TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis, Estetik!

Perhatikan gorden yang tepat untuk rumah minimalis

Tips memilih gorden untuk rumah minimalis (Pexels.com/Leah Newhouse)

Memilih gorden untuk rumah minimalis memerlukan pertimbangan yang matang untuk memastikan tampilan yang rapi, fungsional, dan sesuai dengan estetika keseluruhan. Gorden yang tepat dapat memberikan sentuhan akhir yang mempercantik ruangan, sekaligus mendukung konsep minimalis yang diusung.

Dalam memilih gorden untuk rumah minimalis, penting untuk memperhatikan beberapa faktor seperti warna, bahan, dan desain agar tetap selaras dengan gaya interior yang simpel, tetapi elegan. Pertimbangkan juga fungsi praktis gorden, seperti kemampuannya mengatur pencahayaan dan memberikan privasi untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan harmonis. Berikut tips dalam memilih gorden untuk rumah minimalis yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Memilih warna netral yang sesuai

Tips memilih gorden untuk rumah minimalis (Pexels.com/Vecislavas Popa)

Untuk tampilan minimalis, pilihlah gorden berwarna netral yang dipasangkan dengan gorden tipis berwarna putih. Hindari warna-warna berani dan pola yang rumit, karena mereka dapat menciptakan bentrokan dalam tema minimalis yang kamu inginkan.

Warna netral seperti krem, abu-abu, atau putih lembut berpadu sempurna dengan dekorasi minimalis, memberikan tampilan yang tenang dan kohesif. Warna-warna ini juga memberikan efek ruangan yang terasa lebih luas dan terang. Selain itu, menggunakan warna netral pada gorden memudahkan kamu dalam mengganti atau menambahkan dekorasi tanpa khawatir terjadi bentrokan warna.

Untuk meningkatkan tampilan minimalis, kamu juga dapat melakukan layer pada gorden. Menambahkan tirai tipis berwarna putih memungkinkan cahaya alami menyaring dengan lembut ke dalam ruangan, menciptakan efek pencahayaan yang lembut dan nyaman. Tak hanya itu, cahaya yang masuk melalui tirai putih juga dapat memberikan nuansa hangat dan cerah, sekaligus menjaga privasi.

2. Tirai kerai dapat menjadi opsi lain

Tips memilih gorden untuk rumah minimalis (Pexels.com/Pixabay)

Tirai kerai, atau sering dikenal sebagai blinds, merupakan pilihan dekorasi jendela yang sangat populer untuk ruangan minimalis. Tirai kerai memiliki desain yang sederhana dan fungsional, menjadikannya cocok untuk menciptakan tampilan yang bersih dan rapi, sesuai dengan prinsip-prinsip desain minimalis.

Dikutip House Beautiful, menurut desainer interior LeeAnn Baker, tirai kerai juga dapat menambah sentuhan dan suasana dalam ruangan. Melalui tirai ini, kamu juga dapat memainkan cahaya dan bayangan di dalam ruangan. Dengan bentuknya yang tidak memerlukan banyak ruang, tirai kerai juga dapat menghemat ruang untuk rumah bergaya minimalismu.

3.  Panjang gorden yang presisi

Tips memilih gorden untuk rumah minimalis (Pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Pemilihan panjang gorden yang presisi sangat penting dalam ruangan minimalis untuk memastikan tampilan yang rapi dan seimbang. Gorden yang dipasang dengan panjang yang tepat dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih tinggi, meningkatkan estetika, dan menjaga kesan yang bersih dan sederhana.

"Pasanglah gorden sekitar 25 sentimeter di atas lis dan 25 sentimeter lebih lebar dari jendela di setiap sisinya untuk memiliki tampilan gorden yang presisi dan pas," tutur Designer interion Kati Curtis dari Kati Curtis Design, dikutip House Digest

Jika kamu lebih menyukai tampilan yang lebih praktis dan bersih, gorden yang menggantung sekitar 1-2 sentimeter di atas lantai bisa menjadi pilihan. Panjang ini menghindari kontak langsung dengan lantai, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak mudah kotor. Untuk mengukurnya, mulailah dengan mengukur dari titik pemasangan rel atau batang gorden hingga ke lantai. Jika menggunakan gorden yang menggantung beberapa sentimeter di atas lantai, kurangi ukuran tersebut sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 7 Tips Memadukan Warna Gorden dengan Cat Tembok, Biar Tampak Match!

4. Pilih bahan gorden yang berkualitas

Tips memilih gorden untuk rumah minimalis (Pexels.com/Vecislavas Popa)

Memilih bahan gorden yang berkualitas tinggi adalah langkah penting untuk memastikan tampilan interior rumah yang elegan dan fungsional. Beberapa bahan yang direkomendasikan antara lain linen, katun, dan polyester. Bahan-bahan ini tidak hanya tahan lama tetapi juga memberikan tampilan yang elegan dan sederhana.

Linen dan katun, misalnya, dikenal karena teksturnya yang halus dan kemampuan untuk memberikan suasana ruangan yang ringan dan sejuk. Sementara itu, polyester menawarkan kepraktisan dan daya tahan yang sangat baik. 

Dilansir situs lifestyle Martha Stewart, desainer senior Brooke McReynolds menyarankan polyester sebagai bahan yang ideal untuk gorden, terutama bagi kamu yang baru pertama kali memilih gorden. Polyester adalah bahan yang murah dan juga minim perawatan. Selain itu, keunggulan lainnya adalah bahan ini mudah dicari dengan berbagai warna dan motif yang cocok untuk tema minimalis.

Verified Writer

Hani Safanja

Progress over perfection

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya