TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Melamar Pekerjaan Pertama Kali

Persiapkan segala sesuatunya dengan baik agar tetap lancar

ilustrasi pegawai (pexels.com/Rebrand Cities)

Melamar kerja untuk pertama kali menjadi hal paling menegangkan bagi banyak orang, apalagi hal tersebut merupakan langkah penting dalam memulai karier. Sering kali proses tersebut dirasa tidak mudah karena melibatkan berbagai macam hal, termasuk persiapan dokumen, pencarian peluang yang paling tepat, hingga mempersiapkan untuk wawancara yang nantinya akan dilakukan.

Segala hal yang berkaitan dengan lamaran kerja tentu harus dipersiapkan dengan matang agar kamu bisa lebih percaya diri dan dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang dinginkan. Ada beberapa tips penting berikut ini yang perlu kamu persiapkan dalam melamar pekerjaan pertama kali agar nantinya berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Teknik Mindfulness Simpel untuk Mengurangi Stres di Tempat Kerja 

1. Membuat CV dan surat lamaran yang menarik

ilustrasi CV (pexels.com/@cottonbro)

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan pada saat melamar kerja adalah dengan mempersiapkan CV dan juga surat lamaran. Bagaimana pun juga CV dan surat lamaran tersebut ternyata dapat mencerminkan kapasitasmu dalam melamar pekerjaan yang ada, sehingga nantinya kamu bisa dipertimbangkan oleh pihak perusahaan terkait lamaranmu.

Pastikan bahwa CV yang kamu miliki memang ringkas, jelas, dan dapat mencerminkan informasi personal, pengalaman yang relevan, hingga pendidikan. Selain itu, untuk surat lamaran harus menyampaikan motivasimu dalam melamar posisi tersebut, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perusahaan. Selain itu, gunakan bahasa profesional dan selalu periksa kembali CV dan surat lamaranmu agar tidak sampai ada kesalahan pengetikan atau tata bahasa.

2. Persiapkan diri untuk melakukan wawancara

ilustrasi wawancara (unsplash.com/ Amy Hirschi)

Salah satu bagian yang cukup menantang bagi orang-orang pada saat pertama kali melamar kerja adalah proses wawancara. Wawancara pada dasarnya merupakan kesempatan untuk bisa menunjukkan etos kerja, kepribadian, hingga keseriusan dalam melamar pekerjaan yang dinginkan.

Kamu bisa terlebih dahulu memahami apa yang menjadi kelebihanmu dalam posisi tersebut agar nantinya dapat ditunjukkan pada pihak perusahaan. Selain itu, belajarlah untuk berbicara dengan jelas dan lugas agar nantinya apa yang kamu jawab dapat meyakinkan pihak perusahaan untuk menerimamu bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Waktu antara Kuliah, Organisasi, dan Kerja Part Time

3. Lakukan riset mengenai perusahaan yang dituju

ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Satu hal penting yang perlu kamu persiapkan dengan teliti adalah informasi yang berkaitan dengan perusahaan atau pun industri yang akan kamu lamar. Ternyata mengetahui informasi tersebut dapat menjadi nilai tambah tersendiri yang nantinya dapat membantumu dalam mengesankan pihak perusahaan.

Kamu bisa menunjukkan bahwa memang kamu benar-benar serius dan tertarik dengan bidang tersebut, termasuk dalam mencari tau visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Setidaknya hal tersebut akan memberikan keunggulan tersendiri yang nantinya akan membuat perusahaan semakin yakin untuk menerimamu sebagai salah satu pegawainya.

4. Persiapkan portofolio jika diperlukan

ilustrasi CV (pexels.com/@cottonbro)

Ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan portofolio apabila ada seseorang yang ingin melamar pekerjaan tersebut. Biasanya jika kamu bekerja di bidang kreatif atau teknis, seperti desain grafis, pengembangan web, hingga penulisan, maka akan diperlukan portopolio untuk dipersiapkan dengan cermat.

Portofolio setidaknya dapat memberikan gambaran konkrit terhadap kemampuan dan juga hasil kerjamu, sehingga bisa kamu tunjukkan saat melamar nanti. Selain itu, pastikan bahwa portofolio yang dibuat mencakup karya terbaik yang relevan dengan pekerjaan nantinya kamu lamar, sehingga bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya