TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Atasan yang Melakukan Korupsi, Jangan Diam Saja!

Keputusan diam yang dilakukan bisa menjadi blunder

ilustrasi korupsi (pexels.com/@Tima_Miroshnichenko)

Tindak kejahatan yang ada di tempat kerja cukup beragam. Bahkan pelaku dari tindak kriminalitas yang ada di tempat kerja bukan hanya dilakukan oleh para pegawai saja, melainkan juga berpotensi dilakukan oleh atasannya.

Salah satu tindak kejahatan yang perlu diantisipasi adalah korupsi yang sangat merugikan bagi instansi terkait. Jika kamu menemukan bahwa atasanmu melakukan tindak korupsi, maka lakukanlah beberapa tips berikut ini dalam menghadapinya.

1. Cari tahu kebenarannya terlebih dahulu

ilustrasi pegawai (unsplash.com/@brucemars)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari berita yang kamu dengar. Berita mengenai tindak korupsi yang dilakukan oleh atasan jangan sampai hanya berupa gosip semata tanpa bukti yang jelas.

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari berikut tersebut sebelum bertindak, sebab jangan sampai salah dalam melakukan segala sesuatunya. Hal ini penting agar nantinya kamu bisa menentukan tindakan apa yang akan diambil.

Baca Juga: 10 Kegiatan Usir Bad Mood saat Pekerjaan Menumpuk, Stay Productive!

2. Jangan dijadikan sebagai bahan gosip

ilustrasi pegawai (unsplash.com/@anniespratt)

Terdapat dimungkiri bahwa memang isu-isu gosip yang ada di tempat kerja serasa menjadi hal paling umum yang terjadi. Hal ini karena memang masing-masing pegawai seolah saling bergosip mengenai hal tertentu, bahkan termasuk mengenai atasannya sendiri.

Jika kamu menemukan berita bahwa atasanmu ternyata melakukan tindak korupsi, maka jangan buru-buru menjadikannya sebagai bahan gosip dengan rekan kerja lain. Kamu tetap perlu menjaga berita tersebut terlebih dahulu agar nantinya tidak sampai menyebabkan blunder terhadap dirimu.

3. Hindari segala urusan keuangan dengan atasan

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/@karolina-grabowska)

Perlu dipahami bahwa tindak korupsi menjadi salah satu hal yang harus kamu antisipasi dengan cermat. Alasannya karena memang tindak korupsi ini bisa menyebabkan kerugian sekaligus menyeretmu ke dalam kasus tersebut.

Ada baiknya untuk menghindari segala urusan keuangan yang berkaitan dengan atasan agar kamu secara tidak langsung tak menerima uang korupsinya. Dengan begitu maka kamu jadi bisa terhindar dari risiko terseret masalah korupsi atasan.

4. Terapkan batasan yang jelas

ilustrasi berkonflik (pexels.com/@karolina-grabowska)

Bisa dipahami bahwa memang atasanmu memiliki peran yang cukup penting dalam setiap halnya. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa bukan berarti kamu bisa bersikap bebas dengan atasan sendiri, sebab tindakan tersebut bisa menjadi blunder terhadap dirimu sendiri.

Ada baiknya jika kamu dapat menerapkan batasan yang jelas dalam berinteraksi dengan atasan. Hal ini sangat penting agar nantinya kamu jadi tidak ikut terseret dalam kasus korupsi yang dialaminya.

Baca Juga: 5 Upaya Baik untuk Membantu Teman yang Belum dapat Pekerjaan

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya