TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Interior Dapur Sempit yang Minimalis, Tampak Modern!

Dapur sempit akan terasa nyaman jika ditata dengan tepat

ilustrasi dapur (pexels.com/diego 🌙)

Menata dapur mungkin menjadi salah satu bagian yang cukup menantang dalam interior rumah, sebab bagaimanapun juga banyak aktivitas yang dilakukan di area tersebut. Sering kali dapur yang tidak ditata dengan baik dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau bahkan terkesan sempit dan sulit untuk bergerak.

Sayangnya beberapa rumah mungkin memiliki dapur yang sangat terbatas luasnya, sehingga perlu memanfaatkan peluang yang ada dengan semaksimal mungkin agar tetap nyaman apabila memasak atau pun makan di area tersebut. Perhatikan beberapa berikut ini dalam mendekorasi dapur yang sempit agar nantinya tetap nyaman dan tampak modern.

1. Dapur dengan meja serba guna

ilustrasi dapur (pexels.com/Mark McCammon)

Jika kamu memiliki dapur yang luasnya cukup terbatas, maka coba pertimbangkan untuk memilih meja custom yang serba guna. Ternyata meja custom tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai meja makan, sekaligus untuk menaruh bahan-bahan makanan hingga wastafel yang digunakan di dapur tersebut.

Penggunaan dapur dengan meja serba guna ini memang cukup menghemat ruangan yang ada di rumahmu, sehingga tidak menjadi masalah apabila kamu meletakannya di area dapur. Selain itu kamu juga bisa menambahkan kursi kursi yang nantinya akan dijadikan tempat duduk pada saat menikmati santapan di dalam dapur.

2. Pemanfaatan satu sisi dinding untuk dapur

ilustrasi dapur (pexels.com/Dmitry Zvolskiy)

Cara lain untuk memaksimalkan ruangan dapur yang terbatas adalah dengan memanfaatkan satu sisi dinding di area tertentu. Dinding ternyata bisa kamu manfaatkan untuk menata dan juga alat makan yang nantinya akan kamu gunakan untuk aktivitas memasak sehari-hari.

Pemanfaatan satu sisi dari dinding memang bisa dicoba apabila ruangan tempat tinggalmu benar-benar terbatas, sehingga hal ini perlu di persiapkan. Kekurangan dari pemanfaatan satu sisi dinding untuk dapur ini adalah tidak adanya ruang untuk meja makan, sehingga kamu harus mempersiapkannya secara terpisah.

Baca Juga: 7 Kesalahan Desain Interior Dapur, Jangan Hanya Utamakan Estetika

3. Dapur dengan konsep minimalis modern

ilustrasi dapur (pexels.com/Terry Magallanes)

Jika memang kamu ingin yang nyaman untuk ditempati walau pun luasnya terbatas, maka bisa memilih desain yang satu ini karena terlihat menarik dan juga nyaman. Dapur dengan konsep minimalis modern ini memiliki nuansa putih yang tampak elegan di beberapa bagiannya, sehingga kamu harus cermat dalam memilih furnitur yang ada.

Dapur yang satu ini juga memanfaatkan meja serbaguna yang dapat difungsikan sebagai wastafel dan juga meja makan, sehingga akan tetap nyaman digunakan walaunpun dapur tersebut memiliki luas yang tidak terlalu besar. Kamu bisa menyesuaikan ukuran meja tersebut dengan kebutuhan atau pun luas dapur yang kamu miliki.

4. Dapur dengan pemanfaatan ruang yang optimal

ilustrasi dapur (pexels.com/Jean van der Meulen)

Dapur yang satu ini memang tampak sangat terbatas ruangnya, sehingga kamu harus lebih cermat dalam memanfaatkan yang ada agar semua peralatan dapat disimpan di dalamnya. Dapur ini ternyata berhasil memanfaatkan peluang yang optimal dengan menggunakan kitchen set yang memiliki storage cukup besar.

Peralatan memasak dan peralatan makan pun dapat kamu letakkan pada kitchen set yang sudah dipersiapkan, sehingga tidak akan sampai terlihat menumpuk. Dapur yang satu ini walau pun memang kelihatannya lebih kecil, namun ternyata  cukup lengkap dan kamu pun bisa memasak dengan nyaman.

Verified Writer

Harrel Kaiko

Ingin menjadi penulis yang handal :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya