TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Lebih Suka Kamar Warna-warni, Menambah Keceriaan Hidup

#IDNTimesLife Meski buat sebagian orang bikin susah tidur

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Kamar tidur termasuk dalam ruangan yang amat personal. Berbeda dengan kamar mandi yang dapat dipakai bergantian, kamar tidur biasanya memiliki identitas. Seperti kamar tidurmu, kamar tidur anak, dan sebagainya. Lantaran sifatnya yang pribadi, sangat mungkin untukmu lebih mengeksplorasi ruangan ini.

Terlepas dari warna dominan di rumahmu, kamu bisa memiliki kamar dengan warna yang kontras. Sebagai contoh, tampak luar dan sebagian besar bagian dalam rumah berwarna kalem bahkan hanya putih. Tapi khusus kamarmu berwarna-warni atau pilihan warnanya termasuk mencolok mata.

Meski bagi sebagian orang warna-warni di kamar menyulitkan mereka untuk segera terlelap, pengaruhnya padamu boleh jadi berbeda. Dirimu masih dapat tidur cukup waktu sesuai kebutuhan. Kamu mungkin suka kamar warna-warni karena enam alasan di bawah ini.

1. Merasa lebih bersemangat menjalani hari

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Energimu gampang turun jika berada di ruangan dengan satu warna saja, apalagi bila warnanya kalem. Sebaliknya, ruangan yang berwarna-warni seperti menyuntikkan energi yang membuatmu lebih bersemangat menjalani hari. Mungkin kamu tak menyukai warna-warna cerah dengan tingkat yang sama.

Seperti menghindari banyak warna merah yang membuatmu merasa panas atau gampang marah. Merah masih digunakan untuk mempercantik kamarmu, tetapi hanya sedikit sekali. Misalnya, menjadi warna untuk kap lampu. Buat selebihnya dirimu memilih warna-warna lain. 

Kalau efek warna-warni sepositif ini untukmu, jangan ragu menerapkannya di kamar tidur. Sekalipun banyak orang merasa sakit mata ketika melihatnya atau menganggap pilihan warnanya norak, ini ruang pribadimu. Utamakan kenyamananmu serta energi positif yang diperoleh dari kamar tersebut karena kamu yang akan setiap hari menempatinya.

Baca Juga: 5 Tanaman Peneduh yang Cocok untuk Halaman Rumah, Lebih Sejuk

2. Gampang bangun pagi

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Warna yang lembut memang cenderung memudahkanmu untuk tidur. Tapi saking terasa nyamannya kamar dengan warna tersebut, kamu malah menjadi kesulitan buat bangun di pagi hari. Walaupun alarm sudah dinyalakan, sampai matahari tinggi pun rasanya dirimu masih ingin tidur.

Sementara dinding kamar yang berwarna-warni bikin kamu lebih cepat melek di pagi hari. Sekalipun pencahayaan saat dirimu tidur remang-remang, ketika kamu terjaga akan langsung mendapatkan stimulus berupa warna-warna cerah. Ini memudahkanmu menghilangkan kantuk. Begitu lampu dinyalakan lebih terang, dirimu makin siap memulai hari.

3. Menjauhkanmu dari bayang-bayang enaknya tiduran terus

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Fungsi utama kamar tidur memang untuk tempatmu beristirahat. Akan tetapi, dirimu barangkali juga mesti belajar atau bekerja di dalamnya. Tidak mudah melakukan kedua kegiatan tersebut di dalam kamar tidur yang nyaman. Tapi daya tahanmu untuk melek dan berkegiatan terbantu oleh dinding yang berwarna-warni.

Kamar dengan berbagai warna memberikan rangsangan yang lebih besar daripada kamar dengan warna dinding kalem. Untukmu yang sering ketiduran di jam-jam seharusnya kamu masih produktif, cobalah mengubah warna kamarmu menjadi lebih berani. Dirimu akan lebih tertib soal kapan waktu istirahat dan belajar atau bekerja.

4. Sifatmu memang ceria

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Sebagai ruangan yang personal, kamarmu dapat menggambarkan sifatmu. Apalagi kamar di rumah pribadi, bukan rumah kontrakan atau kamar kos-kosan. Kamu lebih leluasa mempercantiknya dengan warna-warna cerah kesukaanmu. Pilihan ini tidak terlepas dari karakter aslimu.

Dirimu yang memang bersifat ceria cenderung lebih berani bikin kamar warna-warni. Berada di dalamnya membuatmu merasa bertemu dengan teman yang sama cerianya. Kamu menjadi tidak mudah merasa bosan atau bingung hendak melakukan apa. Sebaliknya, orang pemurung kurang memperoleh ketenangan ketika berada di kamar warna-warni. 

5. Bagus buat latar live streaming

ilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Kamu yang cukup sering melakukan live streaming memang harus kreatif memanfaatkan ruangan yang ada. Mesti ada cara agar dengan menggunakan ruangan yang sama, siaranmu terlihat lebih berkualitas. Selain memperhatikan isi konten, tentu warna dinding yang menjadi latar berpengaruh besar.

Dinding berwarna cerah lebih menarik perhatian penonton. Memang di satu layar tidak perlu memperlihatkan seluruh warna dinding kamarmu. Akan tetapi, kami bisa gantian memakai sisi dinding yang berbeda ketika live streaming. Penonton mengira tempatnya berpindah-pindah, padahal modalmu tetap kamar yang sama. Kamu gak pusing-pusing lagi mencari tempat dan jumlah penontonmu akan naik. 

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Penulis fiksi maupun nonfiksi. Lebih suka menjadi pengamat dan pendengar. Semoga apa-apa yang ditulis bisa memberi manfaat untuk pembaca. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya