TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Tanaman Cantik Pemakan Serangga, Rumah jadi Nyaman

Tanaman predator untuk mengatasi serangga di rumah

ilustrasi merawat tanaman (Pexels.com/Anna Shvets)

Tanaman karnivora adalah tanaman yang memakan serangga atau makhluk kecil lainnya. Mereka mungkin tampak sedikit asing dan jahat, tetapi kemampuan tanaman ini membantu mereka bertahan hidup. Alih-alih mengambil nutrisi dari tanah, tanaman ini memakan serangga atau makhluk kecil lainnya untuk hidup. 

Selain itu, kemampuan beberapa tanaman untuk memakan serangga juga bermanfaat bagi manusia untuk mengurangi gangguan serangga di rumah. Beberapa tanaman pemakan serangga juga memiliki rupa yang cantik sehingga cocok untuk menjadi tanaman hias di depan rumah. Lantas, apa saja tanaman hias yang memiliki kebiasaan memakan serangga?

Berikut ini merupakan lima rekomendasi tanaman pemakan serangga yang dapat dijadikan untuk hiasan rumah.

1. Cobra lily

ilustrasi merawat tanaman (Pexels.com/cottonbro studio)

Cobra lily (Darlingtonia californica), juga disebut tanaman kantong semar California, berkerabat dekat dengan tanaman kantong semar karnivora lainnya dalam keluarga Sarraceniaceae. Bunganya menyerupai kepala ular kobra yang siap menyerang. Berasal dari Oregon selatan dan California Utara, bunga lili kobra sangat sulit tumbuh dan mungkin paling disukai saat melihatnya saat berjalan-jalan di sekitar daerah asalnya.

2. Purple pitcher plant

ilustrasi merawat tanaman (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Tanaman kantong semar ungu (Sarracenia pupurea), yang berasal dari pesisir timur, memiliki banyak subspesies. Ini adalah tanaman rumit lainnya yang membutuhkan kondisi tanah ideal dan paling sering ditanam di kebun rawa khusus daripada sebagai tanaman hias.

Baca Juga: 11 Tanaman Hias Indoor yang Cukup Disiram Seminggu Sekali

3. Venus flytrap

ilustrasi merawat tanaman (Pexels.com/RDNE Stock project )

Mungkin lebih banyak orang yang mengenal tanaman penangkap lalat Venus (Dionaea muscipula) dibandingkan tanaman karnivora lainnya. Mereka biasanya dijual sebagai tanaman hias dan muncul (dalam bentuk berlebihan) di film fiksi ilmiah.

Mekanisme penangkap lalat Venus aktif bergerak saat "rahangnya" menjepit dalam sekejap dan menjebak serangga. Berasal dari daerah kecil di Carolina, penangkap lalat Venus yang khas memiliki perangkap sepanjang 1 inci, meskipun kultivar yang lebih besar telah dikembangkan untuk penjualan komersial.

4. Bladderworts

ilustrasi merawat tanaman (Pexels.com/Akil Mazumder)

Tanaman Bladderwort (Utricularia spp.) memiliki mekanisme perangkap paling rumit dan cerdik untuk menjebak serangga kecil. Tumbuhan ini memiliki kandung kemih elastis berbentuk kacang yang terbuka ketika bulu pemicu disentuh oleh makhluk kecil, seperti daphnia (kutu air).

Terbukanya kandung kemih yang kosong secara tiba-tiba akan menarik air dan menghisap makhluk apa pun yang ada, seperti halnya jarum suntik yang menarik cairan ketika alat penyedotnya ditarik kembali. Tumbuhan itu kemudian secara perlahan memeras air kembali keluar melalui selaput penyaring, namun makhluk kecil itu terjebak di dalamnya.

Verified Writer

INDAR RIZKY

@methrics

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya