TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Pekerjaan yang Overtime, Kenali Batas Diri

Yang lembur belum tentu selalu makmur

Ilustrasi kerja lembur (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap jenis pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Termasuk apabila kamu bekerja secara overtime, sehingga jelas memberikan efek kelelahannya tersendiri.

Sering kali kerja secara overtime banyak dipilih orang-orang karena dianggap lebih menjanjikan dari segi gaji. Jika kamu bekerja dengan sistem lembur, kamu mungkin dapat melakukan beberapa tips penting yang berikut ini.

Baca Juga: 5 Risiko Selalu Kerja Lembur, Hubungan dengan Keluarga Merenggang!

1. Membuat to-do-list yang jelas

ilustrasi menulis jurnal (pexels.com/@lilartsy)

To-do-list menjadi satu hal yang harus kamu persiapkan sebelum bekerja karena memang sangat penting. Nantinya to-do-list tersebut akan mengatur segala rencanamu dalam bekerja, sehingga gak sampai keteteran. Keberadaan to-do-list ini cukup krusial untuk memastikan bahwa semua pekerjaan dan urusan personalmu terkendali, meski pun harus bekerja secara overtime.

Baca Juga: 7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayar

2. Hindari segala macam distraksi

ilustrasi pusing dalam bekerja (pexels.com/@energepic.com)

Bekerja secara overtime jelas bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan jadwal bekerja yang terasa sangat panjang. Jika kamu tak pandai mengatur waktu, maka pekerjaan akan tercecer dan sulit terselesaikan dengan baik. Itulah mengapa sebaiknya kamu dapat menghindari segala macam distraksi agar pekerjaanmu selesai sebelum deadline yang diminta.

3. Mengonsumsi nutrisi yang cukup

ilustrasi waktu makan (pexels.com/@Jack-Sparrow)

Tubuh secara natural memiliki keterbatasannya tersendiri, apalagi bila sampai dipaksa bekerja secara overtime. Jelas saja kamu perlu mengonsumsi nutrisi yang cukup untuk menunjang tenaga dan konsentrasi. Jangan sampai bekerja secara overtime, namun tubuh tidak diberikan nutrisi yang cukup.

4. Jadwal tidur harus terpenuhi

ilustrasi orang sedang tidur (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Tidak dapat dimungkiri bahwa bekerja secara overtime memberikan efek yang sangat melelahkan pada tubuh. Apalagi jika sampai harus terjaga berjam-jam, sehingga jelas akan memberikan dampak yang kurang sehat. Inilah mengapa kamu perlu memenuhi jadwal tidur dengan baik, sehingga tak akan sampai menyebabkan masalah pada kesehatan.

Baca Juga: Perhatian! Pegawai Kerja di Libur Nasional Wajib Diberi Upah Lembur

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya