TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memaksimalkan Lantai untuk Membuat Ilusi Ruangan Lebih Besar

Salah satunya gunakan lantai berwarna gelap

ilustrasi pemasangan lantai secara diagonal (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Sebagian besar dari kamu memiliki setidaknya satu ruangan di rumah yang kamu inginkan terlihat lebih besar. Jika kamu sudah mencoba berbagai cara untuk membuat ruangan terasa lebih besar tetapi hasilnya belum maksimal, kamu mungkin belum mencoba memaksimalkan elemen lantai. 

Lantai dapat memainkan peran dalam menciptakan suatu ilusi sehingga dapat memperbesar atau memperkecil ruangan. Jika kamu ingin membuat ruangan kecil tampak lebih besar, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Pilih warna terang atau gelap

ilustrasi lantai berwarna gelap (pexels.com/Curtis Adams)

Kamu bisa memasang karpet warna krim, ubin dengan warna netral, atau lantai kayu bercat putih. Warna-warna yang ringan dan netral ini memberikan kesan terbuka dan lapang pada ruangan sehingga membuatnya tampak lebih besar, sekaligus menarik sinar matahari alami dari luar.

Jika kamu menyukai lantai berwarna gelap, maka jangan khawatir. Lantai yang lebih gelap, terutama yang terbuat dari kayu, juga dapat menambah kedalaman ruangan sehingga membuat ruangan nampak lebih luas. Namun, hal ini hanya akan berfungsi jika dipasangkan dengan dinding dan langit-langit yang lebih terang dari warna lantai.

Baca Juga: 5 Ide Material Lantai untuk Ragam Tema Interior

2. Perhatikan pemasangan lantai

ilustrasi pemasangan lantai secara diagonal (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Cara pemasangan lantai juga akan mempengaruhi cara mata melihat ukuran suatu ruang. Untuk menciptakan ruang yang lebih besar, meletakkan lantai secara diagonal adalah salah satu cara paling efektif. Lantai yang diletakkan secara diagonal akan menipu mata untuk melihat pola dalam perspektif yang berbeda. 

Kamu juga bisa memasang lantai berupa papan dengan posisi sejajar dengan dinding terpanjang di ruangan. Selain pemasangan lantai, kamu juga harus memperhatikan pemasangan karpet. Hindari memilih karpet dengan pola penuh dan terlalu rumit. Sebaliknya pilih pola garis vertikal untuk membantu memperpanjang ruang. 

3. Satu lantai untuk semua ruangan

inspirasi interior rumah (unsplash.com/deborah cortelazzi)

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan lantai yang sama di beberapa ruangan di rumah. Lantai yang sama akan meningkatkan konsistensi gaya dan memberikan rasa kesinambungan. Misalnya, jika di ruang tamu menggunakan lantai vinyl dengan penempatan diagonal, maka lakukan hal yang sama pada kamar tidur. 

Di sisi lain, lantai kamar mandi adalah sesuatu yang harus dipikirkan secara terpisah. Area ini tidak bisa disamakan dengan area lain di rumah karena fungsi ruangan dan kelembapan yang ada di dalamnya. Kamar mandi membutuhkan lantai yang mampu menahan faktor-faktor ini.

4. Gunakan keramik berukuran besar

ilustrasi lantai keramik (pexels.com/Joanna Bogacz)

Banyak orang membuat kesalahan dengan memilih keramik berukuran kecil untuk ruangan kecil. Hal ini justru menekan ruangan sehingga memilih efek ukuran ruangan yang nampak kecil kecil. Ini disebabkan karena ada lebih banyak garis ketika memiliki banyak keramik kecil di lantai. Akibatnya, ruangan bisa terasa sibuk dan ramai.

Sebaliknya, pilih keramik yang berukuran besar untuk membantu membuka ruang. Jika kamu menggunakan keramik besar, pastikan bahwa garis nat diminimalkan mungkin untuk menjaga ilusi.

Garis nat adalah celah antara masing-masing keramik yang biasanya diisi dengan semen sebagai perekat ataupun menambah nilai estetika ruangan.

Baca Juga: 5 Penyebab Mengepel Lantai Jadi Berbau Amis, Harus Detail!

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya