TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Perlu Dihindari, Beri Kesan Buruk!

Jangan asal pilih, deh

ilustrasi ruang tamu berwarna putih (homesandgardens.com)

Ruang tamu merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyambut kedatangan tamu yang berkunjung, ruangan ini juga digunakan oleh pemilik rumah sebagai tempat untuk bersantai di malam hari atau akhir pekan.

Warna cat dinding menjadi salah satu aspek terpenting yang dapat memengaruhi suasana yang ingin diciptakan di dalam rumah. Apalagi, pemilihan warna cat dinding yang asal-asalan bisa menimbulkan suasana menjadi kurang nyaman. Nah, supaya gak salah pilih, berikut beberapa warna cat dinding untuk ruang tamu yang sebaiknya kamu hindari.

1. Merah

ilustrasi ruang tamu berwarna merah (livingetc.com)

Merah menjadi salah satu warna yang perlu kamu hindari untuk ruang tamu. Meskipun warna ini dapat membangkitkan energi dan keberanian, namun sulit untuk menawarkan ketenangan apalagi setelah kamu menjalani hari yang melelahkan.

Dikutip Homes and Gardens, Hilda Carroll, seorang pakar kesehatan dan desainer interior Hilda Carroll, memperingatkan bahwa merah merupakan warna yang bisa memicu stres. Hal ini karena dapat meningkatkan gairah dan kemarahan, serta bisa merangsang panas. Oleh karena itu, bukan pilihan yang baik untuk ruang tamu.

Apabila kamu menyukai warna merah dan tetap ingin menerapkannya. Carroll menyarankan untuk mengaplikasikan warna tersebut melalui beberapa furnitur, dekorasi, atau aksesori lain. Hindari mengaplikasikan warna tersebut pada area permukaan yang luas, termasuk yang paling mencolok, seperti dinding.

2. Hitam

ilustrasi ruang tamu berwarna hitam (homesandgardens.com)

Hitam menjadi salah satu kategori warna netral yang populer digunakan untuk dekorasi dan furnitur di dalam rumah. Namun, sangat pantang untuk diterapkan sebagai warna cat dinding di ruang tamu.

Ruang tamu sebagai sarana untuk bercengkrama bersama tamu sudah sepatutnya dapat menciptakan kondisi yang mendukung sekaligus menyenangkan. Menerapkan cat dinding berwarna hitam pada ruang tamu justru akan memberikan kesan suram dan dapat menyerap energi.

“Jangan gunakan warna hitam di seluruh dinding ruang tamu. Ini akan membuat ruang tamu kamu terasa gelap, suram, dan kusam,” ujar Nishtha Sadana, seorang desainer, dilansir Homes and Gardens.

Baca Juga: 9 Inspirasi Ruang Tamu Tema Vintage, Bikin Nostalgia Masa Kecil

3. Kuning

ilustrasi ruang tamu berwarna kuning (homesandgardens.com)

Sebagai tempat untuk menyambut kedatangan tamu, tentu kamu ingin membuat suasana ruang tamu tampak cerah sehingga mampu memancarkan aura positif di dalam rumah. Tak heran, bila warna-warna cerah, seperti kuning kerap dipilih oleh penghuni rumah untuk diterapkan.

Akan tetapi, para ahli interior menentang warna tersebut, lho. Hal ini lantaran efek yang ditimbulkan dari warna kuning membuatmu menjadi sangat bersemangat hingga memicu kewalahan.

Seorang psikolog, Lee Chambers dari laman Idealhome menyarankan, “Untuk berhati-hati dengan warna kuning cerah karena dapat membuat mata menjadi lelah dan menimbulkan gelisah, yang lagi-lagi tidak memungkinkanmu mengakses ketenangan seperti yang sering kamu dambakan saat masuk ke ruang tamu”.

Sebagai gantinya, kamu dapat memakai warna kuning mustard karena dinilai lebih kalem serta teduh dipandang. Dengan begitu, ruang tamu tidak hanya menyajikan suasana yang menyenangkan, tetapi juga terasa damai.

4. Putih Cerah

ilustrasi ruang tamu berwarna putih (homesandgardens.com)

Banyak orang setuju kalau putih menjadi salah satu warna yang paling bisa diandalkan serta aman digunakan pada setiap dinding ruangan. Meski begitu, ada jenis warna putih yang sebaiknya kamu hindari untuk ruang tamu, yaitu putih cerah.

Walaupun bisa membuat ruangan kecil terlihat luas, pengaplikasian warna tersebut pada ruang tamu akan memantulkan hampir semua cahaya yang menerpanya. Ini berarti bisa membuat ruangan tampak mencolok dan tidak berkarakter.

“Jika rumahmu dipenuhi ventilasi yang memungkinkan banyak cahaya alami masuk ke dalam ruangan, memanfaatkan warna putih sebagai cat dinding dapat menjadi pilihan. Namun, hindari warna putih cerah dan pilihlah warna putih yang lebih lembut,” ucap Patrick O’ Donnell dari merek cat Farrow & Ball, dikutip Livingetc.

5. Violet

ilustrasi ruang tamu berwarna violet (homesandgardens.com)

Warna selanjutnya yang harus dihindari untuk cat dinding di ruang tamu adalah violet. Terlebih, jika ruang tamu yang kamu memiliki berukuran kecil karena bisa membuat ruangan menjadi tampak lebih sempit dan tertutup.

“Violet bisa terlihat kusam jika digunakan dalam skala yang lebih besar, sama seperti warna hijau di siang hari. Ini kurang berkarakter dan bukan warna yang cocok untuk ruang tamu kecil, di mana setiap warna sangatlah penting,” jelas Jennifer Morris, seorang desainer interior JMorris Design, dikutip Livingetc.

Di sisi lain, warna yang terdiri dari kombinasi biru dan merah ini jika digunakan secara berlebihan malah bisa menciptakan interior terlihat norak. Jennifer menyarankan bila kamu menyukai warna violet, sebaiknya gunakan secukupnya, seperti diterapkan pada pintu, dekorasi atau karya seni dinding serta vas bunga.

Baca Juga: 11 Ide Ruang Tamu & Ruang Makan tanpa Sekat, Modern Hingga Industrial

Verified Writer

Delvi Ayuning

Menulis bukan hanya menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya