TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Golongan Pangkat ASN, dari Dasar hingga Teratas 

Butuhkan proses panjang untuk sampai ke puncak

ilustrasi orang di posisi Golongan IV ASN (pexels.com/Rebrand Cities)

Kamu mungkin sudah tahu tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah pegawai yang bekerja untuk negara. Namun, tahukah kamu bahwa ASN juga punya sistem pangkat dan golongan yang mirip seperti militer, walau tentu saja tujuannya berbeda? Guys, pangkat ASN di Indonesia diatur oleh pemerintah, dan mempunyai beberapa golongan yang mempengaruhi peran, tanggung jawab, serta gaji. 

Nah, dalam artikel ini, kamu akan melihat lebih dalam mengenai golongan ASN dan jenis-jenis kenaikan pangkatnya. Secara umum, pangkat ASN dibagi menjadi empat golongan utama, mulai dari yang terendah (Golongan I) hingga tertinggi (Golongan IV). Setiap golongan ini memiliki beberapa jenjang atau tingkatan yang mencerminkan karier seorang ASN dari awal sampai mencapai puncak.

1. Golongan I (Juru)

ilustrasi orang di posisi Golongan I ASN (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Golongan I menjadi golongan paling dasar dalam hierarki ASN. Biasanya, ASN yang masuk dalam golongan ini adalah mereka yang baru mulai bekerja, dan dengan latar belakang pendidikan yang gak terlalu tinggi, seperti lulusan SMP atau SMA. Berikut adalah jenjang dalam Golongan I:

- Juru Muda (I/a)

- Juru Muda Tingkat I (I/b)

- Juru (I/c)

- Juru Tingkat I (I/d)

Kalau kamu baru lulus dan bergabung sebagai ASN dengan kualifikasi minimal, inilah tempatmu memulai perjalanan karier. Di sini, kamu akan belajar dasar-dasar tugas sebagai ASN dan perlahan naik pangkat seiring waktu.

2. Golongan II (Pengatur)

ilustrasi orang di posisi II ASN (pexels.com/Christina Morillo)

Golongan II biasanya ditempati oleh mereka yang sudah memiliki pendidikan lebih tinggi, seperti lulusan SMA, D3, atau sederajat. ASN yang berada di golongan ini tentu mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan Golongan I. Jenjangnya adalah:

- Pengatur Muda (II/a)

- Pengatur Muda Tingkat I (II/b)

- Pengatur (II/c)

- Pengatur Tingkat I (II/d)

Jika kamu ada di Golongan II, kamu mungkin sudah mulai merasa lebih berpengalaman dalam pekerjaan, dan ini menjadi tahap di mana kamu mulai menjalankan tanggung jawab yang lebih menantang.

Baca Juga: 3 Perbedaan PNS dan Karyawan BUMN

3. Golongan III (Penata)

ilustrasi orang di posisi Golongan III ASN (pexels.com/Yan Krukau)

Golongan III merupakan golongan bagi ASN yang umumnya sudah memiliki gelar sarjana (S1) atau yang setara. Mereka yang ada di golongan ini mulai menempati posisi yang lebih strategis dan membutuhkan keahlian khusus. Pangkat dalam Golongan III adalah:

- Penata Muda (III/a)

- Penata Muda Tingkat I (III/b)

- Penata (III/c)

- Penata Tingkat I (III/d)

Kalau kamu berada di Golongan III, ini artinya kamu sudah punya cukup banyak pengalaman dan mungkin sudah mulai memimpin proyek atau tim kecil. Di tahap ini, kamu akan melihat dampak nyata dari pekerjaanmu dalam pelayanan publik.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya