TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fungsi Wall Panel di Ruang Tamu, Multifungsi!

Bikin ruangan tampak lebih luas

ilustrasi dekorasi dinding di rumah (pexels.com/Curtis Adams)

Tahu, gak? Elemen dekoratif yang biasanya dipasang di dinding bagian dalam ruangan disebut dengan wall panel. Biasanya, wall panel digunakan untuk memberikan tekstur, warna, atau pola tambahan pada dinding. Ukuran dan bahan-bahannya beragam, lho! 

Gak cuma menambah kesan estetik, wall panel juga menjadi point of attraction dari sebuah ruangan. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi wall panel yang bisa jadi pertimbangan kamu sebelum memasangnya di rumah. Simak, yuk!

1. Menambah pencahayaan ruangan

contoh inspirasi niche di rumah (pexels.com/Jonathan Borba)

Beberapa rumah mungkin gak punya pencahayaan yang cukup pada beberapa ruangan. Jumlah titik lampu yang terbatas bikin ruangan terasa lebih gelap dan gak nyaman. Salah satu solusinya adalah dengan menambahkan lampu pada wall panel.

Kamu bisa pilih lampu yang jenisnya hangat atau bisa juga sesuaikan dengan tema ruangan. Kalau sudah menambahkan lampu pada wall panel, kamu gak perlu lagi menambah titik lampu. Lebih efisien, bukan?

Baca Juga: 7 Inspirasi Alat Tulis Bertema Ghibli Totoro, Lucu Banget!

2. Pembeda zonasi ruangan

inspirasi tata ruang di rumah (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Wall panel sebagai pembeda ruangan seringkali diaplikasikan di rumah mungil ataupun apartemen. Keberadaan panel dijadikan sebagai media pembatas imajiner dari dua ruangan dengan fungsi berbeda, contohnya antara dinding ruang makan dan dapur.

Untuk membedakannya, kamu bisa memilih material panel berbeda atau warna yang gak sama. Pada bagian ruang makan, kamu bisa pertimbangkan pilihan panel dinding menggunakan bahan dasar cermin.

3. Tempat penyimpanan dan rak

contoh inspirasi niche di rumah (pexels.com/Jens Mahnke)

Gak hanya sebagai pelapis dinding, wall panel dapat dibuat untuk tempat penyimpanan. Kamu bisa membuat ambalan yang nantinya berfungsi sebagai rak. Kalau dimensi panel cukup tebal, dalam panel bisa langsung dijadikan sebagai tempat penyimpanan.

Pilihan lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah mengalokasikan lemari yang menempel pada panel. Buat desain yang unik agar menjadi point of interest dari ruangan. Kebanyakan, wall panel didesain sekaligus menjadi rak televisi.

4. Mempercantik dan tempat pajangan

contoh inspirasi niche di rumah (freepik.com/freepik)

Beberapa panel ada yang hanya berfungsi untuk mempercantik dinding saja. Namun, sayang rasanya bila kamu gak sekalian memadukannya dengan aspek fungsional. Selain mempercantik, panel sangat identik dengan tempat pajangan aksesoris atau benda-benda yang mempercantik ruangan, lho!

Beberapa orang meletakkan koleksi barang kesayangannya pada ambalan wall panel. Selain fungsional, pajangan yang diletakkan pada wall panel bisa menambah daya tarik ruangan. Tanpa sadar, kamu jadi menghemat tempat!

5. Meluaskan ruangan

ilustrasi dekorasi dinding di rumah (pexels.com/Curtis Adams)

Penggunaan wall panel juga berfungsi meluaskan ruangan, Iho! Kamu bisa pertimbangkan untuk memilih cermin sebagai material finishing panel dinding di rumah. Kalau perlu, kamu bisa custom cermin bila ingin puas mendesainnya.

Penggunaan cermin ini akan menambah kesan ruangan seakan tampak luas sehingga kegiatan yang dilakukan dalam ruangan dapat dilakukan dengan nyaman. Gak bikin sesak napas karena sempit, deh!

Verified Writer

Fani Ariska

Im just writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya