TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Desain Kamar Mandi Bertema Industrial, Kesannya Mewah

Gaya industrial bisa bikin kamar mandimu tampil beda

ilustrasi desain kamar mandi industrial yang elegan (freepik.com/WangXiNa)

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat membersihkan diri, kamar mandi juga berperan sebagai cerminan dari estetika interior dalam sebuah rumah. Terlebih lagi, kamar mandi tergolong ruangan yang sering digunakan, sehingga pemilihan desain interior perlu kamu pertimbangkan dengan matang.

Salah satu konsep desain yang jadi pilihan populer dari berbagai kalangan ialah industrial. Desain ini memiliki tampilan maskulin dan elegan dengan memperlihatkan elemen struktural.

Nah, bagi kamu yang ingin menciptakan mandi bergaya industrial, berikut lima tips yang bisa kamu terapkan. Siap-siap merasa betah berlama-lama di kamar mandimu, ya!

Baca Juga: 8 Ide Ruang Makan Bertema Industrial, Dijamin Tampil Beda!

1. Pilih bahan material yang tepat

ilustrasi kamar mandi maskulin ala desain industrial (freepik.com/freepik)

Pemilihan bahan material perlu diperhatikan dan dipertimbangkan secara tepat. Biasanya desain industrial memilih material yang terlihat keras atau kokoh dan juga bahan yang kasar. Sebut saja, material beton, batu alam, kayu kasar, pipa besi, hingga baja.

Namun, meski identik dengan bahan yang kokoh dan bertekstur, kamu juga bisa memberikan sentuhan bahan yang terkesan modern dan ringan. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan bahan stainless steel dan alumunium untuk memberikan tampilan yang dinamis dan kekinian.

2. Atur pencahayaan

ilustrasi desain kamar mandi modern industrial dengan pencahyaan yang baik (freepik.com/freepik)

Pencahayaan memegang peran penting dalam menciptakan atmosfer dalam kamar mandi bergaya industrial. Kamu bisa memilih antara menggabungkan pencahayaan alami dan buatan atau hanya cahaya buatan saja, tergantung pada preferensi dan kebutuhan.

Untuk pencahayaan alami, kamu bisa mengoptimalkan cahaya tersebut melalui jendela kaca dengan kisi-kisi atau atap skylight tembus pandang. Sementara untuk cahaya buatan, gunakan berbagai jenis lampu yang bisa memperkuat kesan industrial. Ini bisa berupa lampu gantung dengan kerangka besi, lampu dinding pijar, atau juga sentuhan modern dengan lampu strip LED.

Baca Juga: 5 Tips Menata Kamar Tidur Bertema Industrial, Gak Sulit, Kok! 

3. Gunakan warna netral

ilustrasi desain kamar mandi industrial bernuansa klasik (freepik.com/freepik)

Warna netral, seperti abu-abu, putih, dan hitam, menjadi pilihan utama dalam dekorasi ruangan bergaya industrial. Palet warna ini mampu memberikan kesan simpel tapi elegan dan juga mudah dipadukan dengan berbagai macam bahan dan tekstur khas industrial.

Palet warna netral ini menjadi dasar yang kokoh dalam estetika kamar mandi bergaya industrial. Dinding warna abu-abu dengan lantai yang didominasi oleh warna putih atau hitam akan memberikan sentuhan kontras yang apik. Selain itu, sentuhan warna dalam bentuk aksesori atau dekorasi kecil, seperti handuk berwarna atau elemen kuningan, dapat memberikan kontras menarik dan memperkaya tampilan kamar mandi.

4. Ekspose elemen struktural

ilustrasi kamar mandi maskulin ala desain industrial (freepik.com/freepik)

Gaya industrial sering kali menampilkan elemen struktural seperti dinding bata atau pipa-pipa yang terbuka. Hal inilah yang membuat interior bergaya industrial tampil beda dengan memperlihatkan eleman kasar yang jadi ciri khasnya. Jadi, jangan ragu untuk mengungkapkan elemen struktural pada interior kamar mandimu.

Jika kamar mandi milikmu tidak memiliki elemen struktural, kamu bisa membuatnya sendiri dengan beberapa cara sederhana. Misalnya, membuat dinding bata tiruan, menggunakan kaca pembatas area shower head kerangka besi dengan model kisi-kisi, atau menambahkan dekorasi maskulin ala desain industrial.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kamar Mandi Bergaya Zen, Mandi Serasa Healing

Verified Writer

Miftahul Huda

Freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya