TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Account Officer: Definisi, Tugas, dan Skill Utama

Tertarik berkarier sebagai account officer?

Ilustrasi account officer (pexels.com/Mikhail Nilov)

AO atau account officer adalah seseorang yang punya tanggung jawab dalam mengelola pembukuan keuangan perusahaan. Biasanya, account officer biasa kamu temui di perusahaan yang bergerak di sektor finansial. Mereka bertugas meningkatkan produk kredit nasabah.

Nah, bagi kamu yang ingin berkarier sebagai account officer tentu ingin tahu lebih jauh kan? Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Apa itu account officer?

Ilustrasi account officer (pexels.com/Skylar Kang)

Account officer adalah seseorang yang bertugas mengelola keuangan perusahaan. Sebagai AO, mereka punya tugas untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam hal perkreditan. Pasalnya, nasabah penting untuk keberlangsungan bisnis perusahaan.

Dalam dunia perbankan, ada beberapa jenis account officer yang secara umum punya tugas dan tanggung jawab yang sama. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Account officer micro
  • Account officer SME
  • Account officer secured loan
  • Account officer financial service
  • Account officer kredit

Dari kelimanya secara umum punya tugas dan tanggung jawab yang sama. Mereka akan melakukan identifikasi calon nasabah apakah memenuhi kriteria dalam hal perkreditan. Tujuannya untuk melindungi bank dari kerugian.

Baca Juga: Business Development adalah? Ini Tugas hingga Skill Utamanya!

2. Tugas account officer

Ilustrasi account officer (pexels.com/Mikhail Nilov)

Account officer punya tugas untuk mengelola keuangan perusahaan. Selain itu mereka juga harus mengalokasikan dana secara efisien dan tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalag tugas-tugas sebagai AO.

Melakukan collecting

Tujuannya untuk mencari calon nasabah baru. Caranya dengan menyebarkan brosur, memanfaatkan sosial media sampai meminta referensi dari orang yang dikenalnya.

Melakukan pengenalan produk ke klien

Biasanya produknya berupa jasa seperti pinjaman kredit, deposito, dan sejenisnya. Untuk melakukannya, biasanya AO akan ke kantor klien ataupun sebaliknya.

Menjalin hubungan yang baik dengan klien

Misalnya, account officer melakukan follow up terkait produk yang ditawarkan. Caranya dengan menghubungi klien lewat SMS, WhatsApp, telepon atau mendatangi langsung.

Memberikan penjelasan yang rinci

AO harus bisa memberikan penjelasan yang rinci agar klien mengerti dan paham dengan produk yang ditawarkan. Tujuannya tentu saja agar klien tertarik memakai jasanya.

Melakukan koordinasi dengan marketing

Cara ini untuk mempermudah perencanaan pemasaran. Pasalnya, seorang account officer harus bisa bekerja secara efektif dan efisien. Itulah kenapa mereka juga butuh support dari tim lainnya.

Memberikan solusi atas masalah klien

Tentunya solusi yang diberikan berdasarkan ketentuan dari kebijakan perusahaan. Jadi kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang AO.

Mengelola akun klien atau nasabah

Hal ini untuk menghindari masalah di masa mendatang yang kemungkinan bisa dialami nasabah. Jadi tugas dan tanggung jawab AO tak hanya berhenti di perekrutan saja.

Melakukan pengelolaan produk dan kredit

Seorang AO perlu menawarkan atau memberi produk yang sesuai dengan kebutuhan klien. Selain itu, juga harus mengecek nasabah dengan teliti agar kewajiban nasabah berjalan lancar.

Membuat laporan kerja

Biasanya berisi analisis setiap klien yang mereka diurus. Pembuatan laporan kerja ini dilakukan secara berkala sesuai kebijakan perusahaan.

3. Tanggung jawab account officer

Ilustrasi account officer (pexels.com/Mikhail Nilov)

Setelah mengetahui apa saja tugas yang harus dijalankan oleh account officer, tentunya kamu juga harus tahu apa saja tanggung jawab yang dipegang. Jadi kalau kamu ingin berkarier di bidang ini, harus siap dengan semuanya. Lalu apa saja tanggung jawab seorang AO?

  • Memastikan produk yang ditawarkan bisa terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran.
  • Memastikan klien atau nasabah benar-benar memahami produk yang dipilihnya.
  • Memastikan klien atau nasabah mendapatkan solusi yang tepat dan cepat ketika menghadapi masalah.
  • Menjaga hubungan baik dengan klien atau nasabah, sekalipun mereka tidak berminat dengan produk yang ditawarkan.
  • Menjaga kredibilitas dan nama baik perusahaan.

Baca Juga: Apa Jobdesk Telemarketing? Ini Definisi hingga Jenjang Kariernya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya