TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Persiapan Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN, Simak Caranya!

Gak hanya latihan, tapi bisa juga manfaatkan media sosialmu

ilustrasi sukses tes BUMN (pexels.com/RDNE Stock project)

Siapa yang berhasil lolos ke tahap kedua tes BUMN, nih? Pada tahap ini kalian akan ada tes bahasa inggris dan learning agility. Pastinya setiap tahap tes pasti butuh persiapan yang matang agar lolos ke tahap selanjutnya.

Tes bahasa inggris atau biasa disingkat TBI BUMN ini memang butuh persiapan dibandingkan tes sebelumnya. Hampir sama seperti tes TOEFL atau IELTS, latihan akan jadi kunci utama agar terbiasa mengerjakan tes bahasa inggris ini. Gak hanya itu, ada serangkaian tips persiapan TBI ini agar waktu belajarmu efektif dan eisien. Yuk, simak selengkpanya.

Baca Juga: Beasiswa Aperti BUMN 2024 Telah Dibuka, Ada Bantuan Dana Full!

1. Pelajari cakupan materi yang keluar dan bentuk soalnya

ilustrasi mempelajari cakupan materi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal yang paling utama adalah kamu harus tahu dahulu cakupan materi TBI yang keluar. Apakah mencangkup listening, writing, reading atau hanya sebagian yang keluar. Lalu pelajari perkiraan bentuk soal yang keluar sesuai cakupan materi tadi.

Nah, kamu bisa langsung menggunakan mesin pencarian untuk belajar cakupan dan bentuk soal ini. Kemudian perhatikan juga bobot masing-masing tes ini. Ini menjadi kunci mana yang harus kamu utamakan. Biasanya informasi ini juga ada pada laman website rekruitmen BUMN.

2. Gunakan sosialmu untuk mendapatkan informasi seputar tes

ilustrasi pengaruh sosial media (pexels.com/Magnus Mueller)

Media sosialmu bisa juga menjadi sarana kamu belajar. Justru dari sini kamu bisa dapat informasi lebih akurat tentang TBI tahun sebelumnya dan tips mengerjakannya. Bisa juga sharing materi bahkan latihan bersama TBI BUMN berdasarkan tahun-tahun sebelumnya.

Banyak sekali grup atau komunitas ini di berbagai media sosial. Mulai dari X atau Twitter bahkan juga Telegram. Jadi, manfaatkan media sosialmu untuk mencari tahu TBI ini dan jangan takut cobalah ikuti dan berdiskusi bersama di grup atau komunitas ini.

Baca Juga: Cara Cek Hasil Tes Online 1 BUMN 2024, Catat Jadwal Tes Kedua 

3. Banyak menonton video tutorial atau pembahasan tes

ilustrasi menonton video tutorial (pexels.com/SHVETS production)

Video tutorial atau pembahasan tes ini juga banyak tersedia di platform YouTube maupun Tiktok. Tinggal pilih mana yang buatmu nyaman. Terutama di YouTube banyak sekali playlist yang dibuat baik oleh pribadi maupun lembaga yang menyajikan video tutorial ini.

Justru di video ini pun terkadang diberikan juga bagaimana strategi efektif dalam mengerjakan TBI BUMN ini. Terkadang ada juga yang membuat prediksi soal juga dan pembahasanya, lho. Sehingga kamu jadi tahu strategi mana yang bisa kamu lakukan agar menghadapi TBI BUMN dengan maksimal.

4. Sering membaca artikel atau jurnal berbahasa inggris

ilustrasi membaca artikel (pexels.com/alleksana)

Membaca artikel atau jurnal ilmiah berbahasa inggris jadi cara kamu membiasakan diri dengan teks panjang bahasa inggris. Di mana dalam teks ini akan ada banyak tata bahasa inggris yang lebis kompleks dan kosa kata baru yang bisa kamu pelajari.

Dikutip dari channel YouTube BerASN, TBI BUMN pada bagian reading teks biasanya akan banyak tes panjang yang kompleks. Nah, membiasakan dengan teks panjang ini akan meminimalisir kepanikan dan lebih tahu bagaimana kunci cepat membaca teks bahasa inggris. So, kamu jadi lebih tenang dan fokus jika sudah terbiasa dengan long text kompleks.

5. Perbanyak kosa kata bahasa inggris dan pelajari padanan katanya

ilustrasi mempelajari kosa kata asing (pexels.com/Ivan Samkov)

Jangan lupa juga kamu juga harus memperbanyak vocabulary atau kosa kata bahasa inggris yang lebih luas. Apalagi sinomim kata dalam bahasa inggris, hal ini jadi kunci karena banyak soal dan teks yang mungkin saja muncul dalam bentuk sinonim ini.

Buatkah catatan setiap kata yang kamu temukan dan maknanya. Gak hanya itu kamu juga harus mencari persamaan kata lainnya dalam bahasa inggris. Nah, untuk mencari sinonim ini kamu bisa memanfaatkan kamus online seperti merriam-webster.com atau juga oxfordlearnersdictionary.com.

5. Berani ikuti tryout baik yang gratis maupun berbayar

ilustrasi mengikuti tryout (pexels.com/fauxels)

Terakhir, mulailah berani ikuti simulasi TBI BUMN. Jika memungkinkan kamu bisa mengikuti tryout berbayar karena biasanya akan ada pembahasan dan evaluasi mana materi yang belum kamu kuasai. Tenang, jika tidak memungkinkan juga ada banyak tryout gratis yang disediakan personal maupun lembaga, kok.

Jadi, gak ada alasan lagi buatmu untuk gak ikut latihan dan uji coba soal. Karena, dari ikut tryout ini kamu akan mengetahui mana sampai mana kapabilitasmu dalam TBI. Kamu jadi tahu materi mana yang harus lebih kamu kuasai dan pelajari lagi.

Dari sekian tips persiapan di atas kamu akan tahu kemampuanmu dan strategi efektif dalam menghadapi TBI BUMN nantinya. Jadi, mulai dari sekarang dan semoga tips di atas cukup membantumu untuk lolos ke tahap selanjutnya, ya!

Baca Juga: Relawan Bakti BUMN – PNM Tumbuhkan Asa di Desa Nepal Van Java

Verified Writer

Siti Nur Holifah

Kata YoungK harus tetap stay healthy stay happy! Semangat!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya