TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Boleh Meminta Kenaikan Gaji, Sudah Layak!

Kenaikan gaji disesuaikan dengan jabatan dan prestasi

ilustrasi uang (unsplash.com/@sharonmccutcheon)

Mendapatkan kenaikan gaji mungkin menjadi hal yang sangat didambakan oleh banyak orang, apalagi jika sudah bekerja dengan giat selama beberapa waktu ke belakang. Namun, banyak orang yang mungkin kerap ragu untuk meminta kenaikan gaji, entah itu karena takut ditolak atau pun takut mendapatkan stereotip tertentu.

Sebetulnya kamu tidak perlu merasa ragu untuk meminta gaji apabila memang dirasa sudah sangat layak dan bisa memberikan pencapaian yang diharapkan oleh perusahaan. Justru beberapa tanda berikut ini menunjukkan bahwa kamu sudah boleh meminta kenaikan gaji pada pihak perusahaan.

1. Tanggung jawab semakin meningkat

ilustrasi bekerja (unsplash.com/Austin Distel)

Setiap pegawai pasti memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda dan hal ini akan berdampak pada nominal gaji yang diterimanya. Sama halnya apabila kamu mungkin mengambil lebih banyak tanggung jawab di tempat kerja dibandingkan dengan jobdesc aslimu, sehingga membuatmu layak mendapatkan kenaikan gaji.

Biasanya semakin besar dan berat tanggung jawab seseorang, maka gaji yang diperolehnya pun akan lebih tinggi. Apalagi jika pekerjaanmu berkaitan untuk memimpin proyek besar, mengawasi tim, atau mengerjakan tugas-tugas tambahan lainnya, sehingga layak apabila kamu meminta kenaikan gaji.

2. Prestasi yang melebihi target

ilustrasi bekerja (unsplash.com/Brooke Cagle)

Prestasi memang menjadi hal yang biasanya akan sangat diperhatikan oleh pihak perusahaan pada saat akan menaikan gaji pegawainya. Tidak mengherankan apabila kamu memang harus bisa memeroleh prestasi yang konsisten atau bahkan melebihi target yang memang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga ini menandakan bahwa kamu memiliki nilai lebih untuk perusahaan tersebut.

Prestasi yang melampaui ekspektasi biasanya dapat membuktikan efektivitas dan juga dedikasi selama proses bekerja, sehingga akan terus membawa dampak yang positif. Hal inilah yang mungkin bisa menjadi argumen kuat untukmu dalam berdiskusi untuk meminta kenaikan gaji selanjutnya.

Baca Juga: 3 Tips Menikmati Hidup meski Gaji Kecil, Jangan Lupa Bahagia!

3. Pengalaman dan keahlian yang semakin meningkat

ilustrasi bekerja (unsplash.com/@convertkit)

Perusahaan sudah pasti menginginkan pegawai yang memiliki kompetensi baik, sehingga nantinya akan sangat mendukung segala proses bekerja yang dilakukan setiap harinya. Seiring berjalannya waktu mungkin keterampilan yang dimiliki pegawainya akan terus berkembang dan semakin luas, sehingga hal ini akan membawa dampak yang signifikan terhadap keberhasilan perusahaan.

Jika memang kamu merasa bahwa keahlian dan juga pengalamanmu semakin berkembang secara signifikan sejak mulai bekerja, maka hal tersebut bisa menjadi alasan yang cukup kuat untuk meminta kenaikan gaji. Bagaimana pun juga perusahaan sudah semestinya dapat mengakui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari pegawainya.

4. Perubahan pada standar industri

ilustrasi bekerja (unsplash.com/Annie Spratt)

Setiap perusahaan memang memiliki target tersendiri yang mungkin ingin dicapai pada periode periode tertentu. Namun, biasanya hal ini juga akan mengikuti standar industri yang ada, sebab hal tersebut dinilai sangat dinamis dan harus terus mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Jika memang kamu merasa bahwa ada perubahan dalam standar industri yang membuat gaji rata-rata untuk posisi milikmu turut meningkat, maka hal tersebut bisa menjadi alasan yang cukup kuat agar dapat meminta kenaikan gaji. Hal ini bertujuan agar semangat bekerjamu pun tetap terjaga dengan baik melalui penggajian yang sesuai dengan standar yang ada.

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya