TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Budidaya Ikan Laut, Bisa Dijadikan Alternatif Sumber Pangan

Permintaannya sangat tinggi

ilustrasi tambak ikan di dekat laut (wikimedia.org/Vera Kratochvil)

Membudidayakan ikan air tawar masih menjadi sebuah usaha tambak yang lebih umum dilakukan jika dibandingkan dengan ikan laut. Ya, cara, teknik, dan konsep pertambakan ikan laut jelas sangat berbeda dengan ikan air tawar pada umumnya. Di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, pembudidayaan ikan laut dilakukan di tambak, keramba, atau penangkaran yang dibuat persis di dekat laut.

Nah, sebetulnya bagaimana cara budidaya ikan laut secara umum? Apakah bisa dilakukan dengan simpel layaknya membudidayakan ikan air tawar? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 9 Cara Budi Daya Burung Walet, Punya Nilai Jual Tinggi

1. Budidaya laut dengan berbagai macam jenis ikan

ilustrasi hasil budi daya ikan laut (pixnio.com/Eric Grafman)

Layaknya ikan air tawar, jenis ikan laut yang dapat dibudidayakan juga rupanya cukup beragam. Hampir semuanya memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Pasalnya, ikan laut memang lebih digemari sehingga permintaannya di pasar pun juga tinggi. Sayangnya, hasil budi daya ikan laut biasanya tidak sebanyak tangkapan nelayan di tengah laut.

Nah, beberapa jenis ikan laut yang biasa dibudidayakan adalah kerapu, kakap, bandeng, cakalang, dan bahkan tongkol. NOAA Fisheries dalam lamannya mencatat bahwa pembudidayaan ikan laut dapat mencapai semua siklus kehidupan ikan, mulai dari pembiakan, pembibitan, pemeliharaan, hingga siap untuk dipanen.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini 7 Cara Budi Daya Sayur Sawi bagi Pemula

Verified Writer

Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya