TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Renovasi Rumah dengan Budget Ekonomis, yuk Intip!

Mudah untuk dipraktikkan, lho

ilustrasi renovasi rumah bujet ekonomis (dok. Krisbow)

Ketika bicara tentang renovasi rumah, hal pertama yang ada dipikirkan pasti soal bujet yang hadir dipersiapkan. Apalagi, beberapa orang beranggapan bahwa renovasi rumah membutuhkan biaya yang besar.

Namun, pada kenyataannya ada hal-hal yang dapat memangkas anggaran renovasi rumah. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan agar dapat merenovasi rumah dengan bujet ekonomis. 

1. Pilih konsep yang minimalis

ide desain kamar tidur yang sedang tren di tahun 2022 (pexels.com/Jean van der Meulen)

Ketika ingin merenovasi rumah, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah konsep. Ini karena konsep rumah yang kamu inginkan akan memengaruhi anggaran yang dibutuhkan.

Dengan konsep minimalis, tentunya kamu akan lebih hemat dalam bujet. Sesuaikan pula anggaran dengan pemilihan produk agar gak semakin membengkak.

2. Gunakan barang yang masih layak pakai

ide desain kamar tidur yang sedang tren di tahun 2022 (pexels.com/Medhat Ayad)

Renovasi gak harus memakai barang-barang yang baru. Kamu dapat mengandalkan  bahan-bahan bekas sebagai material reuse, seperti kayu, bongkaran genteng, bekas kusen  jendela dan pintu.

Produk-produk bekas yang biasanya dijual dengan harga miring dan tentu akan meminimalisir pengeluaran. Dengan begitu, kamu pun bisa mengontrol bujet dengan lebih baik.

Baca Juga: 9 Inspirasi Furnitur yang Cocok buat Rumah Mungil, Hemat Tempat

3. Cerdas memilih toko

ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika membeli bahan bangunan, kamu harus cerdas dalam memilih toko bangunan. Carilah beberapa toko alternatif dengan harga yang terjangkau.

Tenang, kamu bisa mendapatkannya di toko offline maupun online. Selain itu, cobalah bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik agar bisa menghemat anggaran.

4. Lakukan sendiri untuk pekerjaan renovasi sederhana

ilustrasi renovasi rumah bujet ekonomis (dok. Krisbow)

Dalam renovasi rumah, salah satu yang paling menguras kantong paling besar adalah jasa tukang. Untuk menghemat pengeluaran, lakukanlah sendiri pekerjaan-pekerjaan yang sederhana seperti mengebor dan mengecat dinding.

Oleh sebab itu, siapkan beberapa perkakas yang dapat kamu andalkan di rumah seperti set bor listrik dari Krisbow yang dapat digunakan untuk pengeboran tembok, kayu, hingga besi. Dengan tambahan fungsi gerinda, juga dapat membantu menghaluskan permukaan besi dan menghilangkan karat.

Baca Juga: 5 Cara Menghapus Eyelash Extension di Rumah, Aman dan Efektif!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya