TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membuka Stand di Bazaar

Jangan salah ikut bazaar.

Sumber Gambar: sp.beritasatu.com

Punya bisnis sendiri kayaknya sudah jadi hobi anak muda zaman sekarang. Ini merupakan evolusi yang bagus, mengingat menurut Ir. Ciputra, sebuah negara maju membutuhkan setidaknya dua persen penduduknya yang entrepreneur. Untungnya lagi, evolusi ini didukung oleh maraknya bazaar di lingkungan. Jadi kamu bisa langsung menjajakan produk atau jasamu tanpa perlu memiliki tempat tetap. Ets, tapi sebelum kamu memutuskan untuk ikut bazaar, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini ya.

1. Tema bazaar dan bentuk realisasinya.

Sumber Gambar: sciencewerk.net

Tema bazaar emang harus oke banget, itu pasti. Tapi, sama aja kalau realisasinya nggak maksimal. Jadi, kamu bisa menanyakan apa saja acara yang akan diadakan, bagaimana bentuk dekorasi (jangan-jangan hanya backdrop saja?), dan lain sebagainya. Jangan sampai tema hanya jadi alasan untuk menarik perhatian saja.

2. Layout yang smart.

Sumber Gambar: northernhillsmops.com

Pastikan jalan bagi pengunjung cukup lebar, jalur yang ada membuat semua tenant dilewati oleh pengunjung, area duduk untuk makan yang cukup merata dan memadai bagi pengunjung (sehingga mereka tidak malas berhenti dan membeli makan) dan lain sebagainya. Seperti misalnya seberapa jarak panggung dan stand juga perlu kamu perhatikan, jangan sampai ketika kamu memilih stand di depan panggung agar ramai, malah tidak ada pengunjung yang mampir karena suara terlalu keras.

3. Persaingan tenant yang adil.

Sumber Gambar: accoutingweekly.com

Persaingan tenant yang adil bisa jadi dari pembagian jumlah penjual makanan, minuman, dan produk lain yang rata; seminimal mungkin produk sama persis yang dijual bersamaan oleh tenant yang berbeda, atau dari layouting yang menghindari produk serupa yang berdekatan.

4. Alur in-out yang jelas dan konsisten.

Sumber Gambar: instagram.com/rascalmarket

Ini penting, mengapa? Karena alur keluar masuk bazaar menentukan stand mana yang akan dilewati terlebih dahulu, apakah kami di posisi paling depan, tengah, atau kamu di belakang? Semua sesuai strategimu saja, yang pasti panitia harus bertanggung jawab atas alur yang mereka buat. Jangan sampai ketika kamu sudah mengatur strategi, eh mereka yang nggak bisa menjaga alur. Apabila mereka menyediakan satpam dan bukan panitia yang menjaga, akan lebih baik. Karena figur satpam akan lebih efektif dalam menahan pengunjung yang melanggar.

5. Ukuran stand yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sumber Gambar: www.photoboothfunbox.net

Berapa ukuran stand dari panjang, lebar, dan tingginya? Apakah partisi menutup semua sisi dari stand? Sesuaikan dengan properti dan dekorasi yang kamu punya.

6. Izin dekorasi partisi sesuai kebutuhan.

Sumber Gambar: instagram.com/hyperlinkproject

Apa bahan partisinya? Bolehkah kamu mencat, memaku, atau memodifikasi partisinya? Sesuaikan dengan properti dan dekorasi yang kamu punya.

7. Persediaan kertas sold-out/restock yang jelas.

Sumber Gambar: instagram.com/wtfmarketid

Apakah kertasnya dibagikan pada setiap stand agar bisa digunakan kapan saja ketika sold-out atau restock? Atau dibawa panitia dan kamu harus mencari mereka nanti? Bagaimana cara mencari tim dokumentasi bila sudah sold-out?

8. Tenant relations yang baik dan siaga.

Sumber Gambar: IDNtimes.com/ReinhardBudiman

Berapakah tenant relations yang ia sediakan? Jangan sampai hanya dua atau tiga orang yang menangani seratus tenant, bisa-bisa waktu reaksinya sangat lama untuk menangani pertanyaan atau masalah yang kamu hadapi. Pastikan mereka siaga dan selalu mudah kamu hubungi bila dibutuhkan. Pastikan juga kamu mendapatkan nomor dari tenant relations mu, sehingga ketika hari H mudah untuk menghubunginya.

9. Promosi dan publikasi yang baik menjelang, selama, dan setelah acara berlangsung.

Sumber Gambar: instagram.com/hyperlinkproject

Di mana sajakah publikasi dilakukan? Siapa artis yang diundang? Bagaimana bentuk update selama acara? Apakah ada kemungkinan-kemungkinan stand-mu akan dipublikasikan selama acara? Pastikan kamu sendiri yakin acara tersebut akan ramai pengunjung, dan bahwa stand-mu akan diperhatikan.

10. Perjelas semuanya.

Sumber Gambar: hawaiiesquire.wordpress.com

Pada akhirnya, pastikan kamu membaca segala peraturan yang ada dan jangan sampai kamu melewatkan hal-hal penting. Pertanyakan semua hal yang rancu atau tidak kamu mengerti. Kamu tidak mau bertengkar dengan panitia hanya karena miskomunikasi.

Semoga sukses ya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya