TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Aturan Penting dalam Membuat Tangga Rumah, Jangan Sampai Salah!

Semuanya harus diperhatikan dengan matang

ilustrasi tangga di rumah (unsplash.com/Sidekix Media)

Kalau berencana membangun rumah dua lantai, maka kehadiran tangga sangatlah penting. Tentunya, tangga bukan hanya elemen fungsional dalam rumah, tetapi juga menjadi bagian penting dalam estetika desain interior

Namun, pembuatan tangga bukanlah hal yang sepele. Ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui sebelum membangunnya. Agar tangga nyaman, aman, dan estetik, berikut aturan membuat tangga rumah yang harus diperhatikan. Disimak, ya!

1. Lakukan perencanaan bujet

ilustrasi orang budgeting keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Perencanaan anggaran menjadi hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat tangga. Kira-kira, berapa besar biaya yang akan kamu gunakan untuk membangunnya? Lakukan riset terlebih dahulu agar kamu memiliki gambaran yang jelas, sehingga tahu berapa banyak yang harus dipersiapkan.

Memiliki rencana anggaran yang matang sebelum memulai proyek pembuatan tangga sangatlah penting. Ini akan membantumu menghindari pengeluaran berlebihan dan memastikan bahwa tangga yang dibuat sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Baca Juga: 10 Ide Kamar Mandi Outdoor Bertema Alam di Belakang Rumah

2. Pertimbangkan fungsi tangga

ilustrasi tangga di rumah (unsplash.com/Alexander Wark Feeney)

Sebelum mulai merencanakan desain tangga, pertimbangkan fungsi utama dari tangga tersebut. Apakah tangga akan digunakan sebagai akses menuju lantai atas, ataukah ingin menggunakannya sebagai elemen dekoratif?

Pastikan bahwa tangga yang dibangun sesuai dengan tata letak rumah. Dengan mempertimbangkan ini, kamu dapat menentukan jenis tangga yang sesuai, seperti tangga spiral, tangga lurus, atau tangga melingkar.

Selain itu, pertimbangkan juga siapa yang akan sering menggunakan tangga ini. Jika ada anak-anak atau orangtua di rumah, pastikan tangga mudah digunakan dan aman.

3. Perhatikan desain tangga yang ergonomis

ilustrasi tangga di rumah (unsplash.com/Josh Hemsley)

Perhatian utama dalam membuat tangga di rumah ialah kenyamanan dan keselamatan para penghuninya. Tangga harus didesain dengan dimensi yang tepat agar orang merasa nyaman dan aman saat melangkah.

Jika anak tangga terlalu tinggi, orang harus berupaya keras untuk menaikinya. Namun jika terlalu rendah, anak tangga yang dihasilkan berjumlah banyak sehingga butuh ruang dan sumber daya lebih besar. Ini juga berpotensi membahayakan keselamatan penghuni.

Dilansir laman BAuA, panjang langkah yang ideal untuk tangga berkisar antara 59 dan 65 cm. Tangga dengan kemiringan 30 derajat, lebar 29 cm, dan tinggi anak tangga 17 cm juga terbukti aman bagi pengguna. Hindari membuat tangga terlalu curam yang menyebabkan kamu kesulitan melangkah.

4. Pemilihan material yang tepat

ilustrasi tangga di rumah (unsplash.com/Jason Briscoe)

Material tangga berperan penting dalam menentukan tampilan dan keamanannya. Ada sejumlah material yang biasa digunakan, mulai dari kayu, beton, hingga baja. Setiap material memiliki karakteristik berbeda. Sebagai contoh, penggunaan material kayu memberi kesan hangat di seluruh ruangan. Namun harga dan perawatannya terbilang mahal.

Dalam memilih material yang tepat, tentunya kamu harus menyesuaikan dengan gaya interior rumah dan bujet yang kamu miliki. Pastikan juga material yang dipilih memiliki daya tahan baik agar tangga lebih aman dan tahan lama.

Baca Juga: 6 Ide Manfaatkan Warna Hijau Zamrud untuk Dekorasi Interior Rumah 

Verified Writer

Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya