TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Bantal Sofa Ruang Tamu, Eye Catching dan Kece!

Bakal jadi fokus utama di ruang tamu

Ilustrasi bantal di sofa ruang tamu (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Memilih bantal sofa ruang tamu yang eye catching lebih dari sekadar unsur estetika. Ini adalah salah satu cara efektif untuk menampilkan karakter kamu di dalam ruang tamu. Saat membahas tentang desain interior, bantal sofa sering menjadi bagian terakhir yang untuk dipertimbangkan, padahal peranannya sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menarik. Pilih bantal yang tepat bisa berfungsi sebagai aksen yang mampu memberikan nuansa segar, gak monoton, dan memberikan sentuhan gaya yang unik.

Berbagai pilihan warna, pola, tekstur, dan bentuk yang tersedia, bantal sofa bisa jadi bahan yang eye catching dan bisa untuk memperkuat tema desain ruangan kamu. Selain itu juga bisa menjadi titik fokus visual yang sangat memikat. Nah, berikut adalah enam tips dalam memilih bantal sofa ruang tamu agar menarik secara visual dan tetap fungsional.

1. Pilih warna bantal yang kontras dengan sofa

Ilustrasi warna bantal kontras dengan sofa (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Agar bisa menciptakan bantal sofa yang eye catching, pilih warna yang kontras dengan warna sofa kamu adalah langkah awal yang efektif. Jika sofa kamu berwarna netral seperti, pilihlah bantal dengan warna yang mencolok.

Warna yang kontras bisa membuat bantal kamu lebih menonjol dan bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam ruangan kamu. Sebaliknya, jika sofa kamu berwarna cerah, cobalah untuk memilih bantal dengan warna yang lebih lembut atau yang sesuai dengan warna sofa agar tercipta suasan yang seimbang secara visual.

Baca Juga: 5 Pupuk Organik yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah, Jadi Lebih Hemat

2. Coba pilih bantal sofa dengan pola dan tekstur

Ilustrasi bantal sofa yang berpola (pexels.com/Designecologist)

Pola dan tekstur bisa menambah dimensi dan nuansa yang lebih dalam dengan desain interior kamu. Bantal dengan pola geometris atau floral bisa menciptakan elemen visual yang menarik.

Selain itu, coba padukan dengan berbagai tekstur, seperti beludru, linen, atau sutra, bisa memberikan sensasi yang berbeda dan membuat ruang tamu lebih dinamis. Coba lakukan eksperimen dengan kombinasi pola dan tekstur agar bisa menemukan bantal sofa yang sesuai dengan gaya dan suasana ruangan kamu. 

3. Pilih ukuran dan bentuk yang beragam

Ilustrasi bantal sofa dengan dua ukuran (pexels.com/Gabriela Pons)

Variasi dalam ukuran dan bentuk bantal sofa bisa menambah daya tarik visual dan juga bisa meningkatkan kenyamanan. Jangan hanya condong pada bantal sofa yang punya bentuk persegi yang standar saja. 

Kamu bisa mengganti bantal berbentuk bulat, panjang, atau bantal berbentuk persegi agar menciptakan tampilan yang lebih menarik. Memadukan berbagai ukuran, seperti bantal kecil dan bantal besar, juga bisa menambah tampilan visual yang unik dan membantu menciptakan tampilan yang lebih dinamis. 

4. Pilih bantal dengan bahan yang berkualitas

Ilustrasi merapikan bantal di ruang tamu (pexels.com/Gustavo Fring)

Kualitas bahan dari bantal sofa juga punya pengaruh terhadap tampilan ruangan, kenyamanan dan daya tahan. Bahan yang punya kualitas tinggi seperti beludru, kulit, atau linen bisa memberikan kesan mewah dan tahan lama.

Pastikan untuk memilih bahan yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan ruangan kamu. Misalnya, untuk ruang tamu yang memang sering digunakan, pilih bantal dengan bahan yang mudah untuk dibersihkan dan tahan lama.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya