TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kasur di Rumah Harus Rutin Divakum, Cegah Penyakit!

Kasur bersih maksimal, tidur lebih optimal!

ilustrasi membersihkan kamar tidur (freepik.com/rawpixel.com)

Kualitas tidur yang baik sangatlah penting karena berperan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan sehari-hari. Salah satu kebiasaan yang kerap diabaikan padahal dapat memastikan tidur dengan nyaman adalah melakukan vakum pada kasur secara berkala.

Meski terlihat sepele, rutinitas ini dapat memastikan kebersihan tempat tidur sehingga kamu dan seluruh anggota keluarga dapat tidur dengan nyaman di malam hari. Berikut ini terangkum alasan mengapa kamu seharusnya tidak melewatkan vakum kasur secara rutin.

1. Menghilangkan debu dan kotoran yang tak terlihat

ilustrasi orang membersihkan kasur (pexels.com/cottonbro studio)

Kasur adalah tempat yang ideal bagi debu dan tungau untuk berkembang biak. Secara alami, kulit mati, rambut, dan partikel-partikel kecil lainnya terperangkap di dalam serat kasur. Jika dibiarkan terakumulasi, ini dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan, baik yang bersifat ringan hingga berat.

Namun jangan khawatir, vakum kasur secara berkala dapat membantu menghilangkan debu dan tungau yang mungkin sulit dijangkau oleh alat pembersih lainnya. Dengan menjaga kebersihan ini, kamu tak hanya menciptakan tidur yang lebih nyaman, tapi juga mengurangi risiko alergi dan gangguan pernapasan.

2. Menjaga kualitas udara di kamar

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Terry Magallanes)

Kasur yang kotor dan tak pernah dibersihkan secara berkala dapat menjadi sumber polusi udara di dalam ruangan. Ini dijelaskan melalui laman Thecleanbedroom. Untungnya, vakum tak hanya membersihkan permukaan kasur, tapi juga membantu mengurangi jumlah partikel debu yang melayang di udara. 

Jangan lupa untuk menggunakan vakum dengan filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air) untuk hasil maksimal. Dilansir Leadsafevermont, ini berbeda dengan vakum konvensional karena mengandung filter yang mampu menyaring partikel berukuran mikron yang sangat kecil. 

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Vacuum Cleaner Cepat Rusak, Hati-hati!

3. Mengurangi bau tak sedap

ilustrasi melakukan sanitasi pada kasur (pexels.com/شركة تعقيم بالرياض thehealthyhome.me/ar/sa)

Bau tidak sedap pada kasur sering kali muncul akibat penumpukan keringat, kulit mati, atau bahkan kelembaban yang terjebak di dalamnya. Dalam hal ini, vakum kasur secara berkala dapat membantu mengurangi kelembaban dan menghilangkan partikel penyebab bau. Selain itu, dengan membersihkan kasur, kamu juga bisa menciptakan aroma yang lebih menyenangkan di ruang tidur, yang secara langsung berkontribusi pada kenyamanan tidur.

4. Memperpanjang umur kasur

ilustrasi membersihkan kasur (pexels.com/Liliana Drew)

Menjaga kebersihan kasur bukan hanya mencegah masalah kesehatan, tapi juga dapat memperpanjang umur pakainya. Pasalnya, debu dan kotoran yang terperangkap dapat merusak serat dan material kasur seiring waktu. Jika dibiarkan, ini membuat kasur mudah rusak sehingga kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli yang baru.

Dengan vakum kasur secara rutin, kamu bisa menghindari pengumpulan kotoran yang dapat merusak struktur kasur. Dengan begitu, umur pakainya akan lebih panjang dan kamu pun bisa menghemat pengeluaran untuk mengganti kasur.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya