TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Denim Agar Warna Tak Mudah Pudar dan Awet

Denim kesayanganmu akan tetap terlihat baru

ilustrasi celana jeans (pixabay.com/users/engin_akyurt-3656355/)

Intinya Sih...

  • Hindari mencuci jeans terlalu sering, semakin sering dicuci, semakin cepat warna jeans akan memudar
  • Membalik jeans sebelum dicuci dapat menjaga warna dan kualitas bahannya lebih lama
  • Pilih deterjen yang lembut, cuci dengan air dingin, dan hindari menggunakan pengering mesin untuk menjaga kualitas dan keindahan jeans denim

Jeans denim, memang menjadi favorit banyak orang. Namun, keindahan denim akan terjaga jika kita tahu cara merawatnya dengan benar.

Pernahkah kamu mengalami masalah dengan jeans yang warnanya cepat pudar atau bahannya yang mudah rusak? Tenang saja, dengan 5 tips sederhana berikut, kamu bisa menjaga kualitas denimmu agar tetap terjaga dan membuatmu tampil stylish setiap saat. Yuk, simak!

1. Jangan terlalu sering dicuci

ilustrasi sering mencuci (freepik.com/ CreativeDesign295)

Ini dia kunci utama agar warna jeans tidak cepat pudar. Sebisa mungkin, hindari mencuci jeans terlalu sering. Keringat dan noda ringan bisa kamu atasi dengan menyemprotkan sedikit air dan deterjen pada bagian yang kotor, lalu gosok perlahan.

Atau, kamu bisa menyimpannya di tempat yang sejuk dan berventilasi baik setelah digunakan. Ingat, semakin sering dicuci, semakin cepat warna jeans akan memudar.

2. Balik jeans sebelum dicuci

ilustrasi membalik jeans (freepik.com/ nastiklis1992)

Mengapa kita perlu membalik jeans sebelum dicuci? Ternyata ada alasan penting di balik kebiasaan ini. Membalik jeans sebelum dicuci dapat membantu menjaga warna dan kualitas bahannya lebih lama.

Ketika kita membalik jeans, bagian dalam yang biasanya bersentuhan langsung dengan kulit akan berada di luar. Hal ini mengurangi risiko warna memudar akibat gesekan dengan pakaian lain saat dicuci. Selain itu, bagian luar jeans yang lebih sering terkena kotoran akan terlindungi dari kerusakan akibat deterjen atau bahan kimia lainnya

3. Gunakan detergen yang lembut

ilustrasi detergen (freepik.com/ wayhomestudio)

Baca Juga: 8 Referensi Simple Look Celana Jeans ala Asha Assuncao

Untuk menjaga kualitas dan warna jeans agar tetap awet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan deterjen. Disarankan untuk menggunakan deterjen yang lembut saat mencuci jeans denim.

Deterjen yang lembut tidak akan merusak serat kain denim yang kuat, sehingga warna jeans tidak mudah luntur dan tekstur denim tetap terjaga. Selain itu, hindari menggunakan deterjen yang mengandung pemutih atau bahan kimia keras lainnya, karena dapat merusak warna dan melemahkan serat kain.

4. Cuci dengan air dingin

ilustrasi air dingin (freepik.com/ freepik)

Mencuci denim dengan air dingin adalah cara terbaik untuk menjaga warna dan tekstur asli dari bahan jeans kesayanganmu. Air dingin membantu mencegah lunturnya warna, terutama pada denim berwarna gelap.

Selain itu, suhu dingin juga lebih lembut pada serat denim, sehingga dapat memperpanjang usia pakai jeans. Tak hanya itu, mencuci dengan air dingin juga lebih hemat energi dibandingkan dengan menggunakan air hangat.

Verified Writer

Alira

Perempuan yang suka nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya