TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Manfaat Tanaman Hias di Kolam Ikan, Tidak Hanya Mempercantik! 

Banyak manfaat untuk kolam ikan

ilustrasi kolam ikan (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Intinya Sih...

  • Kolam ikan di halaman rumah menambah kenyamanan dan keindahan
  • Tanaman di kolam ikan membantu menjaga kadar oksigen, memberikan perlindungan bagi ikan, dan menjaga suhu air
  • Pemilihan tanaman yang tepat juga dapat mengurangi pertumbuhan alga dan mencegah nyamuk berkembang biak

Memiliki kolam ikan di halaman rumah adalah pilihan tepat untuk kamu yang suka dengan rumah berkonsep alam. Selain menambah kenyamanan, kolam ikan juga dapat mempercantik halaman rumah. Apalagi, jika kamu menaruh berbagai macam tanaman di sekeliling atau di dalam kolam. 

Tidak hanya menambah kesan alami dan mempercantik kolam ikan, menghiasi kolam ikan dengan berbagai tanaman ternyata menyimpan banyak manfaat, lho! Simak alasan dan inspirasinya pada artikel berikut, ya!

1. Sumber oksigen bagi kolam ikan

ilustrasi kolam ikan (pexels.com/Dmitry Kharitonov)

Tidak hanya manusia saja, air di dalam kolam juga memerlukan banyak kadar oksigen. Hal ini berguna untuk kesehatan ikan. Oksigen di dalam air dapat mengikat karbon dioksida serta mengurangi nutrisi yang berlebih. Kamu bisa memilih jenis tanaman yang memproduksi oksigen alami seperti eceng gondok atau teratai. Selain bentuknya yang unik, kedua tanaman tersebut juga dapat membuat kolam ikan kamu jadi sehat.

Baca Juga: 5 Inspirasi Kolam Ikan di Rumah, Bikin Suasana Tentram!

2. Tempat berlindung yang aman untuk ikan

ilustrasi kolam ikan (pexels.com/energepic.com)

Tumbuhan adalah tempat berlindung alami untuk ikan. Itu sebabnya menghiasi kolam ikan dengan tanaman sangat penting dilakukan. Selain itu, tanaman juga merupakan tempat paling aman untuk ikan bertelur dan menjaga anak-anak mereka dari predator. Lili air atau apu-apu adalah dua dari banyak tanaman yang cocok untuk kamu jadikan hiasan di kolam. Kedua tanaman tersebut memiliki bunga yang indah serta daun yang cukup lebar sehingga dapat dijadikan tempat berlindung untuk ikan.

3. Menjaga suhu air tetap sejuk

ilustrasi ikan berteduh di tanaman (pexels.com/Magda Ehlers)

Selain menambah kesan estetik, tanaman di kolam ikan juga bermanfaat agar suhu air tetap sejuk. Banyak ikan sakit atau bahkan mati karena penyebab awalnya adalah suhu air di dalam kolam meningkat. Suhu air yang seimbang adalah faktor utama bagi kesehatan ikan. Pilihlah jenis tanaman yang memiliki daun cukup lebar seperti keladi air. Tanaman dengan daun lebar berguna untuk menjadi tempat berteduh ikan dan menghindari air kolam terkena paparan sinar matahari secara langsung.

4. Menjaga kualitas air dan keseimbangan ekosistem

ilustrasi ekosistem kolam ikan (pexels.com/Suki Lee)

Banyak orang membatalkan niat untuk membangun kolam ikan karena perawatannya yang dinilai sulit. Padahal, anggapan tersebut keliru. Kebersihan serta kualitas air bisa kamu jaga dengan hanya menaruh tanaman di dalam kolam. Selain itu, tanaman seperti apu-apu juga dapat mengurangi pertumbuhan alga di dalam kolam. Dengan begitu, keseimbangan ekosistem kolam pun terjaga dengan baik.

5. Sumber makanan alami untuk Ikan

ilustrasi kolam ikan (pexels.com/Min An)

Tidak melulu dari makanan buatan yang kamu beri, ikan juga memiliki makanan alami mereka sendiri. Beberapa jenis ikan seperti koi dan ikan mas gemar memakan daun muda atau akar tanaman. Selain tidak bergantung pada pemberian makanan, hal ini berguna juga untuk kebersihan kolam kamu. Tanaman seperti hydrilla dan eceng gondok memiliki akar yang cukup panjang dan lunak untuk dijadikan makanan ikan. Selain itu, kedua tanaman ini juga bagus untuk menambah kesan alami pada kolam.

6. Mengusir nyamuk atau serangga

ilustrasi kolam ikan (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Air menggenang, terutama yang kotor, adalah tempat favorit untuk nyamuk berkembang biak. Oleh karena itu, kamu bisa menaruh tanaman papirus untuk mencegahnya. Papirus bermanfaat untuk menjaga kualitas air sehingga bukan tempat yang ideal untuk nyamuk menaruh telurnya.Selain papirus, kamu juga bisa menaruh lavender air di kolam ikan. Tanaman ini memiliki aroma khas yang dipercaya dapat mengusir serangga. Daun dan batang lavender air juga memiliki senyawa alami yang tidak disukai oleh serangga.

Selain memilih jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan hiasan di dalam kolam, memilih jenis ikan juga perlu kamu perhatikan karena beberapa ikan tidak cocok untuk dipelihara di dalam kolam. Oleh karena itu, cobalah untuk mengkombinasikan jenis tanaman dan ikan yang cocok sebelum menaruhnya di dalam kolam.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kolam Ikan agar Tetap Bersih dan Bebas Lumut

Verified Writer

arief puji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya