TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Tanaman Hias Aglonema, Pecinta Tanaman Harus Tahu!

Aglonema adalah tanaman yang menyukai kelembaban

ilustrasi aglonema (pexels.com/Cottonbro Studio)

Merawat tanaman memang menjadi aktivitas menyenangkan. Kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk hobi dan memulihkan energi. Meskipun terlihat sederhana, tapi dengan merawat tanaman kita akan menemukan ketenangan dan kenyamanan. Di antara jenis tanaman yang kerap menghiasi taman atau ruangan minimalis adalah aglonema.

Namun, tumbuhan aglonema juga memiliki perawatan tersendiri yang harus diperhatikan. Tentunya kita tidak bisa menyamakan perawatan aglonema dengan tanaman-tanaman lain. Baik dari segi penyiraman, pemupukan, maupun pencegahan hama. Memiliki tanaman aglonema, sudahkah kamu mengetahui lima tips di bawah ini?

1. Jangan letakkan di bawah cahaya matahari langsung

ilustrasi aglonema (pixabay.com/ignartonosbg)

Apakah kamu termasuk orang yang suka merawat tanaman? Bahkan di rumah terdapat taman berukuran minimalis. Aglonema menjadi salah satu jenis tanaman yang menghiasi taman atau ruangan tersebut. Tapi merawat aglonema juga terdapat beberapa tips penting yang harus diperhatikan.

Meskipun membutuhkan intensitas cahaya tinggi, tapi jangan menempatkan di bawah cahaya matahari secara langsung. Karena ini dapat membuat daun dari tanaman aglonema terbakar. Tempatkan di area yang terang seperti teras atau sudut ruangan.

2. Siram tanaman secara teratur

ilustrasi aglonema (pixabay.com/ignartonosbg)

Aglonema memang menjadi tanaman yang cocok diletakkan di taman atau area-area tertentu. Tidak jarang beberapa orang menempatkan dalam ruangan berukuran minimalis. Namun demikian, selayaknya tumbuhan lain aglonema juga memiliki pola penyiraman yang harus diperhatikan.

Frekuensi penyiraman aglonema bisa dilakukan satu atau dua kali dalam waktu seminggu. Siram aglonema secara teratur, tetapi jangan terlalu banyak. Pastikan tanah sedikit kering di antara waktu penyiraman untuk menghindari akar membusuk.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Bikin Kamar Makin Cantik dan Tidur Lebih Nyenyak

3. Senantiasa jaga kelembaban

ilustrasi aglonema (pixabay.com/PENEBAR)

Aglonema memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Tidak heran jadi bunga pilihan untuk menempati beberapa area. Tetapi dalam merawat aglonema juga terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan. Tujuannya agar tanaman tumbuh subur dan bertahan dalam jangka panjang.

Perlu diketahui, aglonema adalah jenis tanaman yang menyukai kelembaban. Semprotkan air pada daun sesekali atau letakkan pelembab udara di dekatnya. Kamu juga bisa meletakkan pot di atas nampan berisi kerikil dan air untuk meningkatkan kadar kelembaban area.

4. Pangkas daun yang sudah tua

ilustrasi aglonema (pixabay.com/ignartonosbg)

Aglonema memang menjadi salah satu jenis tanaman yang populer. Kita bisa menempatkannya dalam pot-pot kecil untuk menghiasi suatu area. Seperti diletakkan di teras, diletakkan di rak, atau menempatkannya di sudut area tertentu. Tapi untuk menciptakan taman yang rapi dan indah, kita juga harus memperhatikan pola perawatan yang tepat.

Pada kurun waktu tertentu, daun aglonema pasti ada yang tua atau layu. Kamu bisa melakukan pemangkasan daun-daun yang sudah tua atau layu tersebut. Tujuannya adalah untuk merangsang pertumbuhan daun baru sehingga keindahan tanaman tetap terjaga.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya