TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Ide Dekor Dapur Bernuansa Kayu dengan Konsep Modern Minimalis 

Gak harus etnik, kok 

remodelista.com

Mendengar nuansa kayu untuk dekorasi rumah, pasti yang akan sering terbayang adalah bentuk rumah etnik yang cenderung penuh ornamen dan terlihat mewah. Namun, kamu bisa membuat dekor ruangan bernuansa kayu yang cenderung modern minimalis. Tanpa banyak ornamen, rumah pun jadi lebih hangat dan menawan.

Mari memulainya dari dapur dulu. Berikut beberapa contohnya, jadikan inspirasi. 

1. Dapur ala kabin yang colorful

instagram.com/casaslanco/

Tidak harus warna kayu alami dan putih, kamu bisa kok memasukkan beberapa warna lain di dapurmu. Contoh di atas misalnya, memadukan kayu pinus berwarna terang dengan perabot bernuansa merah dan sage. 

2. Selain putih memang paling mudah memadukan warna kayu natural dengan metal

.instagram.com/studioshamshiri

Warna metal alami yang biasanya berwarna silver atau bronze ternyata jadi pasangan paling fleksibel untuk dapur yang berdinding kayu terang. Dipadu dengan lantai keramik bermotif papan catur yang warnanya senada. Dapur jadi lebih semarak, tanpa sedikitpun ada kesan norak. 

3. Nuansa outdoor ala rumah kaca di tengah hutan

instagram.com/studioshamshiri

Perpaduan rangka kayu dengan glass roof panel ternyata bisa menciptakan dapur bernuansa outdoor yang menawan. Padu dengan lantai berwarna concrete dengan warna netral. Untuk meja dan perabot lainnya, bisa gunakan warna-warna netral macam putih, kelabu, dan kayu. 

Baca Juga: 15 Desain Dapur Ngawur yang Bikin Emosi, Pengen Banting Piring!

4. Jendela besar bikin dapur tempat favorit untuk nongkrong

dwell.com

Buat dapur terbuka dengan meletakkan jendela besar di salah satu sisinya yang menghadap taman belakang rumah. Gunakan panel kayu sebagai penampang meja makan outdoor, tambahkan kursi dan rasakan suasana kafe di rumah sendiri. 

5. Kayu untuk atap dan meja dapur

myscandinavianhome.com

Selain granit, kamu bisa kok menggunakan kayu sebagai penampang meja dapur. Pastikan sudah dilapisi dengan coating yang tahan air. Sentuhan kayu juga oke dipasang pada bagian atap atau plafon dapur. 

6. Dapur ala kabin yang full kayu

remodelista.com

Dari dinding, meja, hingga lantainya memang full kayu. Ini memang rumah kabin dengan ukuran sempit, tetapi cukup untuk dihuni 1-3 orang. Silakan contek layout dapurnya jika kebetulan rumahmu semungil ini. 

7. Minimalis dan mewah dalam satu desain dapur

instagram.com/hofveld12

Rumah ini memang tidak sepenuhnya terbuat dari kayu, hanya bagian atap dan beberapa bagian rangkanya saja. Namun, bagian dapurnya dibuat dengan nuansa kayu yang kental terutama pada bagian kabinet penyimpanan. Dipadu dengan meja dari batu alam yang serasi dengan lantainya. 

Baca Juga: 10 Ide Desain Backsplash Minimalis agar Hadirkan Dapur Menarik

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya