TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Rumah Tusuk Sate dan Mitosnya, Benarkah Bisa Membawa Sial?

Yuk, simak penjelasannya di sini!

ilustrasi rumah tusuk sate (pixabay.com/ariesjay)

Intinya Sih...

  • Rumah tusuk sate diyakini membawa energi negatif dan kesialan bagi penghuninya.
  • Bentuk jalan tusuk sate yang kompleks dapat menimbulkan masalah feng shui dan kemalangan.
  • Mitos seputar rumah tusuk sate termasuk kesialan, penyakit, kecelakaan, dan angker.

Ketika ingin membangun atau membeli rumah, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk mitos yang beredar. Salah satunya mengenai rumah tusuk sate.

Menurut mitos, rumah jenis ini diyakini bisa mendatangkan energi negatif kepada penghuninya, mulai dari memengaruhi stabilitas keuangan, kesehatan, hingga keharmonisan dalam keluarga.

Bahkan, sebagian masyarakat Indonesia percaya keberadaan rumah tusuk sate bisa membawa kesialan dan malapetaka bagi para penghuninya. Lantas, apa sebenarnya rumah tusuk sate dan apa saja mitos yang menyertainya? Yuk, ketahui lebih dalam melalui ulasan artikel di bawah ini!

1. Mengenal rumah tusuk sate

ilustrasi rumah tusuk sate (pexels.com/David McBee)

Mungkin kamu pernah mendengar istilah rumah tusuk sate. Namun, apakah kamu mengetahui arti dari rumah tersebut? Dikutip e-book berjudul Buku Lengkap Shio & Feng Shui oleh Tjahyadi Budi Santosa (2018), rumah tusuk sate adalah rumah yang posisinya menghadap langsung ke pertigaan jalan.

Sedangkan, jalan tusuk sate sendiri dikutip e-book berjudul Membongkar Mitos Feng Shui oleh Xiang Yi (2013), adalah jalan dengan arus yang mengarah dan berhenti di depan bangunan. Bentuk jalan tusuk sate bisa berbeda-beda, mulai dari yang paling sederhana seperti huruf I, T, atau V hingga yang rumit seperti huruf W atau X.

Meski begitu, menurut feng shui, energi yang datang dan pergi secara lurus cenderung tidak baik. Artinya, semakin rumit bentuk jalan tusuk sate, maka semakin banyak pula masalah yang ditimbulkannya.

Sebagian masyarakat juga masih menyakini bahwa rumah tusuk sate bisa mendatangkan banyak kemalangan. Menurut ahli feng shui, kemalangan tersebut dapat datang dari sikap atau tindakan penghuni rumah maupun orang lain yang lewat di depan rumah tersebut, seperti kecelakaan yang mengarah ke rumah.

Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi? Masih duikutip e-book berjudul Buku Lengkap Shio & Feng Shui oleh Tjahyadi Budi Santosa (2018), ahli feng shui menjelaskan beberapa penyebab rumah tusuk sate sering dianggap membawa sial. Berikut di antaranya:

  • Dikarenakan posisinya yang menghadap langsung (lurus) ke jalan utama, rumah tusuk sate tidak dapat menerima energi qi dengan baik. Artinya, energi qi yang seharusnya bisa masuk dengan baik, justru sudah rusak lebih dulu sebelum sampai ke dalam rumah.
  • Posisi rumah tusuk sate yang seperti tertusuk, sehingga akan menerima panah beracun (poison arrow).
  • Posisi rumah tusuk sate juga mendapatkan banyak serbuan angin dari arah jalan yang mengarah ke rumah tersebut, sehingga energi qi yang berada di dalam ruangan menjadi rusak.

2. Mitos rumah tusuk sate

ilustrasi rumah (pexels.com/Clay Elliot)

Hingga kini, mitos seputar rumah tusuk sate masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Adapun beberapa mitos rumah tusuk sate yang perlu kamu ketahui, yakni:

  • Sering dianggap bisa mendatangkan nasib buruk

Rumah tusuk sate sering dianggap bisa mendatangkan nasib buruk bagi para penghuninya. Hal ini juga sering dikaitkan bahwa rumah tusuk sate dapat membawa kesialan dan berbagai masalah hidup kepada penghuninya, mulai dari masalah kesehatan hingga keuangan.

  • Penghuninya dipercaya akan lebih mudah terkena penyakit

Para ahli feng shui menyebutkan, bahwa rumah tusuk sate memiliki aliran ‘chi’ yang sangat kuat, sehingga para penghuninya akan lebih mudah terkena penyakit. Namun di balik itu semua, faktanya lokasi rumah tusuk sate yang berhadapan langsung dengan jalan secara tegang lurus membuat rumah ini sering diterpa angin yang sangat kuat dari luar. Alhasil, debu dan kotoran mudah masuk ke dalam rumah sehingga membawa risiko penyakit.

  • Rawan terjadi kecelakaan

Banyak orang menyakini bahwa rumah tusuk sate rawan terjadi kecelakan. Tentu, ini tidak lepas dari posisinya yang berada di ujung pertigaan. Di mana, pengendara yang gagal mengendalikan laju kendaraannya saat hendak berbelok dapat melewati jalan dan menabrak rumah.

  • Sering dianggap angker

Beberapa orang meyakini bahwa rumah tusuk sate bisa menarik perhatian makhluk halus. Menurut ahli feng shui, ini disebabkan energi ‘chi’ yang kuat di rumah tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Bunga Bugenvil di Rumah, Ciptakan Taman yang Indah!

3. Ciri-ciri rumah tusuk sate

ilustrasi rumah tusuk sate (pexels.com/Drone Visionary)

Bagi kamu yang belum mengenal model rumah tusuk sate, berikut ciri-ciri rumah tusuk sate yang perlu diketahui:

  1. Berada di ujung persimpangan jalan berbentuk T, sehingga posisinya langsung menghadap ke jalan utama dengan dua jalan yang saling berpotongan di kedua sisinya.
  2. Rumah terasa lebih bising karena letaknya yang berada di ujung persimpangan dan dikelilingi jalan-jalan ramai dilewati oleh para pengendara ataupun pejalan kaki.
  3. Selain bising, rumah tusuk sate juga mudah kotor. Hal ini dikarenakan debu dan polusi yang lebih mudah masuk terbawa angin ke dalam rumah.
  4. Kurang memiliki privasi lantaran posisinya yang langsung menghadap ke arah jalan, sehingga bagian dalam rumah ini akan mudah terlihat oleh orang lain dari luar.
  5. Kerap dijadikan sebagai alternatif lokasi pemasangan iklan atau baliho.

Verified Writer

Delvi Ayuning

Menulis bukan sekadar menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya