TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Risiko Jika Kamu Sering Menunda Pekerjaan, Rentan Stres!

Kebiasaan menunda pekerjaan semestinya harus dihindari

ilustrasi malas bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang sering kali terdengar sepele. Padahal, hal itu dapat membawa dampak yang merugikan, entah itu secara pribadi atau pun profesional. Sebetulnya kebiasaan menunda pekerjaan ini memang dapat memberikan kepuasan sesaat karena kamu memiliki waktu lebih untuk bersantai, namun bisa memberikan resiko jangka panjang yang justru menimbulkan berbagai masalah.

Tidak mengherankan apabila kebiasaan muda pekerjaan harus dihindari karena dapat menyebabkan berbagai efek domino dalam urusan pekerjaan sehari-hari. Oleh sebab itu, kamu harus tau beberapa risiko berikut ini yang mungkin akan kamu hadapi jika terlalu sering menunda pekerjaan yang ada.

1. Meningkatkan risiko stres dan cemas

ilustrasi malas bekerja (pexels.com/Tiger Lily)

Menunda pekerjaan memang biasanya dapat menyebabkan tenggat waktu yang dimiliki menjadi semakin dekat, sehingga akan memberikanmu tekanan besar di menit-menit akhir. Menunda pekerjaan bukan tidak mungkin jika kamu akan memiliki perasaan terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada, bahkan cenderung berada di bawah tekanan yang mungkin dapat menimbulkan stres dan juga cemas.

Bukan tidak mungkin jika kondisi stres dan kecemasan tersebut dapat mengganggu kondisi mentalmu, bahkan membuatmu jadi mudah merasa cemas atau pun kewalahan. Selain itu, stress berkepanjangan akibat kebiasaan menunda pekerjaan bisa memengaruhi kualitas tidur atau pun keseimbangan emosional, sehingga hal ini harus dihindari.

2. Menurunkan kualitas pekerjaan

ilustrasi berkonflik (pexels.com/Antoni Shkraba)

Menunda pekerjaan di menit menit akhir seringkali membuatmu jadi tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan baik. Hal ini karena waktu yang terbatas mungkin akan membuatmu jadi tidak memiliki kesempatan untuk memeriksanya kembali dan terkesan menyelesaikan segala sesuatunya dengan terburu-buru, sehingga memberikan hasil pekerjaan yang kurang akurat.

Kualitas pekerjaan yang menurun ini biasanya juga terkait dengan minimnya kreativitas dan juga pemecahan masalah, sehingga membuat mu jadi seolah dikejar kejar waktu dan tidak bisa memberikan hasil kerja yang maksimal. Bukan tidak mungkin jika pihak perusahaan akan merasa kecewa dengan hasil kerja yang kamu berikan.

Baca Juga: 5 Kebebasan Dirasakan Saat Menekuni Pekerjaan Bidang Kreatif

3. Mengganggu manajemen waktu yang kamu miliki

ilustrasi malas bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebetulnya sangat penting sekali untuk bisa mengenali bagaimana caranya melakukan manajemen waktu yang matang. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan yang ada dengan baik, sehingga tidak sampai dikejar-kejar oleh deadline yang menunggu dan hasil kerja pun akan tetap memuaskan.

Sayangnya jika kamu terus menerus melakukan kebiasaan menunda pekerjaan, maka hal ini hanya akan membuat jadwal kerja menjadi tidak teratur, bahkan tugas-tugas yang ada jadi semakin menumpuk. Sudah pasti hal tersebut dapat menimbulkan kehilangan kendali atas manajemen waktu yang ada, sehingga membuat mu jadi semakin sulit untuk menyelesaikan semua pekerjaan secara tepat waktu. Pada akhirnya kebiasaan menunda kerjaan justru hanya akan membuatmu menjadi lebih sibuk dan tidak efisien dalam mengatur tanggung jawab sehari-hari.

4. Menurunkan motivasi dan juga produktivitasmu

ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada saat bekerja tentunya kamu membutuhkan motivasi dan produktivitas yang tinggi, sebab inilah yang akan menentukan kualitas dari hasil pekerjaanmu. Namun, kebiasaan mudah pekerjaan ternyata dapat membuatmu jadi kehilangan momentum dan juga motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Bukan tidak mungkin jika semakin lama tugas ditunda, maka semakin berat pula untuk memulainya. Akibat dari hal ini tentu dapat menurunkan produktivitasmu karena semakin banyak waktu yang terbuang untuk kebiasaan menunda-nunda. Selain itu,  rasa malas yang dimiliki juga hanya akan merusak ritme kerja, sehingga membuat mu jadi lebih rentan kehilangan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Kebiasaan mudah pekerjaan ternyata dapat membawa berbagai dampak negatif yang serius, khususnya terhadap produktivitas, kesehatan mental, hingga kualitas kerja. Oleh sebab itu, jika kamu dapat memahami segala risiko yang mungkin terjadi, maka dapat lebih termotivasi untuk menghilangkan kebiasaan tersebut dan mulai bekerja secara lebih efektif. Hindari kebiasaan menunda pekerjaan!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Negosiasi Gaji di Pekerjaan Baru, Jangan Terlalu Rendah!

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya