TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Atasan Ceroboh, Harus Sabar!

Jangan ragu menegur atasan jika memang berbuat salah

ilustrasi marah (unsplash.com/@icons8)

Melakukan segala pekerjaan memang tidak akan pernah terlepas dari peran orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal ini bukan hanya berkaitan dengan sesama rekan kerja saja, melainkan juga berkaitan dengan atasan yang tentu bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Memang menghadapi atasan tidak semudah seperti yang dibayangkan apalagi karakternya yang cenderung berbeda dan sulit untuk ditebak. Namun, jika kamu memiliki atasan ceroboh, tips menghadapi atasan ceroboh berikut ini bisa kamu terapkan. Simak!

1. Hadapi dengan tenang

ilustrasi mengobrol (unsplash.com/@accuray)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tetap bersikap tenang dalam menghadapi setiap perilaku yang dilakukan oleh atasan. Meski mungkin kecerobohan atasan cukup memberikan dampak buruk terhadap pekerjaan, namun jangan sampai hal tersebut membuatmu jadi kehilangan rasa sabar.

Setidaknya jika kamu dapat bersikap lebih tenang maka kamu bisa menemukan solusi yang terbaik dalam menghadapi situasi seperti itu. Selain itu, kamu juga tidak bisa bersikap sembarangan dengan atasan sendiri, sehingga perlu cara-cara yang tepat dalam menghadapinya.

2. Ketahui letak kesalahannya

ilustrasi pusing bekerja (unsplash.com/@jeshoots)

Menghadapi atasan yang ceroboh memang mungkin buatmu sering merasa kesal sendiri, sebab pekerjaan jadi ikut terhambat dan bermasalah. Sebetulnya kamu harus benar-benar peka dalam menghadapi situasi yang seperti ini, termasuk dengan mencoba mengetahui letak kesalahan yang ada.

Setidaknya apabila kamu menemukan bahwa atasanmu mulai bersikap ceroboh maka kamu dapat temukan letak kesalahannya dan kemudian mencari solusi yang terbaik. Jangan sampai kecerobohan dari atasan dapat menyebabkan ffek domino terhadap pekerjaan.

Baca Juga: 5 Tips Menegur Atasan Tanpa Membuatnya Tersinggung, Penting!

3. Tegur atasan dengan cara yang sopan

ilustrasi event planner (pexels.com/@fauxels)

Atasan bukanlah manusia sempurna yang mungkin bisa melakukan setiap pekerjaan dengan baik tanpa ada kesalahan sedikit pun. Tentunya wajar apabila mungkin atasan memiliki sikap yang ceroboh dalam bekerja, terpenting kamu pun bersikap aktif dalam meluruskan hal tersebut.

Sebetulnya tidak ada masalah apabila kamu ingin menegur atasan, namun dengan cara-cara yang tentu tepat agar tidak sampai menyinggung perasaannya. Cara tersebut bisa dengan memberikan saran atau kritik yang membangun agar atasan pun bisa mengubah sikapnya tersebut.

4. Menjaga komunikasi dengan atasan

ilustrasi komunikasi di tempat kerja (unsplash.com/@tiend_)

Memiliki atasan yang ceroboh memang seolah memberikan tantangan tersendiri yang tidak mudah. Apalagi sering kali hal ini berdampak pada keputusan atau pun perintah yang diberikan oleh atasan kepada para pegawainya, sehingga kamu harus benar-benar mengantisipasinya dengan baik.

Salah satu cara dalam mengantisipasi hal tersebut bisa dilakukan dengan berusaha menjaga komunikasi yang baik dengan atasan. Setidaknya komunikasi tersebut akan membuatmu tidak sampai salah paham dalam mengerjakan pekerjaan, sehingga semuanya berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Sikap yang Perlu Diterapkan di Dunia Kerja, Rekan Jadi Respect!

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya