TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Ide Kado untuk Ustaz yang Menikah, Sederhana dan Bermanfaat

Pemberianmu akan digunakan sehari-hari

ilustrasi ustaz menikah (unsplash.com/Fadkhera Official)

Pernikahan adalah momen kebahagiaan yang tak bisa dilupakan sepanjang hidup oleh yang menjalaninya. Makanya, memberikan hadiah pada mereka akan sangat terkesan dan teringat dalam benaknya. Apalagi jika yang menikah itu guru kamu, tentu kamu harus memberikan kado terbaik untuknya.

Ada beberapa kado yang tepat untuk diberikan kepada guru ngaji atau ustaz kamu. Harganya tidak terlalu mahal, namun akan sangat bermanfaat dan namamu akan selalu dikenang olehnya. Simak 10 ide kado untuk ustaz yang menikah di bawah ini, ya!

1. Buku atau kitab bacaan

kado berupa buku (pexels.com/RDNE Stock project)

Semua ustaz hobinya pasti membaca. Makanya, menghadiahkan kitab turats atau buku bacaan padanya akan sangat bernilai untuknya. Dengan kamu memberikan kado itu, hobi sang ustaz akan terus terealisasikan. Semakin banyak kamu memberikan buku, maka semakin bahagia pula dia. Selain bermanfaat, nama kamu juga akan selalu dikenang ketika ustaz tersebut membuka buku yang kamu hadiahkan.

Baca Juga: 7 Cara Memanfaatkan Garam untuk Membersihkan Rumah

2. Mushaf Al-Qur'an

kado mushaf Al-Qur'an (pexels.com/RDNE Stock project)

Mushaf Al-Qur’an bisa dijadikan kado untuk pernikahan ustazmu. Tugasnya saja mengajarkan kebaikan dari Al-Qur’an dan Hadis, menghadiahkan mushaf padanya adalah objek yang tepat. Kado yang kamu berikan padanya akan selalu digunakan sepanjang waktu. Bahkan, selama mushaf itu selalu dibaca olehnya, kamu juga akan kebagian pundi-pundi pahala yang ia baca.

3. Jam tangan atau dinding

ilustrasi jam tangan (pexels.com/Pixabay)

Jam tangan dan dinding bisa menjadi opsi untuk dijadikan hadiah pernikahan pada gurumu. Sebagaimana kamu tahu, ustaz itu hidupnya disiplin, maka menghadiahkan jam tangan padanya sangat relevan di hari kebahagiaannya. Ia akan selalu memandang dan menggunakannya di sepanjang waktu. Jika kamu menginginkan jangkauan yang lebih banyak manfaatnya, jam dinding bisa kamu jadikan solusinya. 

4. Peralatan salat

ilustrasi kado pernikahan (pexels.com/Pixabay)

Ini yang paling banyak manfaatnya, yaitu memberikan kado pernikahan pada ustazmu berupa peralatan salat. Sebagaimana umumnya, ustaz adalah orang yang alim dan rajin ibadah, makanya menghadiahkan alat salat untuknya sangatlah tepat. Alat salat sendiri bisa berupa sajadah, gamis, sorban, sarung, peci atau songkok, baju koko atau baju muslim, hingga mukenah atau jilbab untuk sang istri.

5. Minyak wangi non alkohol

parfum kado pernikahan (pexels.com/Anastasia Nagibina)

Menggunakan wangi-wangian itu termasuk sunah Nabi Muhammad. Makanya, minyak wangi sangat cocok kamu hadiahkan pada guru ngajimu saat ia menikah. Jangan lupa, minyak wangi yang kamu hadiah itu non alkohol agar cocok digunakan untuk menunaikan salat. Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mengetahui merek yang disukainya, ya!

6. Gantungan kunci

ilustrasi gantungan kunci (pexels.com/Masood Aslami)

Gantungan kunci bisa kamu hadiahkan pada ustazmu saat ia menikah. Pilih gantungan kunci yang unik atau bernuansa islaminya kental, misalnya: menyerupai tasbih kayu, berlambang Ka’bah, mushaf Al-Qur’an, atau kalimat-kalimat zikir. Intinya, yang penting kado tersebut dapat membantu sang ustaz untuk selalu mengingat Allah dimanapun ia berada.

7. Alat minum sebagai cinderamata

ilustrasi mug cinderamata (unsplash.com/Wedding Photography)

Alat minum bisa kamu hadiahkan sebagai cinderamata pernikahan ustazmu. Kamu harus mengamati dulu, sang ustaz itu seringnya membawa alat minum apa, dan minuman apa yang disukainya. Jika ia sering meminum secangkir kopi, maka hadiahkan cangkir gelas dan sebungkus kopi juga. Ini memang tampaknya sederhana, namun di hati sang ustaz ini akan membekas dalam ingatannya karena keunikannya. Jangan lupa cetak fotonya di cangkir, ya!

8. Kemeja, batik, atau jas

ilustrasi kado pernikahan (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Memberikan kado berupa kemeja, batik atau jas pada ustazmu saat pernikahan akan sangat bernilai di lubuk hatinya. Ia akan selalu mengingat namamu ketika sang ustaz memakainya. Apalagi jika pemberianmu itu tampak mewah dan menjadi pakaian favoritnya, tentu sang ustaz akan merasa sangat bahagia. Bahagia sebab muridnya ada yang memahami kesukaannya.

9. Hiasan kaligrafi

ilustrasi kaligrafi (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Sebagaimana kamu tahu, hampir semua ustaz itu menyukai seni keindahan tulisan (khat). Makanya, ketika kamu menghadiahkan itu padanya, ia akan merasa tambah bahagia. Sebagai tanda terima kasihnya, biasanya sang ustaz akan memajangnya di ruang tamu supaya orang-orang yang bersilaturahmi kepadanya dapat membaca sepenggal ayat-ayat suci Al-Qur’an. Tentu ini akan sangat bermanfaat untuk orang banyak.

10. Alat tulis

ilustrasi kado alat tulis (unsplash.com/ Joanna Kosinska)

Ketika ustazmu menikah, alat-alat tulis bisa kamu hadiahkan untuk momen kebahagiaannya. Alat tulis bisa berupa buku diary, pulpen untuk menulis, pulpen untuk tanda tangan hingga spidol. Semua itu bisa kamu hadiahkan untuknya. Yang terpenting, jangan hadiahkan krayon untuk menggambar, ya!

Sejatinya, memberikan hadiah atau kado pada pernikahan seseorang tidak ada ketentuannya secara khusus, termasuk untuk ustaz. Meski demikian, membahagiakan seseorang itulah tujuan yang utama. Jika kamu mampu memberikan kado yang lebih istimewa dan mewah, itu lebih baik. Namun, kalau kamu menghendaki kado yang sederhana dan bermanfaat, maka 10 ide kado untuk ustaz yang menikah seperti penjelasan di atas bisa dijadikan rujukan.

Baca Juga: 7 Ide Kado untuk Pencinta Buku, Pasti Bikin Dia Senang!

Writer

Salaful Amin

Lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya