TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Mudah Memilih Panjang Tirai yang Tepat, Mudah Diikuti!

Yuk, coba ikuti

Ilustrasi tirai atau gorden pada jendela kamar tidur (pexels.com/Douglas Rafael Fonseca)

Aspek lain dalam dekorasi interior adalah tirai atau gorden, hal ini juga sangat penting karena dapat memberikan efek tampilan yang jauh lebih menarik atau bahkan hidup. Namun perlu diketahui juga, memilih tirai yang tepat juga tidak cukup.

Hal tersebut karena tirai atau gorden juga memiliki panjang, maka dalam memilih panjang tirai juga tidak boleh asal atau sembarangan. Untuk menghindari tirai yang terlalu panjang atau menggantung, kamu bisa menyimak 5 langkah mudah memilih panjang tirai yang tepat berikut ini. 

1. Pertimbangkanlah ketinggian jendela dan langit-langit rumah kamu

Ilustrasi tirai atau gorden pada kamar mandi (pexels.com/Alexander F Ungerer)

Langkah awal sebelum membeli tirai atau gorden, pertimbangkan terlebih dahulu mengenai ketinggian jendela dan langit-langit rumah kamu.

Hal ini berguna untuk memperkirakan jenis tirai seperti apa yang kamu butuhkan, bahkan dengan mempertimbangkan ketinggian dan langit-langit rumah juga bisa memilih tirai yang lebih cocok dengan warna dinding. Sehingga pada hasil akhirnya dapat memberikan kesan yang sempurna pada rumah kamu, jadi lakukan langkah pertama ini, ya.

2. Jangan lupa untuk mengukur ukuran jendela

Ilustrasi tirai atau gorden pada jendela (pexels.com/Chris G)

Jika kamu sudah mempertimbangkan ketinggian jendela dan langit-langit rumah, tidak ada salahnya untuk mengukur ulang ukuran jendela. Tentunya langkah ini berguna untuk memastikan lebar dan tinggi jendela yang akan dipasang tirai atau gorden,  langkah ini juga bisa memastikan ukuran yang tepat untuk tirai atau gorden rumah kamu.

Bahkan hal ini bisa membantu kamu untuk menghindari tirai atau gorden yang memiliki panjang berlebih, agar mampu memberikan penampilan yang lebih baik. Umumnya, tirai akan dipasang 10 inci di atas jendela, atau 3 inci di bawah langit-langit ruangan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Jendela Kaca Besar yang Bikin Rumah Lebih Nyaman

3. Ukur juga ruang yang tersedia di sisi kanan dan kiri jendela

Ilustrasi tirai atau gorden pada jendela dapur (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Pastikan kamu tidak hanya mengukur tinggi jendela saja, tetapi juga mengukur sisi kanan dan kiri jendela juga. Hal ini berfungsi untuk memastikan lebar tirai atau gorden yang dibutuhkan, langkah ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan ukuran tirai atau gorden yang tepat. Namun, pastikan juga lebar tirai atau gorden tidak terlalu banyak, umumnya lebar yang digunakan sebesar 4 inch dari masing-masing sisi garis jendela.

4. Untuk tirai pintu, pastikan menyentuh lantai

Ilustrasi tirai atau gorden pada pintu (pexels.com/Wellington Silva)

Tirai atau gorden memang tidak selalu dipasang pada jendela saja, tetapi tahukah kamu bahwa baik tirai untuk jendela dan tirai untuk pintu memiliki perbedaan pemasangan. Jika tirai atau gorden untuk jendela hanya perlu berada 10 inci dari garis jendela, sementara tirai atau gorden untuk pintu harus menyentuh lantai.

Hal ini agar terlihat lebih rapi, namun perlu dicatat juga menyentuh lantai bukan berarti harus menyisakan lebih sehingga membuat menyapu lantai. Melainkan, hanya cukup sampai ujung tirai tepat berada 10 inci di atas permukaan lantai. 

5. Sesuaikan tirai yang digunakan dengan ruangan

Ilustrasi tirai atau gorden pada jendela kamar tidur (pexels.com/Curtis Adams)

Langkah terakhir, pastikan bahwa kamu memilih tirai yang tepat dengan jenis ruangannya. Karena setiap ruangan memiliki jenis ukuran tirai yang berbeda, misal saja seperti tirai untuk dapur dan kamar mandi.

Tentunya kedua ruangan ini tidak memerlukan tirai yang terlalu panjang atau hingga menutup seluruh jendela, tetapi kedua ruangan tersebut bisa menggunakan tirai atau gorden setengah jendela saja. Begitupun dengan ruang tamu atau ruang tidur, tentunya tirai yang digunakan pun ikut menyesuaikan. 

Mungkin sekilas tampak sepele, tetapi dengan tidak mengabaikan langkah-langkah tersebut kamu akan terbebas dari salah membeli ukuran tirai atau gorden. Jadi, sebelum membeli atau mengganti tirai atau gorden baru, pastikan untuk ikuti langkah-langkah mudah tersebut, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Jendela, Jangan Diabaikan!

Verified Writer

Ade Oktiana

Its me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya