TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Tanaman Sukulen, Jangan Terlalu Sering Menyiram!

Sukulen adalah tanaman yang tahan dengan kekeringan

ilustrasi sukulen (pexels.com/Huynh An)

Barangkali kamu termasuk tipe orang yang gemar meletakkan tanaman minimalis untuk menghiasi ruangan. Pemandangan tanaman di dalam pot kecil tentu memberikan nuansa asri tersendiri. Salah satu di antara jenis tanaman minimalis yang cukup digemari adalah sukulen.

Tapi juga ada beberapa hal yang harus diketahui terkait perawatan tanaman tersebut. Karena tanaman sukulen berbeda dengan bunga-bunga minimalis lainnya. Kurang lebih, terdapat lima tips merawat tanaman sukulen yang bisa kamu terapkan.

1. Pastikan mendapat cukup pencahayaan

ilustrasi sukulen (pexels.com/Ylanite Koppens)

Keberadaan tanaman minimalis memang menambah indah ruangan. Salah satu diantara jenis tanaman tersebut adalah sukulen. Orang-orang memilih karena bentuknya yang unik sekaligus ukurannya cukup minimalis untuk diletakkan di dalam pot.

Untuk kamu yang ingin merawat tanaman sukulen, pastikan mendapat cukup pencahayaan. Idealnya dalam sehari memperoleh pencahayaan selama 4 sampai 6 jam. Tempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung, seperti dekat jendela.

2. Jangan terlalu sering menyiram tanaman

ilustrasi sukulen (pexels.com/Kristina Paukshtite)

Merawat tanaman tidak bisa dipisahkan dari penyiraman. Tadi bagaimana jadinya jika yang kamu rawat adalah jenis tanaman sukulen? Pada faktanya tanaman hias minimalis ini memiliki perawatan cukup berbeda dengan bunga-bunga lainnya.

Hal penting yang harus diketahui mengenai pola penyiraman. Sukulen merupakan jenis tumbuhan yang tahan dengan kekeringan. Di daerah yang kering sukulen membutuhkan penyiraman seminggu sekali. Sedangkan di daerah yang lembab penyiraman dapat dilakukan dua minggu sekali.

Baca Juga: 8 Ide Pot untuk Sukulen dan Kaktus dari Barang di Rumah, Unik Banget!

3. Gunakan campuran tanah yang tepat

ilustrasi sukulen (pexels.com/Ma Minh)

Keberadaan bunga minimalis memang membuat lingkungan terlihat lebih asri. Apalagi jenis tanaman ini tidak terlalu memakan banyak ruangan. Bagi kamu pecinta tanaman minimalis, tentu sudah tidak asing dengan sukulen.

Tapi apakah kamu sudah tahu cara merawat tanaman sukulen yang tepat? Terutama mengenai komposisi tanah yang diperlukan. Kamu bisa menggunakan campuran seperti pasir kasar, perlite, serta tanah biasa dengan proporsi yang seimbang.

4. Pastikan pot memiliki lubang drainase

ilustrasi sukulen (pexels.com/Georgiana Mirela)

Merawat tanaman memang menjadi aktivitas menyenangkan di waktu luang. Di tengah kesibukan, mungkin kita menginginkan tumbuhan berukuran minimalis. Salah satunya adalah merawat jenis tanaman sukulen. Tapi Agar tanaman tumbuh subur, kita juga harus mampu memberikan perawatan yang tepat.

Salah satu hal penting dalam menanam sukulen adalah pemilihan pot. Pastikan pot tempat tumbuh sukulen memiliki lubang drainase. Sukulen merupakan jenis tumbuhan yang tidak terlalu menyukai air. Lubang di pot memungkinkan kelebihan air mengalir keluar, sehingga mencegah pembusukan akar.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya