TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjalin Koneksi yang Baik di Linkedin, Lebih Proaktif

Jangan asal menambahkan koneksi

ilustrasi linkedin (unsplash.com/Souvik Banerjee)

LinkedIn adalah platform media sosial yang banyak digunakan oleh profesional. Menjalin koneksi di LinkedIn memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk mencari lowongan kerja, mengembangkan karier maupun tujuan bisnis lainnya. Oleh karena banyaknya manfaat yang didapat, banyak orang berusaha untuk menjalin koneksi di LinkedIn.

Cara menjalin koneksi yang baik di LinkedIn, dapat meningkatkan kualitas hubunganmu dengan sesama pengguna. Nah, bagi kamu yang ingin menjalin koneksi di LinkedIn, cobalah tips berikut ini!

Baca Juga: 5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!

1. Melengkapi profil LinkedIn

ilustrasi foto profil (unsplash.com/Nathana Rebouças)

Pastikan  kamu mengisi profil LinkedIn-mu dengan informasi yang lengkap dan menarik.  Buatlah ringkasan tentang dirimu yang menggambarkan kepribadian dan keahlianmu, pengalaman kerja terkini, dan pendidikan yang telah dijalani. Jangan lupa sertakan foto profil yang profesional.

Informasi profil LinkedIn yang lengkap dapat membantu seseorang mengenalmu dengan lebih mudah. Mereka dapat mengetahui tentang siapa dirimu, apa minat dan keahlian yang kamu miliki, hingga di bidang apa kamu bekerja. Semakin lengkap profilmu, semakin besar kemungkinan orang akan tertarik untuk terhubung.

2. Berinteraksi secara proaktif

ilustrasi bersosial media (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Jangan hanya mengirim dan menerima undangan pertemanan untuk mengumpulkan koneksi. Usahakan untuk proaktif dalam berinteraksi di LinkedIn. Berikan komentar positif, ajukan pertanyaan, atau berbagi pengetahuanmu di kolom komentar orang lain yang menurutmu menarik.

Aktif dalam berpartisipasi akan meningkatkan visibilitas akun Linkedin-mu serta membantu membangun hubungan lebih kuat dengan koneksimu. Hal ini dapat membuka peluang yang lebih besar untuk berinteraksi dengan para profesional yang memiliki minat serupa dan memperluas jaringanmu. 

Baca Juga: Tiga Tips Penting Buat Kamu yang Baru Kali Pertama Menggunakan Linked-In

3. Aktif membagikan konten yang bermanfaat

ilustrasi menulis (pixabay.com/StockSnap)

Selain aktif berinteraksi pada kolom komentar postingan orang lain, kamu juga bisa aktif membagikan konten yang relevan dengan keahlianmu. Konten yang kamu buat akan menarik perhatian orang lain dan membangun personal branding-mu sebagai seseorang yang ahli di bidang tertentu.

Gunakan fitur postingan LinkedIn untuk berbagi konten yang informatif, inspiratif, dan berhubungan dengan minat serta bidang keahlianmu. Buat artikel, gambar, maupun video dan bagikan di LinkedIn-mu.

4. Kirimkan undangan pertemanan disertai pesan

ilustrasi bersosial media (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Ketika ingin berinteraksi dengan seseorang atau meminta bantuan, cobalah mengirimkan undangan pertemanan disertai dengan pesan yang jelas dan terperinci. Sampaikan tujuanmu dan jelaskan bagaimana mereka bisa membantumu. Jangan lupa untuk tetap gunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami.

Undangan pertemanan yang disertai dengan pesan akan membuat penerima undangan lebih cepat memahami apa tujuanmu mengirimkan permintaan pertemanan. Hal ini juga membuat mereka lebih cepat mengambil keputusan untuk menerima maupun menolak permintaan pertemanan yang kamu kirimkan. Jangan lupa hargai waktu mereka dan jangan baper ketika undangan pertemanan yang kamu kirim tak segera mendapat respon.

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Omelan Bos di Tempat Kerja, Hati-hati!

Verified Writer

Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya