TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memaksimalkan Fungsi Ruang Tamu Berukuran Minimalis

Pilih furniture dengan desain yang simpel

ilustrasi ruang tamu minimalis (pexels.com/Curtis Adams)

Ruang tamu menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Ini adalah area yang paling sering digunakan untuk bersosialisasi dan menghabiskan waktu bersama orang lain. Tapi karena area yang tidak memungkinkan, terpaksa ruang tamu memiliki ukuran minimalis.

Meskipun tidak lebar, bukan berarti kita tidak bisa memaksimalkan ruang. Pada faktanya tempat ini bisa dijadikan ruangan serbaguna. Termasuk membuat ruang tamu terasa lapang meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai, kemudian terapkan.

1. Mengutamakan furnitur multifungsi

ilustrasi ruang tamu minimalis (pexels.com/Jean Van Der Meulen)

Di era sekarang ini desain minimalis memang sedang menjadi tren. Apalagi dengan adanya keterbatasan lahan dari waktu ke waktu. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, kita tetap bisa memaksimalkan fungsi ruangan. Tidak terkecuali dengan area ruang tamu.

Untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu berukuran minimalis, utamakan furnitur multifungsi. Jenis furnitur ini memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien. Contohnya meja yang sekaligus menjadi ruang penyimpanan. Kita dapat memaksimalkan fungsi suatu benda tanpa menghabiskan banyak area.

2. Memilih warna-warna terang

ilustrasi ruang tamu minimalis (pexels.com/Lisa Anna)

Mendekorasi ruangan tidak bisa dipisahkan dari pemilihan warna. Terutama ruangan berukuran minimalis. Karena kesalahan memilih warna dapat mempengaruhi suasana ruang itu sendiri. Contohnya ruangan menjadi terlihat lebih gelap dan pengap.

Bagi kamu yang memiliki ruang tamu berukuran minimalis, masih bisa memaksimalkan fungsinya. Pemilihan warna-warna terang turut mempengaruhi persepsi visual dan menciptakan kesan luas. Meskipun memiliki ukuran minimalis, namun ruangan terasa nyaman ditempati.

Baca Juga: 9 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan pada Dapur Kecil

3. Pilih furnitur dengan desain yang simpel

ilustrasi ruang tamu minimalis (pexels.com/dada_design)

Ruang tamu merupakan area yang kerap dijadikan sebagai tempat berkumpul. Memiliki ruang tamu berukuran minimalis, tentu kita harus pandai dalam memaksimalkan fungsi area. Terutama dalam menciptakan kesan luas dan nyaman ditempati.

Tentunya ini memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya memilih furnitur dengan desain yang simpel. Desain yang sederhana biasanya mengutamakan fungsionalitas dan menghindari dekorasi yang berlebihan. Ini membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas, terutama pada ruang yang sebenarnya terbatas.

4. Mengatur tata letak yang efisien

ilustrasi ruang tamu minimalis (pexels.com/Pixabay)

Keterbatasan lahan tentu mempengaruhi ukuran sebuah ruangan. Hal ini juga berlaku mengenai ruang tamu berukuran minimalis. Namun demikian, dengan cara yang tepat kita tetap bisa memaksimalkan fungsi ruangan tersebut.

Kita hanya perlu mengatur tata letak yang efisien. Contohnya menempatkan rak di tepi dinding. Atau menempatkan furnitur tertentu di sudut area. Dengan tata letak yang efisien, setiap inci ruang dapat dimanfaatkan secara optimal.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya