TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu LPTK PPG? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Program khusus untuk tenaga pengajar Indonesia

x

Intinya Sih...

  • Program LPTK PPG adalah program khusus untuk tenaga pengajar Indonesia
  • LPTK PPG berperan dalam mengembangkan ilmu bagi peserta PPG melalui kampus yang telah dipilih
  • LPTK PPG tersebar di berbagai daerah di bawah naungan Kemdikbud dan Kemenag

Pendidikan menjadi salah satu pilar dalam membentuk generasi emas bangsa. Hal ini juga diseriusi oleh pemerintah dengan hadirnya berbagai program pendidikan, termasuk untuk tenaga pendidik. 

LPTK PPG (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Pendidikan Profesi Guru) menjadi salah satu program yang berperan untuk peserta PPG dalam mengembangkan ilmu lewat lembaga-lembaga yang telah dipilih. Berikut penjelasan mengenai apa itu LPTK PPG dan daftar kampusnya. 

1. Pengertian LPTK PPG

ilustrasi guru (pexels.com/Katerina Holmes)

LPTK PPG ialah singkatan dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Pendidikan Profesi Guru. Ini adalah kampus negeri dan swasta yang dipilih oleh pemerintah untuk menyelengarakan program PPG. Kampus-kampus tersebut berada di bawah naungan Kemdikbud dan Kemenag.

Program ini dibuat unruk membantu program pengadaan guru di berbagai jenjang pendidikan. Peserta PPG dapat mengikuti program dan mengembangkan ilmunya lewat lembaga pendidikan terdaftar. 

2. Peran LPTK

ilustrasi guru (pexels.com/Max Fischer)

LPTK berfungsi untuk menyelenggarakan pendidikan profesi prajabatan dan dalam jabatan bagi tenaga pendidikan. Dari program LPTK ini, nantinya terbentuk guru-guru yang kompeten dalam bidangnya. 

LPTK diharapkan jadi lembaga penyelenggara program pendidikan bagi calon guru yang mewujudkan guru profesional. Nantinya, setiap orang yang memiliki sertifikat pendidik, akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk diangkat jadi guru pada satuan pendidikan. 

Baca Juga: 6 Orang yang Perlu Diberi Hadiah saat Perpisahan, Tak Hanya Guru

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya