TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gaji Dirapel Maksudnya? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini! 

Biasa terjadi pada perusahaan yang alami kesulitan keuangan

ilustrasi gaji dirapel (pexels.com/Mikhail Nilov)

Gaji dirapel maksudnya? Mungkin kamu bertanya-tanya tentang sistem pembayaran gaji yang satu ini. So, gaji dirapel adalah sistem pembayaran gaji yang dilakukan secara sekaligus setelah periode tertentu. Ini bisa saja terjadi jika kamu bekerja di perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan.

Biasanya, gaji dirapel dilakukan karena beberapa alasan, seperti masalah arus kas perusahaan atau dalam kontrak kerja tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut!

1. Definisi

ilustrasi mendapatkan gaji yang dirapel (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Seperti yang sudah disebutkan sekilas di atas, gaji dirapel adalah pembayaran gaji yang seharusnya diterima pada waktu tertentu, tapi baru dibayarkan di kemudian hari. Bayangkan kamu seharusnya dapat gaji bulan lalu, namun malah dibayar barengan dengan gaji bulan ini.

Tak hanya karena kesulitan keuangan, gaji dirapel bisa juga terjadi karena ada kesalahan administrasi yang bikin pembayaran gaji tertunda, atau mungkin ada penyesuaian kenaikan gaji yang perlu diurus dulu. Kadang juga terjadi karena pembayaran bonus yang belum terlaksana.

2. Contoh

ilustrasi gaji dirapel (pexels.com/Mikhail Nilov)

Supaya lebih jelas, kamu bisa melihat contoh ini. Jadi, kamu bekerja di sebuah perusahaan dan biasanya menerima gaji bulanan sebesar Rp5 juta. Namun, karena suatu alasan, gaji kamu gak dibayarkan selama tiga bulan berturut-turut. Nah, setelah tiga bulan berlalu, perusahaan akhirnya membayar gaji kamu sekaligus. Jadi, alih-alih menerima Rp5 juta per bulan, kamu akan mendapatkan Rp15 juta sekaligus pada bulan ketiga

Jadi, jika kamu mengalami atau mendengar istilah gaji dirapel, jangan panik. Ini hanya cara perusahaan untuk melunasi pembayaran yang tertunda. Semoga contoh ini membuat kamu lebih paham dan gak bingung jika menghadapi situasi serupa di masa depan, ya.

Baca Juga: Kenaikan Gaji ASN Dipastikan Dirapel di Maret 2024

3. Kriteria gaji dirapel baik bagi karyawan

ilustrasi menerima gaji dirapel (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh karyawan saat gaji dirapel. Pertama, proses rapel gaji memastikan bahwa kamu mendapatkan kompensasi yang adil sesuai dengan hakmu. Jika gaji tertunda, kamu masih berhak mendapatkan semua yang seharusnya kamu terima. Ini juga menunjukkan bahwa perusahaan atau organisasi berusaha untuk memenuhi kewajibannya dan menghargai kerja kerasmu.

Kedua, gaji dirapel mencerminkan keandalan sistem pembayaran dalam organisasi. Jika gaji dirapel sering terjadi, mungkin ada masalah di sistem administrasi yang perlu diperbaiki. Dengan adanya rapel gaji, perusahaan juga menunjukkan komitmen mereka untuk memperbaiki dan memastikan pembayaran dilakukan dengan benar ke depannya.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya