TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Memotivasi Job Seeker Biar Gak Pantang Menyerah, Semangat!

Buat mereka lebih merasa berharga

ilustrasi proses interview (pexels.com/shvetsa)

Proses mencari kerja terkadang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang, terutama jika mereka menghadapi penolakan atau kesulitan. Pasalnya, setiap pencari kerja memiliki perjalanan dan tantangannya masing-masing. Memberikan dukungan dan motivasi dapat membantu mereka tetap bersemangat dalam menghadapi berbagai situasi. 

Jangan biarkan orang terdekatmu menjadi patah semangat ketika mencari kerja, sehingga memotivasi mereka agar tidak menyerah adalah suatu hal penting. Biar bisa berkontribusi dalam hidup job seeker, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk memotivasi mereka agar tak pantang menyerah lewat artikel berikut ini. 

1. Beri dukungan emosional

ilustrasi saling berpelukan (pexels.com/ellyfairytale)

Banyak orang cenderung berusaha memotivasi orang lain dengan memberikan pidato yang panjang, tetapi sering kali hal tersebut tidak efektif karena motivasi sebenarnya harus berasal dari dalam diri orang itu. Jadilah pendengar yang baik saat diperlukan. Terkadang, berbicara tentang ketidakpastian atau kecemasan bisa membantu mengurangi tekanan.

Cara terbaik untuk memotivasi orang lain bisa dimulai dengan mendengarkan apa yang ingin mereka lakukan. Cari tahu apa tujuan dan impian mereka. Jika impian atau tujuan tersebut adalah sesuatu yang berpotensi untuk didorong dan disemangati, lanjutkan dengan memberi pertanyaan terbuka, tentang apa yang dapat memicu semangat dan apa yang membuatnya tertarik dengan pekerjaan yang ia minati.

"Langkah pertama yang sangat penting untuk mendapatkan motivasi dalam mencapai tujuan, mengubah perilaku, atau membentuk kebiasaan baru adalah dengan memahami secara jelas apa yang diinginkan," Jordan Dann, MFA, LP, CIRT, seorang psikoterapis, dilansir MindBodyGreen.

"Kita harus menjadi sangat spesifik tentang apa tujuan yang ingin dicapai dan ketahui apa artinya, manfaatnya, atau alasan untuk bergerak menuju tujuan tersebut," kata Dann.

2. Dorong mereka untuk fokus pada proses

ilustrasi bekerja di kantor (pexels.com/fauxels)

Memberikan dorongan merupakan langkah yang paling penting, karena memulai sebuah mimpi dan perubahan itu menakutkan. Banyak orang begitu takut untuk gagal atau terlihat bodoh hingga menyerah untuk mencapai tujuan mereka. Jadi, di sinilah peran kamu untuk menyemangatinya.

Dorong mereka untuk fokus pada usaha dan perjalanan mereka dalam pencarian pekerjaan, bukan hanya pada hasil akhirnya. Menyadari bahwa setiap langkah maju adalah pencapaian yang patut dibanggakan.

3. Ajak mereka untuk berinteraksi dan bersosialisasi

ilustrasi berkumpul dengan teman (pexels.com/wildlittlethingsphoto)

Menjadi support sistem dengan cara mengajak mereka bersosialisasi dan berinteraksi untuk membangun jaringan kontak yang luas. Berkenalan dengan orang-orang di industri yang diminati dapat membuka pintu peluang pekerjaan yang tidak terlihat dalam iklan atau pengumuman.

Dilansir Indeed, terlibat dalam acara atau kelompok industri, forum online, atau pertemuan sosial yang berhubungan dengan pekerjaan yang job seeker cari dapat menjadi sumber motivasi. Interaksi dengan sesama pencari kerja atau para profesional bisa memberikan dukungan dan informasi berharga.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Wawancara Kerja, Pahami!

4. Rayakan setiap kemajuan kecil

ilustrasi merayakan pesta (pexels.com/anthonyshkrabaproduction)

Ajak mereka untuk mencatat setiap kemajuan, sekecil apa pun seperti panggilan wawancara, aplikasi yang berhasil, atau peningkatan keterampilan. Rayakan kemajuan ini untuk menjaga semangat mereka tetap tinggi. Katakan pada mereka bahwa mereka tangguh, layak, dan cukup baik.

Dilansir Life Hack, Sarah Jeanne Browne, seorang penulis dan aktivis menyatakan, sekalipun tidak berhasil dalam segala hal, kemajuan apa pun yang telah dicapai akan berarti. Ini menceritakan sebuah kisah penting bukan hanya tentang siapa, tetapi juga tentang siapa anda nantinya. 

5. Bantu mereka mengatasi rasa takut dan ragu

ilustrasi menghibur teman yang sedih (pexels.com/karolinagrabowska)

Kamu dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi rasa takut serta keraguan yang mungkin muncul pada diri mereka. Terkadang, kegagalan atau penolakan bisa mengurangi motivasi. 

Validasi perasaan mereka dengan mengakui bahwa rasa takut dan ragu adalah hal yang wajar dialami oleh banyak orang. Ini dapat membantu mereka merasa lebih diterima dan tidak sendirian dalam perasaan mereka. 

Jika kamu memiliki pengalaman yang sesuai, ceritakanlah bagaimana cara mengatasi rasa takut dan ragu. Ini bisa memberikan inspirasi dan contoh nyata tentang cara menghadapi perasaan tersebut.

6. Ingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental

ilustrasi pasangan meditasi bersama (pexels.com/ronlach)

Ingatkan mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental. Melakukan olahraga, meditasi, atau kegiatan yang menyenangkan dapat membantu mengurangi stres dan menjaga semangat.

Berikan pandangan bahwa kesehatan fisik dan mental adalah fondasi ketangguhan yang akan membantu mengatasi tantangan karier. Perhatikan bahwa menjaga kesehatan sekarang akan berdampak baik pada masa depan karier dan kualitas hidup.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Rekan Kerja

Verified Writer

Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya