TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SKD CPNS 2024: Jumlah Soal dan Kisi-Kisi Lengkap

Tancap gas demi raih skor tinggi di SKD CPNS 2024

Suasana tes SKD CPNS (kominfo.go.id)

Setelah mempersiapkan seluruh berkas dan sudah dinyatakan lolos di seleksi administrasi CPNS 2024, kini saatnya mereka bersiap untuk menghadapi tahap berikutnya, yaitu SKD CPNS 2024. Tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) merupakan salah satu tahap krusial karena peserta akan diuji terkait pengetahuan dasar, kecerdasan, dan karakteristik pribadi yang relevan dengan tugas sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.

Pada tahap ini, peserta akan menghadapi tiga jenis tes utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga tes ini dirancang untuk mengevaluasi sejauh mana peserta memahami nilai-nilai kebangsaan, memiliki kemampuan berpikir logis dan analitis, serta menunjukkan karakteristik yang sesuai dengan standar pelayanan publik.

Oleh karena itu, persiapan yang baik sangat penting agar peserta dapat menjawab soal-soal dengan tepat dan efisien, serta mencapai passing grade yang ditetapkan BKN untuk dapat melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya. Ingin tahu lebih lanjut tentang berapa banyak jumlah soal SKD dan kisi-kisi SKD CPNS 2024? Yuk, simak penjelasannya!

1. Total 110 soal yang terdiri dari 3 subtes yang akan diujikan pada SKD CPNS 2024

ilustrasi komputer untuk ujian. (unsplash.com/Rhamely)

Berdasarkan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2024, jumlah soal SKD sebanyak 110 butir soal. Kemudian, dari segi pembobotan nilai untuk materi soal SKD juga memiliki perbedaan.

Untuk materi soal TWK dan TIU, bobot jawaban benar bernilai 5 dan jika peserta menjawab salah atau tidak menjawab maka bernilai 0. Sementara untuk materi soal TKP,  bobot jawaban benar berkisar antara 1 (nilai paling rendah) sampai 5 (nilai paling tinggi). Berikut adalah rincian jumlah soal SKD CPNS 2024 pada masing-masing materi tes.

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari 30 butir soal.
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 35 butir soal.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terdiri dari 45 butir soal.

2. Kisi-kisi materi dan persebaran soal SKD CPNS 2024

ilustrasi mengisi Kartu TIK untuk SKCK (pexels.com/Andy Barbour)

Materi SKD CPNS 2024 terbagi ke tiga jenis tes utama yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes SKD CPNS 2024 dapat diselesaikan dalam waktu 100 menit dengan jumlah soal SKD sebanyak 110 soal sebagaimana yang sudah dirincikan pada poin sebelumnya. Nah, bagi kamu yang ingin tahu kisi-kisi dari materi SKD CPNS 2024, berikut adalah penjelasannya.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK dirancang untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan peserta dalam memahami dan menghayati empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Subtes ini juga menguji wawasan peserta mengenai sejarah, sistem tata negara, kebijakan publik, serta budaya nasional. TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 5 poin yakni integritas, bela negara, pilar negara, bahasa negara, dan nasionalisme. TWK terdiri dari 30 butir soal.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

TIU bertujuan untuk mengukur kemampuan verbal, logika, dan analitis peserta. Subtes ini mencakup soal-soal tentang kemampuan verbal seperti silogisme, analogi, penalaran analitis, kemampuan numerik (hitung cepat, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita) serta kemampuan figural (analogi gambar, ketidaksamaan gambar, dan serial gambar). Fokus utama TIU adalah untuk menguji kecerdasan dan kemampuan berpikir kritis peserta. TIU terdiri dari 35 butir soal.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP dirancang untuk mengukur aspek psikologis dan karakteristik pribadi peserta. Tes ini mencakup soal tentang pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme. Tidak ada jawaban benar atau salah yang mutlak dalam TKP, karena penilaian didasarkan pada kesesuaian jawaban dengan situasi yang sedang dihadapi pada kasus-kasus tertentu yang disajikan dalam soal. TKP terdiri dari 45 butir soal dengan jawaban benar paling rendah bernilai 1 dan paling tinggi bernilai 5. 

Baca Juga: Cara Latihan Soal SKD CAT BKN CPNS 2024, Ikuti Langkahnya!

3. Ketahui ambang batas masing-masing subtes SKD CPNS 2024

Ilustrasi tes SKD CPNS berbasis CAT (kominfo.go.id)

Pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024, peserta diwajibkan untuk mencapai nilai ambang batas minimum tertentu. Nilai tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan peringkat masing-masing formasi di setiap instansi. Hal ini dimaksudkan guna menilai kelayakan peserta untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Berikut ini adalah nilai ambang batas minimum (passing grade) untuk tes SKD CPNS 2024, khusus untuk formasi Umum dan Putra/Putri Kalimantan:

  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan): 65
  • TIU (Tes Intelegensia Umum): 80
  • TKP (Tes Karakteristik Pribadi): 166

Ada pengecualian untuk formasi tertentu, seperti jalur Cumlaude, di mana nilai TIU minimum yang harus dicapai adalah 85. Sedangkan untuk Putra/Putri Papua, nilai TIU minimum yang dipersyaratkan adalah 60.

Secara umum, proses penyaringan dari tahap SKD ke SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) mengacu pada prinsip kuota tiga kali jumlah formasi yang dibutuhkan. Ini berarti bahwa hanya ada tiga peserta dengan nilai tertinggi yang dapat melanjutkan ke tahap SKB, jika kebutuhan formasinya adalah 1. Sebagai contoh, jika formasi A yang dibutuhkan adalah 50 orang, maka hanya 150 peserta dengan skor tertinggi (50 x 3) yang akan diizinkan maju ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang.

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya