya. 

Baca Juga: 10 Desain Kamar Mandi dari yang Simpel Hingga Modern, Pilih Mana?

2. Pertimbangkan pintu kaca geser

ide partisi di kamar mandi (livingetc.com)

Pintu kaca geser adalah solusi modern yang bagus untuk di kamar mandi. Memberikan sentuhan mewah pada dekorasi kamar mandi. Menjadi penghalang yang ramping dan transparan antara kamar mandi dan area kering tempat mengganti pakaian. Ditambah lagi ini juga dapat menjadi penghemat ruang yang bagus sehingga memungkinkan cahaya alami melewati ruang, memberikan penerangan pada setiap elemen dengan baik.

Partisi berupa kaca geser ini juga dapat lebih mudah untuk dibersihkan. Cocok untuk menjadi tambahan dekorasi pada kamar mandi pasangan. Bisa menambahkan ilusi pada ruangan hingga menjadi tampak lebih besar juga. Kelebihannya dibandingkan tirai, juga mungkin membuatmu tak lebih khawatir ketika kaca tersebut terkena air. Selama setelahnya kamu memiliki kegiatan rutin selalu memastikannya kering kembali dengan mengelapnya dan sebagainya.

3. Gunakan dinding poni untuk area yang ingin lebih privasi

ide partisi di kamar mandi (livingetc.com)

Dinding poni adalah dinding pendek yang memanjang dari setengah lantai ke langit-langit. Dapat menjadi fitur desain yang berguna jika kamu membutuhkan jenis partisi yang mungkin lebih kokoh, permanen. Tanpa mengurangi estetika ruangan yang akan ditampilkan. Meskipun jelas akan terlihat lebih sebagai membatasi ruangan,  namun saat dilakukan pengukuran yang lebih tepat, tetap tidak akan membuat ruangan terlihat kecil.

Jenis partisi di kamar mandi satu ini akan lebih cocok ada di kamar mandi bersama keluarga. Bukannya menjadi lebih kecil, menurut ahli keberadaan pony wall ini mungkin malah bisa memberi kesan lebih luas pada ruangan. Kamu dapat membuat dua area terpisah yang lebih solid. Seperti kamar mandi yang dipakai untuk lebih dari dua orang. Dindingnya, bisa difungsikan sebagai penambah storage. Tambahkan rak untuk menyimpan persediaan sampo, sabun, kondisioner, dll.

4. Gunakan dinding kaca tebal

ide partisi di kamar mandi (livingetc.com)

Batu kaca adalah tren kamar mandi lain yang kini telah kembali menjadi mode. Menjadi tambahan yang luar biasa untuk kamar mandi yang memerlukan sentuhan kemewahan dan modernitas. Terlebih pada desain interior kamar mandi yang memiliki kesan nyentrik dan unik. Kamu mungkin membutuhkan pengerjaan renovasi yang tidak ringan. Namun, hasilnya juga setimpal secara fungsional karena awet.

Glass brick juga menjadi cara yang bagus untuk menambahkan kesan personal dan elemen arsitektural ke sebuah ruangan. Juga menambahkan tesktur dan dimensi. Tetap memberikan privasi, namun juga dapat membuat cahaya tetap mengalir dengan baik melalui pantulan-pantulan cahaya sinar mataharinya.

5. Gunakan freestanding basin dan shower wall

ide partisi di kamar mandi (livingetc.com)

Selain panel shower, gorden, dan setengah dinding, ide kreatif lain untuk partisi di kamar mandi dengan berupa free standing basin dan shower wall. Secara otomatis ini dapat membagi ruangan di kamar mandi ke dalam dua zona. Kamu juga bisa memberikan dekorasi lebih banyak terhadap pemilihan warna cat di meja rias dinding ini ataupun pada shower wall-nya.

Lagi-lagi ini tidak akan membuat kamar mandi terasa lebih sempit. Justru, akan membuatnya tampak lebih luas karena setiap ruangnya tampak fungsionalitas. Kamu mendapatkan area kering dan basah yang benar-benar terpisah, tetapi juga tetap bergaya dan estetik. Dinding shower juga secara alami bisa lebih memaksimal storage atau menjadi  tempat kamu menggantung cermin.

Baca Juga: 9 Ide Kamar Mandi Mungil dilengkapi Bathtub, Lahan Sempit Tak Masalah

Verified Writer

Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya