TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Produktivitas Kerja Terus Menurun, Kurang Motivasi!

Cari solusi agar produktivitas meningkat

ilustrasi bekerja (unsplash.com/Lala Azizli)

Produktivitas dalam bekerja merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan keberhasilan suatu pekerjaan. Semua pegawai memang akan dituntut untuk memiliki produktivitas kerja yang baik agar segala pekerjaannya berjalan dengan lancar tanpa masalah, termasuk hasil kerja yang diberikan.

Seiring berjalannya waktu mungkin rutinitas yang dimiliki seolah terus monoton dan menyebabkan produktivitas dalam bekerja jadi terus menurun, sehingga mengganggu banyak hal. Biasanya penurunan produktivitas dalam bekerja bisa diakibatkan karena beberapa penyebab utama berikut ini, sehingga perlu segera dicari solusi yang terbaik.

1. Mengalami kondisi kelelahan dan stres

ilustrasi pusing bekerja (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Stres dan kelelahan merupakan hal yang mungkin sering dialami oleh banyak orang pada saat bekerja, sehingga merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi. Sebetulnya penyebab stres dan kelelahan ini bisa diakibatkan karena beban kerja yang berlebihan, tekanan mengenai deadline, hingga minimnya dukungan yang berdampak pada produktivitas.

Sudah semestinya memang kelelahan fisik dan mental ini dapat segera diatasi dengan berbagai cara agar tidak menyebabkan penurunan produktivitas. Tentunya jika stres dan kelelahan bisa diatasi dengan baik, maka pegawai pun bisa bekerja kembali dengan lebih efektif dan efisien.

2. Kurangnya motivasi dalam bekerja

ilustrasi malas bekerja (pexels.com/cottonbro studio)

Motivasi merupakan hal penting yang sudah semestinya dimiliki oleh semua pegawai dalam melakukan pekerjaannya dengan baik. Motivasi mungkin dianggap hal sepele, padahal ternyata membawa dampak yang sangat besar terhadap hasil pekerjaan yang diperoleh karena berkaitan dengan produktivitas.

Jika kamu mengalami kurangnya motivasi dalam bekerja, maka wajar apabila semangat bekerja pun akan menurun dan pada akhirnya kamu jadi terus mengalami penurunan produktivitas. Oleh sebab itu, selalu temukan berbagai motivasi penting dalam bekerja agar kamu bisa terus semangat dan tidak mengalami adanya penurunan pada produktivitas bekerja.

Baca Juga: 5 Alasan Pria Harus Bisa Memasak dan Melakukan Pekerjaan Rumah 

3. Lingkungan kerja yang tidak kondusif

ilustrasi berkonflik (pexels.com/Yan Krukau)

Lingkungan kerja yang tidak kondusif merupakan awal dari penurunan produktivitas kerja yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini sering terjadi karena memang kebanyakan pegawai pasti menghabiskan waktunya di lingkungan kerja, sehingga membawa pengaruh yang sangat besar.

Jika lingkungan bekerja tidak kondusif, maka wajar apabila akan mengalami rasa tidak nyaman selama proses bekerja tersebut. Hal ini semakin diperparah apabila lingkungan kerjanya tidak kondusif, seperti misalnya suasana yang terlalu bising, pencahayaan yang buruk, hingga fasilitas yang tidak memadai, sehingga mengganggu konsentrasi dan menyebabkan penurunan produktivitas.

4. Fasilitas bekerja yang tidak memadai

ilustrasi bekerja (unsplash.com/charlesdeluvio)

Setiap proses bekerja yang dilakukan di kantor biasanya membutuhkan peralatan tersendiri, sehingga umumnya memang dipersiapkan oleh pihak perusahaan. Fasilitas tersebut mencakup ruang kerja yang memadai beserta dengan berbagai fasilitas teknologi dan elektronik yang penting untuk digunakan.

Sayangnya jika perusahaan tidak mampu mempersiapkan fasilitas dan teknologi yang memadai, maka hal ini akan memperlambat proses bekerja. Ketidakmampuan inilah yang pada akhirnya akan menurunkan produktivitas dalam bekerja, sehingga membuat hasil bekerja yang diberikan jadi tidak maksimal.

5. Tidak mendapatkan pelatihan apa pun

ilustrasi kantor (unsplash.com/Alex Kotliarskyi)

Sudah semestinya pihak perusahaan dapat mempersiapkan pelatihan khusus melalui workshop yang mungkin dapat diikuti oleh semua pegawai. Tujuan dari pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas dalam bekerja, sehingga tidak akan menyebabkan hambatan atau kesulitan dalam bekerja, sehingga bisa membuat hasil bekerja pun jadi jauh lebih optimal.

Sayangnya tidak semua perusahaan menyediakan kualitas pelatihan yang memadai, bahkan tidak sedikit pula yang tidak menyediakannya sama sekali. Selain itu, ada pula pegawai yang menolak untuk mengikuti pelatihan, sehingga hal ini membuat mereka jadi tidak berkembang dan pada akhirnya tidak bisa meningkatkan produktivitas yang ada.

Hal-hal di atas sering menjadi penyebab dari seseorang mengalami penurunan produktivitas dalam bekerja. Tidak mengherankan jika kualitas bekerja akan sangat berpengaruh apabila produktivitasnya menurun dengan drastis. Apakah kamu pernah mengalami penurunan dalam bekerja?

Baca Juga: 7 Kemampuan Wajib Dilatih Fresh Graduate agar Mudah Mendapat Pekerjaan

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya