TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tanaman Rambat yang Cocok untuk Pergola

Bikin ruang terbuka semakin cantik!

Ilustrasi bougainvillea pada pergola (pixabay.com/Junaid A Yaraa)

Intinya Sih...

  • Pergola bisa digunakan untuk jalan taman, tambahkan tanaman rambat untuk kesan cantik dan teduh.
  • Bougainvillea cocok sebagai hiasan pergola dengan perawatan yang mudah.
  • Wisteria, Honeysuckle, Star Jasmine, Trumpet Vine, dan Climbing Rose juga cocok sebagai hiasan pergola dengan perawatan mudah.

Pergola menjadi salah satu fitur luar ruangan yang kerap digunakan sebagai tempat santai, penggunaan pergola sendiri tidak selalu digunakan pada halaman belakang saja. Tetapi penggunaan pergola juga bisa digunakan untuk jalan-jalan taman. Umumnya pergola sendiri terbuat dari kayu yang disusun secara vertikal maupun horizontal, namun untuk memberikan kesan lebih cantik kamu juga bisa menambahkan tanaman rambat. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, tanaman rambat juga berfungsi memberikan kesan yang teduh untuk area bawah pergola. Sedang mencari ide tanaman rambat, intip 6 ide tanaman rambat yang cocok untuk pergola berikut ini. 

1. Bougainvillea

Ilustrasi bougainvillea pada pergola jalan taman (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Tanaman ini memang paling banyak digunakan sebagai salah satu hiasan pergola, bukan karena kontras warna bunganya saja. Tetapi bunga yang dikenal dengan sebutan bunga kertas ini juga memiliki perawatan yang cukup mudah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hiasan pergola. Selain itu, bougainvillea juga memiliki banyak varian warna, yang mana hal tersebut memudahkan untuk memadukan warnanya dengan struktur pergola kamu. 

2. Wisteria

Ilustrasi wisteria pada pergola jalan (pexels.com/Nguyen Hung)

Wisteria memang menjadi salah satu tanaman rambat yang tidak kalah cantik dari bougainvillea, tanaman ini tumbuh dengan bunga berwarna ungu yang menggantung sangat cocok digunakan pada pergola jalan setapak. Kombinasi warna ungu dengan daun yang hijau memberikan kesan yang segar dan cantik, tentunya tanaman ini juga akan semakin memukau jika kamu memadukannya dengan pergola bercat putih atau hitam. 

3. Honeysuckle

Ilustrasi honeysuckle pada pergola taman (pexels.com/Vincent Nguyen)

Baca Juga: 9 Ide Desain Pergola Minimalis, Sejuk untuk Bersantai! 

Tanaman rambat satu ini juga cukup sering dijumpai pada pergola taman-taman kota, hal tersebut karena honeysuckle juga menjadi salah satu tanaman rambat yang cukup mudah dalam perawatannya. Maka tidak heran jika honeysuckle juga digunakan untuk hiasan pergola, tanaman ini menghadirkan bentuk bunga yang seperti tabung dengan perpaduan warna putih dan kuning atau orange. Tidak hanya itu saja honeysuckle juga menawarkan aroma yang menyenangkan dan beberapa warna cerah, sehingga sangat cocok jika digunakan pada pergola halaman belakang sebagai tempat santai. 

4. Star Jasmine

Ilustrasi star jasmin pada pergola jalan taman (pexels.com/with cloudd)

Sama seperti honeysuckle, star jasmine juga merupakan salah satu tanaman rambat yang sangat mudah dijumpai. Untuk kamu yang menyukai perpaduan warna putih dengan warna hijau dari daun yang lebat, star jasmine bisa jadi alternatif untuk hiasan pergola rumah kamu. Apalagi star jasmine juga memiliki aroma khas yang manis dan kuat, bahkan perawatan tanaman star jasmine sendiri juga cukup mudah.

5. Trumpet Vine

Ilustrasi trumpet vine pada pergola (pixabay.com/sarangib)

Lebih dikenal sebagai kembang terompet tanaman rambat satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai hiasan pergola, trumpet vine memiliki warna orange dan merah yang sangat cantik dengan bentuk tabung dan melebar pada bagian ujungnya. Tanaman bunga rambat ini juga termasuk dalam tanaman tropis, sehingga sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

Verified Writer

Ade Oktiana

Its me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya