TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Harus Minta Kenaikan Gaji, Banyak Pencapaian!

Jangan abaikan pendapatanmu

ilustrasi orang memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Banyak orang yang masih tidak memedulikan masalah gajinya. Mereka merasa bahwa gaji yang ia miliki sudah cukup. Padahal, kenaikan gaji adalah hal normal yang harus diterima oleh para pekerja, sekalipun sudah merasa cukup.

Kenaikan gaji bahkan bisa menjadi kewajiban yang harus kamu minta jika sudah memenuhi beberapa hal. Pasti ada tanda-tanda yang memang mengharuskanmu untuk meminta kenaikan gaji di tempat kerja. Berikut adalah beberapa tandanya.

1. Tanggung jawab bertambah tanpa kenaikan gaji

ilustrasi pria bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu bekerja dan digaji berdasarkan tanggung jawab yang sudah mereka berikan kepadamu. Jadi, jika perusahanmu bekerja memberikan tanggung jawab lebih, maka normal jika kamu meminta kenaikan gaji. Ini adalah salah satu alasan paling mendasar.

Tanda yang satu ini tidak bisa kamu remehkan. Cobalah untuk menegosiasikan ulang masalah gaji yang sudah kamu terima. Bekerja dengan tanggung jawab lebih besar tanpa adanya peningkatan gaji adalah hal yang salah.

2. Gaji kamu di bawah standar pasar

ilustrasi melihat dompet (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tiap industri dan posisi di dunia kerja memiliki standar gaji yang sama. Kamu tidak bisa hanya sebatas melihat upah minimum di daerah untuk menentukan gaji yang kamu dapatkan. Masih banyak faktor yang bisa kamu pertimbangkan.

Cobalah melihat sekelilingmu dan internet tentang standar gaji dari posisi yang sedang kamu pegang. Jadikan riset itu sebagai patokan gaji yang kamu dapatkan. Selain itu, pikirkan juga tentang pengalaman dan hal lainnya sebagai nilai tambah.

3. Sudah lama tidak mendapatkan kenaikan gaji

ilustrasi pria menulis (pexels.com/Malte Luk)

Kenaikan gaji juga bisa dilihat dari durasi lamanya kamu bekerja di sana. Semakin lama bekerja di tempat yang sama, sudah seharusnya kamu mendapatkan perlakukan yang lebih baik, salah satunya dengan kenaikan gaji.

Sebagai patokan, kamu bisa meminta kenaikan gaji jika sudah lebih dari setahun sejak kenaikan gaji terakhir. Apalagi jika selama itu kamu konsisten memberikan performa yang baik, kenaikan gaji adalah hal yang sudah sepatutnya didapatkan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Layak Mendapatkan Kenaikan Gaji di Tempat Kerja, Selamat!

4. Pencapaian dan kontribusi yang signifikan

ilustrasi pria bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki tanda ini mungkin akan memudahkanmu meminta kenaikan gaji pada atasan. Sebab, pencapaian dan kontribusi yang signifikan adalah modal yang bagus sebagai bahan negosiasi kenaikan gaji.

Biasanya, pencapaian atau kontribusi ini berasal dari suatu proyek yang sudah diselesaikan. Jadi, jika kamu telah berkontribusi secara signifikan pada keberhasilan proyek tersebut dan perusahaan semakin tumbuh, kamu berhak meminta imbalan yang setara dengan kontribusi tersebut.

Verified Writer

Rasya Alfarizi

Hakuna Matata🎶

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya