TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memanfaatkan Pelatihan Kerja dengan Maksimal, Catat!

Terapkan ilmu yang didapat

Pria duduk di depan banyak orang (pexels.com/Matheus Bertelli)

Sebuah perusahaan sering memberikan pelatihan kepada para pekerjanya. Hal itu diadakan agar para pekerjanya dapat meningkatkan keterampilan. Akhirnya, mereka pun bisa lebih efisien dalam bekerja.

Namun, masih banyak pekerja yang tidak bisa memanfaatkan pelatihan kerja yang sudah diberikan perusahaan. Padahal itu adalah kesempatan besar yang harus dimanfaatkan. Untuk itu, berikut lima cara memanfaatkan pelatihan kerja dengan maksimal.

1. Siapkan diri sebelum pelatihan

ilustrasi pria bergaya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengikuti pelatihan kerja memerlukan persiapan diri yang matang. Ini nantinya akan membuatmu lebih siap saat pelatihan dimulai dan menerima pembelajaran dengan lebih baik. Jadi, persiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti pelatihan.

Persiapan diri ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kamu bisa melakukan riset awal tentang materi yang akan dibahas. Baca artikel atau buku yang relevan dan buat daftar pertanyaan atau area yang ingin kamu pelajari lebih lanjut.

2. Terlibat aktif selama pelatihan

ilustrasi bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Keaktifan sangat diperlukan jika mengikuti pelatihan kerja. Keatifan ini akan sangat membantumu memahami pembelajaraan selama pelatihan. Pemahamanmu pun akan semakin jelas dan luas jika aktif terlibat.

Keaktifan tidak hanya berupa mengajukan pertanyaan. Akan tetapi cobalah juga untuk ikut serta dalam diskusi dan terlibat aktif selama kegiatan atau simulasi. Semakin aktif berpartisipasi, maka semakin banyak yang akan kamu pelajari.

Baca Juga: 5 Jenis Pelatihan Kerja Ini Cocok untuk yang Baru Lulus SMA

3. Catat informasi penting

ilustrasi orang menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Aktivitas mencatat selama mengikuti pelatihan sangatlah penting. Mencatat akan membantumu mengingat dan menyimpan pembelajaran yang kamu dapatkan. Catatan ini juga nantinya akan sangat berharga dan berguna jika kamu mengalami kendala selama melaksanakan tugas.

Catatan ini harus dimuat dengan sebaik-baiknya. Kamu bisa menuliskan poin-poin kunci, konsep baru, dan tips praktis yang kamu pelajari di sana. Akan tetapi dengan catatan juga bahwa kamu harus mengamatinya dengan seksama agar dapat memperoleh hasil rangkuman dengan baik.

4. Terhubung dengan pengajar dan peserta lain

ilustrasi pertemuan (pexels.com/Thirdman)

Pelatihan yang diadakan perusahaan pasti memuat banyak peserta yang berasal dari pekerja lain di sana. Jadi, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut. Cobalah untuk lebih terhubung dengan peserta lain atau pengajarnya.

Manfaatkan kesempatan untuk berkenalan dengan pengajar dan peserta lain. Jangan hanya menjalin komunikasi dengan pekerja yang sudah dikenal. Memangun jaringan dengan berbagai latar belakang bisa menjadi sumber dukungan dan pengetahuan tambahan di masa depan.

Verified Writer

Rasya Alfarizi

Hakuna Matata🎶

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya