TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Furnitur Luar Ruangan yang Cocok untuk Balkon

Wajib banget kamu coba nih!

Ilustrasi balkon dengan sofa (pexels.com/Oleksandr P)

Intinya Sih...

  • Balkon bisa digunakan sebagai tempat bersantai dengan meletakkan kursi lantai, pohon hiasan, dan rak buku.
  • Balkon juga bisa dijadikan tempat berkumpul keluarga dengan sofa set panjang, meja kopi, dan tanaman untuk kesan modern.
  • Gunakan furnitur built in atau potongan fleksibel untuk balkon yang kecil agar tetap nyaman dan segar.

Belakangan ini ada banyak orang yang memilih untuk membangun balkon pada rumahnya, hal itu karena balkon memiliki beberapa fungsi lainnya. Selain sebagai pelindung rumah, balkon juga bisa digunakan sebagai alat untuk menaikkan kualitas desain ruangan itu sendiri. Oleh sebab itu, tidak sedikit juga yang memilih untuk membangun balkon di atas rumahnya. Namun, belakangan ini juga banyak yang menggunakan  balkon sebagai tempat bercocok tanam. Jika kamu memiliki balkon, namun ingin menjadikannya balkon sebagai tempat santai beberapa ide furnitur luar ruangan di bawah ini bisa jadi alternatif. 

1. Jika kamu memiliki kursi lantai, tidak ada salahnya diletakkan di balkon

Ilustrasi balkon dengan kursi lantai (pexels.com/Evgenia Basyrova)

Balkon memang identik digunakan untuk tempat bersantai, oleh karena itu jika kamu memiliki balkon dan ingin menggunakannya sebagai tempat bersantai. Meletakkan kursi lantai sebagai tempat bersantai juga tidak ada salahnya, loh. Selain memberikan kesan yang cozy, menempatkan kursi lantai di balkon juga merupakan sebuah tren baru yang bisa kamu ikuti. Kamu juga bisa menambahkan beberapa pohon sebagai hiasan, dan juga rak buku untuk menyempurnakan balkon kamu. 

2. Kamu juga membuat ruang lounge dengan menggunakan sofa

Ilustrasi balkon dengan sofa (pexels.com/Matheus Bertelli)

Selain tempat bersantai, faktanya tidak sedikit juga yang memilih balkon sebagai tempat berkumpul keluarga. Bahkan, beberapa ada yang memilih balkon sebagai ruang tamu. Jika kamu memiliki balkon dan berniat untuk menjadikan balkon sebagai tempat berkumpul, kamu bisa menggunakan sofa set panjang, tidak lupa lengkapi juga dengan meja kopi dan beberapa tanaman agar memberikan kesan yang nyaman dan segar. Ide lounge dengan menggunakan sofa di balkon ini, selain memberikan kesan yang nyaman dan segar juga bisa menciptakan kesan modern dan minimalis. 

3. Menambahkan meja makan di balkon juga bisa memberikan suasana yang berbeda

Ilustrasi balkon dengan meja makan (pexels.com/Asiama Junior)

Baca Juga: 14 Pilihan Railing Balkon Minimalis, Bisa untuk Rumah Mungil!

Jika meletakkan meja makan tepat menghadap halaman belakang rumah, tentu sudah menjadi hal yang biasa. Mungkin sudah saatnya kamu mencoba meletakkan meja makan di balkon rumah, selain memberikan kesan yang segar hal ini juga memberikan pengalaman dan suasana yang berbeda. Hal itu karena jika meletakkan meja makan di balkon, tentu kita akan memberikan suasana seperti di restoran atau kafe. Selain memberikan kesan yang segar, ide ini juga memberikan kesan kekinian. 

4. Tambahkan kursi built in untuk berikan di balkon kamu agar terkesan modern

Ilustrasi balkon (pexels.com/Skylar Kang)

Furnitur built in memang memiliki beberapa keunggulan, salah satunya bisa dibongkar pasang. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki kursi built in tidak ada salahnya jika di letakkan pada balkon. Hal itu tidak hanya berfungsi sebagai tempat santai, tapi penampilan dari kursi built in ini juga bisa memberikan kesan yang modern bagi balkon kamu. Untuk menyempurnakan penampilan balkon kamu, kamu juga bisa menambahkan beberapa peralatan tambahan lainnya. Tidak lupa untuk selalu menambahkan tanaman hias untuk memberikan warna hijau dan kesan segar untuk balkon kamu.

Verified Writer

Ade Oktiana

Its me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya