TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Kreatif Upgrade Dekorasi Rumah Tanpa Keluar Biaya

ciptakan suasana baru tanpa khawatir kantong jebol

inspirasi dekorasi rumah (unsplash.com/Cat Han)

Ingin menciptakan suasana baru di rumah, tetapi sedang tidak memiliki budget lebih? Tenang, kamu tetap bisa upgrade dekorasi di hunian dengan menerapkan beberapa tips dan trik tertentu. Hanya dengan menerapkan cara cerdik ini kamu bahkan bisa membuat barang lama yang ada di rumahmu terasa seperti baru. 

Apakah sebelumnya kamu pernah mempertimbangkan cat ulang furnitur lama kamu? Hingga memainkan kreativitas dengan memberikan lukisan pada perabotan tertentu? Kamu juga bisa loh, menerapkan beberapa DIY mudah untuk menambahkan sejumlah elemen dekoratif menyenangkan ke dalam rumah. Tenang, untuk mengeksekusi ide upgrade dekorasi tanpa harus merogoh kocek ini kamu bisa ikuti saran dari para ahli. Semuanya sudah penulis rangkum dalam artikel berikut!

1. Mengatur ulang penataan furnitur di rumah

inspirasi dekorasi ruang keluarga (unsplash.com/Spacejoy)

Langkah pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan menata kembali posisi perabotan yang ada di rumah. Sama sekali tak perlu mengeluarkan biaya, kamu hanya perlu menganalisis bagaimana sebaiknya kamu memosisikan sofa, armchair, atau meja konsol yang ada di ruang keluarga. Kamu juga bisa mempertimbangkan posisi baru untuk ranjang tempat tidur hingga meja belajar yang ada di kamar tidur, untuk tampilan yang lebih segar.

Menurut desainer interior Katie Simpson dari Mackenzie Collier Interiors, memosisikan ulang letak furnitur di rumah adalah cara paling sederhana tetapi cukup berdampak pada pembaharuan tampilan visual ruang.  Pindahkan barang-barang ini dari satu area ke area lainnya berdasarkan pada fungsi dan pertimbangan nuansa baru ruang yang ingin diciptakan. Misalnya, pada area entryway kamu bisa mengubah yang sebelumnya ada meja konsol, menjadi dicukupkan dengan bangku dan tanaman dalam pot saja.

Baca Juga: 14 Ide Dekorasi Rumah dengan Furnitur Kayu, Klasik Estetik dan Apik!

2. Declutter

inspirasi dekorasi ruang keluarga (unsplash.com/Sidekix Media)

Cara selanjutnya yang bisa coba kamu lakukan untuk mendekorasi ruangan tanpa harus mengeluarkan budget mungkin terdengar terlalu biasa. Namun, percayalah melakukan declutter merupakan salah satu cara sederhana yang juga tak kalah berdampak untuk menghasilkan suasana ruangan yang baru. Mungkin, sebelumnya kamu melihat entah itu ruang keluarga atau ruang tamu terasa sangat tidak beraturan.  Bisa jadi, karena tanpa kamu seiring bertambahnya kebutuhan, ada banyak barang juga yang kamu tambahkan ke ruang tersebut sehingga jadi melupakan estetikanya.

Kamu bisa melakukan declutter dengan cara mencicilnya jika mengerjakan dalam satu waktu terasa tidak mungkin. Mulai dari laci, kemudian rak, kemudian lemari, dan seterusnya. Dalam prosesnya, mungkin kamu juga akan menemukan ternyata ada banyak barang-barang tidak diperlukan yang seharusnya tidak ada di ruang tersebut. Bisa jadi, kamu juga malah akan menemukan barang lama yang kamu beli atau hadiah dari orang lain yang terasa terlupakan. Bagian paling menyenangkannya, jika ternyata kamu justru bisa menghasilkan uang karena ada barang bekas layak pakai yang ternyata bisa dijual!

3. Atur kembali hiasan-hiasan dekoratif milikmu

inspirasi menata furnitur di ruang keluarga (unsplash.com/Jon'Nathon Stebbe)

Jika kamu memiliki banyak koleksi pajangan seni dan sebagainya, kamu juga bisa coba menambah sentuhan baru pada setiap ruangan di rumah dengan mengatur kembali penyimpanannya. Misalnya, jika ternyata vas besar berisi daun-daun kering di samping meja televisi terasa menghalangi pemandangan saat menonton, coba singkirkan dan pikirkan untuk meletakannya di area pintu masuk rumah. Cara serupa juga bisa coba kamu terapkan untuk beberapa ruangan lainnya. 

Bisa jadi meja kecil di samping tempat tidurmu akan lebih baik saat diletakan di samping sofa di ruang keluarga. Kamu juga bisa mengambil beberapa hiasan di atas meja konsol untuk dipindahkan ke lemari rak piring di dapur dan banyak ide lainnya. Kuncinya, kamu harus coba pikirkan kembali tempat yang sepertinya lebih berarti dan sesuai untuk setiap benda dekoratif yang kamu miliki. Coba jangan hanya fokus pada estetika yang dihasilkannya, tetapi benda itu juga sangat fungsional, apakah sudah benar-benar sesuai dengan fungsinya.

4. Dekorasi ruangan di rumah menggunakan tanaman liar yang ditata

ilustrasi ruang makan dengan tanaman dekorasi (pexels.com/Rachel Claire)

Membawa tanaman ke dalam rumah sering kali sangat membantu untuk menambahkan suasana segar, sekaligus memberikan tampilan visual yang semakin menarik. Tenang, membeli tanaman indoor pasti tidaklah murah, meskipun ada juga yang murah. Tetapi, jika kami benar-benar tak ingin mengeluarkan uang sepeser pun, maka coba pikirkan membawa tanaman liar di luar rumah. Bawa vas atau keranjang tidak terpakai di rumah untuk diisi dengan tanaman tersebut. Tentu kamu harus melakukan sedikit penataan untuk membuatnya lebih menawan.

Meletakan tanaman ke dalam rumah, juga mencari ide yang bagus untuk menambah tekstur ke dalam sebuah ruangan. Terlebih, jika sebelumnya kamu merasa dekorasi di rumah terlalu monoton. Letakan tanaman-tanaman ini di beberapa titik yang kamu pikir bisa terlihat memberi dampak baru pada rumah. Kamu bisa buat karangan tanaman liar ini dicampur di antara bunga-bunga liar warna-warni, tanaman rambat yang sudah terlalu panjang di pekarangan, hingga ranting-ranting kering atau biji-biji pohon cemara yang sering kali terlihat estetik saat diletakan di dalam stoples.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Terrarium sebagai Dekorasi Rumah

Verified Writer

Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya