TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Kontraktor untuk Renovasi Rumah, Harus Cermat

Pastikan memilih kontraktor yang tepat dan berkualitas

ilustrasi rumah baru (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Merenovasi rumah bisa menjadi proyek yang menantang dan memerlukan banyak persiapan, termasuk memilih kontraktor yang tepat. Yuk, simak hal-hal apa saja yang perlu kamu cermati sebelum memilih kontraktor untuk merenovasi rumahmu.

1. Cari referensi dan ulasan dari orang yang kamu percaya

ilustrasi orang sedang berbicara (unsplash.com/Brooke Cagle)

Pertama kamu harus mencari tahu rekomendasi dan ulasan dari orang-orang yang kamu percayai seperti keluarga, teman, atau tetangga yang pernah menggunakan jasa kontraktor sebelumnya. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui pengalaman mereka secara langsung dan kualitas kerja kontraktor tersebut.

Baca Juga: 5 Langkah Konkret Renovasi Rumah Tua Jadi Lebih Berkelas 

2. Periksa portofolio hasil pekerjaan sebelumnya

ilustrasi rumah baru (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Setiap kontraktor yang baik pasti memiliki portofolio pekerjaan sebelumnya yang bisa kamu periksa. Pastikan untuk melihat proyek serupa yang sudah dikerjakan oleh kontraktor tersebut, sehingga kamu bisa mengetahui kemampuan mereka dalam menangani suatu proyek.

3. Pastikan kontraktor memiliki legalitas yang jelas

ilustrasi jual beli rumah (unsplash.com/FORTYTWO)

Selanjutnya kamu juga perlu memastikan bahwa kontraktor yang akan dipilih memiliki legalitas yang jelas dan terpercaya. Idealnya memiliki badan hukum dan cara kerja yang resmi sesuai prosedur. Sehingga ketika kontraktor melakukan pelanggaran, maka ada sandaran hukum yang kuat dalam menuntutnya.

4. Perhatikan pengalaman dan keahliannya

ilustrasi rumah baru (pexels.com/Tima Miroshichenko)

Pantaulah bagaimana pengalaman dan keahlian kontraktor yang ingin kamu pilih. Cari tahu bagaimana mereka dalam menangani jenis renovasi rumah yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu ingin merenovasi kamar mandi, pastikan kontraktor tersebut memiliki pengalaman dan keahlian dalam renovasi kamar mandi.

Baca Juga: 5 Hal yang Sebabkan Biaya Renovasi Rumah Jadi Bengkak, Hindari!

Verified Writer

Mia Lubis

Jika ada kesalahan / kekeliruan dalam tulisan saya adalah ketidaksengajaan. Ambil baiknya, buang buruknya. Thanks for reading!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya