TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap Proaktif saat Interview yang Disukai Perusahaan, Lakukan!

Jangan hanya menjawab pertanyaan

ilustrasi interview (pixabay.com/WikimediaImages)

Interview kerja adalah tahapan penting dalam proses rekrutmen suatu perusahaan. Dalam proses interview, rekruter tidak hanya menilai keahlian dan ketrampilan teknis kandidat, tetapi juga sikap dan inisiatif mereka, diantaranya sikap proaktif saat interview.

Sikap proaktif saat interview sangat disukai oleh perekrut karena menggambarkan motivasi dan inisiatif yang tinggi dari kandidat. Bagaimana sikap proaktif yang dapat ditunjukan saat interview kerja? Berikut ini adalah beberapa sikap proaktif saat interview kerja yang disukai perusahaan. Baca, yuk!

1. Persiapan diri yang matang

ilustrasi tampil rapi (pixabay.com/StockSnap)

Sikap proaktif dapat dilihat dari persiapan diri yang matang saat hendak menghadapi interview. Persiapan menghadapi interview dapat dimulai dari riset tentang perusahaan, mempelajari rute lokasi interview, persiapan materi atau jawaban interview hingga persiapan dalam hal busana yang dikenakan.

Persiapan yang matang dapat membuatmu tampil maksimal saat interview. Kamu bisa tampil lebih percaya diri dan memberikan jawaban yang terstruktur sehingga proses interview bisa berjalan lancar.

2. Antusiasme tinggi

ilustrasi bercakap-cakap (pixabay.com/jamesoladujoye)

Antusiasme yang tinggi saat interview dapat terlihat dari bagaimana kamu menyampaikan jawaban interview dengan nada yang bersemangat dan penuh energi namun tetap tenang. Selain nada bicara, antusiasme juga dapat dilihat dari isi jawaban interview yang kamu sampaikan.

Agar telihat lebih proaktif saat interview, tunjukan bahwa kamu memiliki antusias yang tinggi. Antusiasme yang tinggi memberikan kesan bahwa kamu sangat tertarik dengan pekerjaan tersebut dan siap untuk berkontribusi.

Baca Juga: 5 Strategi Dapatkan Gaji Lebih Tinggi saat Interview

3. Memberikan pertanyaan balik

ilustrasi interview (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Jangan hanya menunggu pertanyaan saja, kamu bisa juga berinisiatif memberikan pertanyaan balik pada perekrut tentang perusahaan, budaya kerja, maupun tentang posisi yang dilamar. Menyampaikan pertanyaan balik pada rekruter adalah salah satu sikap proaktif yang disukai oleh perusahaan.

Dengarkan secara aktif selama proses wawancara kerja. Jika ada hal-hal yang tidak kamu pahami, maka tanyakan hal tersebut pada rekruter sebagai pertanyaan balik. Kamu juga bisa mempersiapkan pertanyaan sebelumnya dengan cara melakukan riset tentang perusahaan sebelum interview.

4. Menjaga bahasa tubuh yang baik

Ilustrasi wawancara kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sikap proaktif saat interview kerja dapat terlihat dari bahasa tubuhmu, loh! Pastikan kamu menjaga bahasa tubuh yang baik selama menjalani interview, misalnya menjaga sikap duduk tetap tegak serta menjaga kontak mata dengan rekruter.

Anggukan kepala secara aktif ketika kamu memahami apa yang disampaikan oleh rekruter dan berikan senyuman yang tulus. Bahasa tubuh yang baik dapat memberi kesan bahwa kamu terlibat secara proaktif dalam interview tersebut.

Verified Writer

Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya