TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Tanaman Pengusir Tikus, Dijamin Gak Bakal Balik!

Wajib kamu punya di rumah, nih!

Ilustrasi tikus (pexels.com/pixabay)

Intinya Sih...

  • Tanaman marigold mengandung senyawa yang dibenci tikus, sehingga bisa digunakan sebagai pengusir tikus di sekitar kebun dan batas rumah.
  • Bawang putih mengeluarkan bau menyengat dan dapat menyebabkan gejala anemia instan pada tikus, sehingga bisa digunakan untuk mengusir hama tersebut.
  • Tanaman ungu seperti lavender, serta tanaman jeruk seperti mint dan serai juga memiliki aroma yang tidak disukai oleh tikus, sehingga bisa digunakan sebagai penghalau tikus dengan menanamnya di sekitar rumah atau menggunakan minyak esensialnya.

Tikus menjadi salah satu hewan yang gemar membuat kerusakan, baik merusak peralatan atau makanan. Tentu hal tersebut sangat mengganggu, bukan?

Selain memanfaatkan obat pembasmi tikus, untuk kamu yang ingin cara lain, kamu bisa mencoba menanam tanaman pengusir tikus. Ada apa saja? Yuk, simak bersama. Dijamin tikus auto takut!

1. Marigold

Ilustrasi bunga marigold (pexels.com/pixabay)

Pertama, kamu bisa menanam marigold untuk mengusir tikus-tikus yang meresahkan di rumah. Apakah kamu familier dengan tanaman ini? Dilansir laman Homes and Gardens, Nicole Carpenter, seorang ahli pengendali hama, mengatakan bila marigold mengandung senyawa yang dibenci tikus.

"Marigold mengandung piretrum, senyawa yang digunakan dalam banyak pengusir serangga. Tanam marigold di sekitar kebun dan batas rumahmu untuk mengusir tikus dan hewan pengerat serta serangga lainnya," sarannya.

2. Bawang merah dan bawang putih

Ilustrasi bawang putih (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Secara khusus, bawang putih memiliki sejumlah senyawa sulfur yang mengeluarkan bau menyengat yang dibenci tikus. Demikian pula, bawang mentah yang dipotong mengeluarkan bau kuat yang dapat mengiritasi mata tikus dan mengusir mereka. Jika tertelan, itu bahkan bisa menyebabkan gejala anemia instan pada tikus yang membuat sel-sel mereka kekurangan oksigen.

Dilansir laman Tom's Guide, Cynthia Lawrence, seorang content editor, mengatakan, "Cukup ambil empat atau lima siung untuk dijadikan bubur, dan tambahkan ke dalam satu liter air dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutanmu di sekitar area yang sering dihinggapi tikus atau tempat-tempat yang mungkin dimasuki tikus. Rumahmu akan berbau bawang putih, tetapi itu adalah harga yang murah untuk mencegah hama!".

3. Lavender

Ilustrasi bunga lavender (pexels.com/pixabay)

Tanaman ungu yang cantik ini dikenal karena aromanya yang segar dan memenuhi udara. Meskipun aromanya yang bertahan lama menyenangkan untuk rumah kita, aromanya juga tidak disukai tikus. Oleh karena itu, cobalah menanam lavender di halaman belakang rumah atau kamu dapat menaburkan beberapa tangkai di sekitar pangkal tanaman yang sudah ada.

"Sebagai alternatif, kamu dapat mengisi kantong kecil dengan lavender kering, dan menaruhnya di tempat/celah yang kemungkinan besar dimasuki tikus. Atau, kamu dapat menyemprotkan minyak esensial lavender di sekitar rumah. Aroma yang kuat dan aromatik akan mengusir tikus," jelas Lawrence.

Baca Juga: 5 Perbedaan Tikus dan Celurut, Mereka adalah Dua Hewan yang Berbeda!

4. Mint

Ilustrasi daun mint (pexels.com/icon0 com)

"Mint, khususnya peppermint, mengandung mentol yang sangat tidak disukai tikus. Tanam peppermint di sekeliling propertimu agar lebih efektif. Dengan menanam mint secara strategis, kamu menciptakan pagar anti-tikus yang melindungi rumah dan area luar ruanganmu dari serangan tikus," jelas Nicole Carpenter, ahli pengendali hama, dilansir Homes and Gardens.

Kamu dapat menanam mint dengan berbagai cara, seperti menanam mint di dalam ruangan dan memindahkannya atau menanamnya langsung di luar ruangan sebagai bagian dari kebun dapur. Pastikan untuk memangkas tanaman mint untuk memanennya dan mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya