TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu SKTT PPPK? Berikut Penjelasannya!

Tes terakhir di seleksi PPPK

ilustrasi melakukan riset (pexels.com/cottonbro studio)

Intinya Sih...

  • SKTT PPPK merupakan tahap akhir seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang memenuhi standar kualifikasi, kualitas kinerja, dan kompetensi.
  • Tes SKTT PPPK diselenggarakan oleh instansi pembuka formasi dengan materi dan format tes yang bervariasi, bobot nilai umumnya 20-40% dari total nilai seleksi.
  • Format SKTT PPPK bervariasi tergantung pada instansi yang menyelenggarakannya, seperti tes tertulis, tes praktik, wawancara, dan penerapan formasi berdasarkan kebutuhan masing-masing instansi.

Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (SKTT PPPK) merupakan salah satu rangkaian dari seleksi calon PPPK. Seleksi ini diikuti oleh peserta lolos seleksi administrasi dan tes kompetensi teknis utama. 

Kamu perlu mengetahui informasi lengkap mengenai SKTT PPPK dan mempelajarinya untuk persiapan. Berikut ini penjelasan mengenai SKTT PPPK dan format SKTT PPPK. 

1. Apa itu SKTT PPPK?

ilustrasi pegawai PPPK (Freepik.com/garakta_studio)

SKTT merupakan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan yang menjadi tahap akhir dalam Seleksi Kompetensi PPPK. SKTT bertujuan untuk menyeleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang memenuhi standar kualifikasi, kualitas kinerja, dan kompetensi sesuai kebutuhan masing-masing Instansi pembuka lowongan. 

Tes SKTT PPPK diselenggarakan oleh masing-masing instansi pembuka formasi. Materi maupun format tes akan bergantung pada kebijakan tiap instansi. Begitupun dengan bobot nilai SKTT PPPK setiap instansi yang berbeda-beda. Namun, secara umum, bobot nilainya adalah 20 persen hingga 40 persen dari total nilai seleksi.  

Baca Juga: Apa Itu LPTK PPG? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

2. Format SKTT PPPK

illustrasi wawancara kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Format SKTT PPPK bervariasi bergantung pada instansi yang menyelenggarakan seleksi. Umumnya, beberapa komponen dari tes ini adalah tes tertulis yang mencakup soal pilihan ganda dan esai, tes praktik berupa simulasi kerja atau demonstrasi keterampilan, wawancara untuk menilai kemampuan komunikasi, dan interpersonal PPPK. 

Contohnya, Kementerian PANRB yang menyelenggarakan SKTT PPPK secara online dengan format praktik kerja dan wawancara. Sedangkan, SKTT PPPK Kemenag berupa tes pemahaman Moderasi Beragama terkait komitmen kebangsaan, toleransi, sikap antikekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi. 

3. Jadwal pelaksanaan seleksi

ilustrasi mengatur jadwal di kalender (pexels.com/Leeloo The First)

Penerapan formasi dilakukan berdasarkan kebutuhan yang telah ditetapkan masing-masing instansi. Setelah penetapan ini, jadwal pelaksanaan akan menunggu arahan lebih lanjut dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Nah, itulah informasi terkait SKTT PPPK yang perlu kamu ketahui. Persiapkan diri kamu untuk mengikuti setiap rangkaian seleksinya. Semoga membantu!

Penulis: Dara Mardotilah

Baca Juga: Contoh Pakta Integritas PPG 2024, Simak Ketentuannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya